Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Aplikasi Pipa Knalpot T-Speed Buat Honda CS1
August 2, 2010, 4:38 am
Filed under: Automotive | Tags: , , , , , , ,

Akhirnya hari Sabtu tgl 31 Juli 2010 ganti juga pipa knalpot si cessi. Maunya pakai ex Tsukigi Thailand eh gak tahunya stocknya sudah habis. Maklum kelihatannya si agan stocknya sedikit. Mengingat populasi honda cs1 yg sedikit.

Ohya pipa Tsukigi buat Sonic memang PnP dengan punyanya honda cs1. Akhirnya ditawari brand T-Speed ex Thai juga buat sonic. bentuk profil pipa las cacing tanpa finishing sama sekali. Pipa itu ditebus dengan harga yang lumayan : Rp. 400 ribu. Dengan harga segitu kita bisa mendapatkan pipa sekelas Nobi atau Ahau full system. Tapi kenapa memilih yg ini ? alasannya adalah biar tampil standar, tidak berkarat dan suara tetap ramah di telinga.

Setelah menunggu sekitar 20 menit, terpasanglah pipa yang baru. Wah kelihatan agak keren nih. Tapi sayangnya tidak ada pelindung panas di dekat ujung pipanya jadi buat boncenger harus sedikit hati-hati.

Bagaimana performanya, secara suara terdengar lebih nge-bass dibanding sebelumnya, tarikan terasa ringan terutama di posisi gear rendah (1 ~ 3)dan akselerasi sangat mantap (RPM cepat naik). Walaupun menggunakan ban dengan ukuran lebih besar depan 90/80 dan belakang 110/70 tapi akselerasinya seperti menggunakan ban ukuran std. Apalagi kalau pakai ban standar tentunya semakin ngacir bro…..Analisanya adalah tidak adanya katalitic converter membuat motor bernapas lebih plong. Nah bagi brother yang ingin motornya lebih baik akselerasinya silakan ganti pipa knalpotnya di tukang bikin knalpot. Tentunya dengan dimensi seperti pipa standar.

Terus bagaimana performa di gear ratio lebih tinggi ? Maksudnya gigi 4 dan 5 ? Nah yang ini belum sempat men-test karena lalu lintas sehari-hari yang padat. Karena tujuan utama penggantian pipa knalpot selain telah disebutkan adalah memperbaiki akselerasi di rpm bawah dan gear ratio rendah. Dengan kata lain menutupi kelemahan si cessy di putaran bawah atau lemot. Oh ya hampir lupa pipa tersebut dibeli di daerah Pondok Kopi dan si agan biasanya menjadi tempat langganan penunggang FU-150, CBR, Ninja dan Mio. Wah berkurang satu dah daftar jajan si cessy. Tapi yang masih outstanding masih banyak : koil YZ125, Monoshock YSS, Bore Up 140cc, Head Lamp LED dan Modif Stang. Semoga ada rejeki lagi buat modif ringannya.


8 Comments so far
Leave a comment

nyarinya dimana bro ex TC speed???
ane di pondok kelapa.

Comment by imam hary s

di dekat rumah sakit islam pondok kopi kalau di kaskus dia pakai id erick aheng nama tokonya bangkong racing. cuma ada masalah ketika terpasang kalau mau ganti oli harus lepas dulu knalpotnya karena agak menutupi baut pembuangan olinya. saran saya jika menggunakan pipa ini sebaiknya pakai olie yang bagus sehingga gantinya per 3000~4000km dengan kata lain biar gak terlalu sering ganti olie.

Comment by sekopati

sayang gak d tampilin potonya😉

Comment by Bumicysers

maaf ya mas maklum gak punya camdig…

Comment by sekopati

kalo pesen leher knalpot berapaan ya.cesiku beli seken gak ada knalpot ori.rencananya pengen beli punya new supra125.dimodif lagi.

Comment by gaplek mania

lebih baik pesen saja bro, terus pakai silencer supra atau shogun. biaya tergantung bahannya. rata2 rp 300 ribuan untuk yg stainless steel.

Comment by sekopati

kalo pesen.bingung aku gak tau diameter pipa dan panjangnya.
ada referensi gak bro?

Comment by gaplek mania

paling mudah beli silencer supra di pasang di knalpot yg sekarang. jika mau pesan di samain dengan pipa yg sekarang. terus setelah lepas dari bak kopling diameter pipa naik satu step dan mendekati silencer naik lagi 1 step. misalkan jika pipa sekarang diameter 20mm maka pipa yg ke belakang naik menjadi 25mm dan yg terakhir bisa naik 32mm atau 50mm tentunya disesuaikan dengan lubang silencernya.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: