Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips : Mengatasi Front Fork (Shock Depan) Honda CS1 Bernyanyi
June 8, 2010, 4:25 am
Filed under: Automotive | Tags: , , , , , ,

Sudah menjadi rahasia umum kalau front fork honda cs1 selalu bernyanyi jika kepentok atau menghajar lubang maupun polisi tidur. Meskipun lubang atau poldur yang dihajar tidak terlalu dalam atau tinggi. Itulah yang bikin “BT”. Bunyi-bunyian tersebut bahkan tidak terpecahkan ketika sudah ditambah olie shocknya. Di Forum resmi honda cs1 ada yg menyebutkan diganti dgn per ori karisma dan berhasil.

Akhirnya coba menghubungi Agan-agan di kaskus untuk mencari per shock depan buat karisma tapi dari brand “Daytona”. seorang agan di sana menawarkan harga rp. 125,000 per pasangnya. OK lah kalau begitu langsung transfer. Setelah 1 minggu barang baru datang. Akhirnya meluncurlah si silver ke Ahass langganan. Si Bapak mekanik tambah bingung. Akhirnya saya keluarkan jurus sakti sebagai berikut : “Bpk coba pasang saja jika ada kendala bisa didiskusikan dengan saya kembali”. Setelah dibuka seal atasnya dan dipasang ternyata per “Daytona” lebih panjang kira-kira 5 cm-an. Akhirnya dipotong agar bisa dipasang.
Kemudian setelah menunggu 1,5 jam karena sekalian servise bulanan, tibalah saatnya mencoba performa per “Daytona” tersebut.

Impresi pertama saat dipakai jalan : per tetap empuk seperti original tapi reboundnya lebih cepat, setelah itu dicoba menghajar lubang dan poldur yang biasanya dilewati setiap hari. hasilnya wow surprise sekali tidak keluar nyanyian yg biasa terdengar bahkan untuk menghajar lubang dalam kecepatan tinggi dan agak dalampun masih terasa nyaman dan senyap.

Analisa :

Perbandingan Kondisi Per

Original / Std :
Ulir lebih banyak dan rapat
Sangat lentur
Ketika diuji tekan pakai tangan per dengan mudah merapat dan mentok (inilah penyebab sumber bunyi berasal)

Daytona:
Ulir lebih sedikit atau renggang
Sangat keras dan Kaku
Ketika diuji tekan pakai tangan per sangat keras dan cepat kembali ke posisi semula (rebound lebih cepat)

Idealnya : pihak AHM segera memperbaiki per ori agar lebih renggang dan keras dengan begitu masalah shok yg sering berbunyi keras bisa dihindari.


2 Comments so far
Leave a comment

mo nanya bro, dimana di kaskus yang jual per shock depan, soalnya cs 1 ane punya problem yang sama terus komstir juga dah kena juga…

Comment by ifin

coba cari id kaskus vosle, dia kalau gak salah salah satu distributor daytona di bilangan ciledug. jika dibekasi coba cari variasi p56, new gaya motor di otista dan bonjer adalah polaris. Tapi yg jelas bro vosle ready stock.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: