Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Stroke Up Matic Suzuki
October 20, 2010, 12:16 am
Filed under: Automotive | Tags: , , , , , , ,

Skutik Suzuki sobat sudah bore-up, tapi kurang puas? Mau mantap, sekalian lakukan stroke-up (SU). Jika bore-up (BU) hanya menaikkan ukuran diameter piston, SU berarti menaikkan langkah piston. Otomatis volume pun meningkat.

“Biasanya dilakukan karena BU saja kurang puas, makanya saya sarankan SU,” terang Riyanto, dari GG Motor, di Cirendeu, Ciputat, Tangerang. Bicara BU harian pada skutik Suzuki, menurut Heri Gembel, sapaan akrab Riyanto, memang terbatas.

Posisi big end digeser keluar, sehingga langkah piston makin panjang

Setang piston Yamaha RX-Z, big en kecil, laris untuk stroke-up extreme

Setang piston Smash, cocok bagi yang enggak mau nambah paking

“Maksimal 58 mm,” tuturnya. Jika lebih dari itu, dengan tanpa pengelasan ulang blok, maka rawan oli meler. Artinya kalau dihitung isi silinder hanya 145,8 cc.

Balik ke SU, caranya dengan menggeser lebih keluar posisi big end setang piston di daun kruk as. Sehingga posisi piston saat TMA makin keluar, sedang saat TMB makin mendem. Sebenarnya bisa dengan pen SU aftermarket, sayang sampai saat ini untuk skutik Suzuki belum tersedia.

Karakter mesin setelah di-SU akan berubah, paling utama torsi di putaran bawah akan jauh lebih meningkat. Betot gas sedikit motor langsung ngacir. Tentu saja konsumsi bensin bisa lebih dihemat.

Proses SU ada beberapa cara. Paling jamak tetap menggunakan setang piston standar. Triknya, lubang asli di kruk as ditutup, lalu dibubut ulang dengan posisi lebih keluar.

Menurut Heri Gembel paling maksimal keluar 3 mm, atau total stroke naik jadi 6 mm. Kekurangannya dari langkah ini, blok mesti ditambah paking tebal dari aluminium, agar saat TMA piston tak keluar dan mentok head.

Makanya hadir cara kedua, yaitu menggunakan milik motor lain yang diameter big end sama, namun setang lebih pendek. “Pakai milik Suzuki Smash, bisa naik 6-10 mm tanpa tambah paking,” ujar mekanik yang punya bengkel di Jl. Cirendeu Raya No.35, Ciputat, Tangerang.

Menurut mekanik yang masih lajang ini, dua cara di atas biayanya hanya sekitar Rp 1 juta. “Sudah termasuk ongkos bongkar pasang,” lanjutnya.

Kurang puas dengan kenaikan 10 mm? Ada satu cara lagi yang bisa ditempuh, menggunakan setang piston milik motor 2 langkah. Paling terkenal punya Yamaha RX-Z.

Stroke bisa naik hingga 14 mm (geser ke luar 7 mm)! Berarti langkahnya jadi 69,2 mm, dan jika dikombinasi dengan piston 58 mm, volume jadi 182,7 cc! Ongkosnya berkisar Rp 1,5 juta.

Kenapa kenaikan bisa lebih ekstrem? Karena big end milik motor 2 langkah kecil, sehingga pemasangan pada kruk as bisa lebih keluar. Ada satu lagi kelebihannya, “Pen piston dilengkapi laher bambu, sehingga jauh lebih awet karena gesekan minim,” terang Hawadis, mekanik dari HDS Motor di Tanjung Priok, Jakut yang sering menggunakan setang piston RX-Z untuk tunggangan drag.

GG Motor: 021-95700657
HDS Motor: 021-4309388

Sumber : Otomotifnet.com


6 Comments so far
Leave a comment

brow seru jg ni naikin performa skywave gw…klo di bikin paket kayak gitu . konsumsi bahan bakarnya jadi 1 liter banding brapa,..naik konsumsinya juh ndak..tengkiyuw sbelumnya..

Comment by aang

paling banter lebih boros 6km dari sebelumnya. misalkan sebelumnya 1liter 36km akan menjadi 1 liter 30 km. tapi ada anomaly juga jika setting bagus bahkan bisa tetap konsumsi bbm bahkan lebih irit walaupun cc lebih besar.

Comment by sekopati

Bro numpang tanya motorku kan Vega ZR saya mau merubah langkahnya alias SU, Stroke standar Vega ZR kan 57,9 mm tapi ternyata stang sehernya pendek sekali alias mepet antara Kruk-as(bandul) dengan piston apabila posisi di TMB.

Sedangkan saya berencana ingin menggunakan piston GL-Pro std (63,5mm ) & mau geser 2,5mm ( 2,5mm * 2 = 5 mm + 57,9 mm) jadi 62,9 mm langkahnya.

Mungkin saya membutuhkan stang seher identik yang ukurannya lebih panjang sekitar 3-3,5mm.

menurut anda stang seher apa yang paling pas untuk menggantikan stang seher standarnya ini?

Selain itu dimana saya bisa menemukan bengkel bubut yang bagus untuk pengerjaan ini, supaya tetap balance apabila harus dibandul?

Bro mohon pencerahannya ya, terima kasih

Comment by Wiliam Hermanto

maaf untuk permintaan mas tersebut saya tidak bisa membantu karena memang saya tidak ada datanya (stang seher). mengenai bengkel bubut, selama mereka sering menangani korek motor saya rasa mereka bisa membantu pekerjaan tersebut atau harus diberitahu proses pekerjaannya. sekali lagi mohon maaf jika kurang bisa membantu. semoga sukses dengan mesin jerangkongnya. salam

Comment by sekopati

om ane pengen BU + SU 150cc aja tapi biaya nya sekitar brapa ?

Comment by SDC bandung

maaf mas saya tidak punya datanya.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: