Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


(TIPS) Indikasi Komstir Rusak
May 20, 2010, 12:58 am
Filed under: Automotive, Uncategorized | Tags: , ,

OTOMOTIFNET – Kunci nyaman tidaknya pengoperasian kemudi pada semua sepeda motor umumnya terletak pada bagian komstir. Bila komponen tersebut bermasalah, handling motor biasanya bakal berkurang drastis dan bikin laju motor jadi liar saat dipakai.

Menurut Oscar Padang dari bengkel DMS Motowork, komstir yang bermasalah memang enggak bisa dilihat lantaran posisi pelor yang bersembunyi di balik selongsong as komstir. “Tapi walau tidak kelihatan, masih bisa dirasakan kok!” bilangnya.

Gejala yang dimaksud Oscar yakni, setang jadi berat saat motor diajak berbelok. Dan tetap berat walau mur komstir sudah dikendurkan. Selain itu, timbul bunyi gledek-gledekn kayak setang oblak. Terutama saat motor dalam posisi ngerem depan.

Penyebabnya, bisa karena cara penggunaan motor yang kelewat kasar dan sering lewat jalan rusak atau minimnya perawatan pada bagian tersebut sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi aus.

“Pada saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelornya aus. Efek dominonya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang,” jelas mekanik berbadan kurus ini.

Nah untuk mengatasi hal itu, langsung ganti satu set laher komstir baru. Terkecuali kalau mangkuk laher masih bagus, yang diganti cukup bola-bolanya aja. Di pasaran harga komstir (atas-bawah) itu berbanderol Rp 80-100 ribuan/set. Harga segitu sudah termasuk bola-bola besi/pelor serta dudukannya lengkap.

Mau ikutan ganti? Simak penjelasan Oscar untuk komstir motor jenis skutik dan bebek. Langsung ya! Pertama buka dulu baut penusuk setang yang diikat mur-baut 14 mm. Dari sini, lanjut membuka mur kontra sebagai pengikat mur penyetel kekerasan setang.

Sampai sini, maka bola-bola besi bagian atas akan kelihatan. Langsung saja biji-biji laher tersebut ganti baru. Tapi kalau pengin lebih aman dan durabilitasnhya lebih lama, sebaiknya mangkuk dudukan laher harus ikut diganti. Yakni cukup dicopot dari rumah komstir bagian atas.

Setelah mangkuk dudukan laher lepas, turunkan segitiga bawah/komstir sampai bola-bola besi yang ada di bagian bawah komstir terlihat. Ganti juga bola-bola besi tersebut dengan yang baru berikut rumahnya

Terakhir, sebelum semua peranti dirakit seperti semula pastikan gemuk pada bagian bagian bola-bola tadi cukup. “Kalau kurang gemuk bakal percuma saja, karena dalam jangka waktu gak sampai setahun bagian yang diganti tadi bakal bermasalah lagi,” tutup Oscar.

Sumber : Otomotifnet.com


15 Comments so far
Leave a comment

saya mau tanya,,,, motor ku honda revo, dulu ci pernah jatuh,, sejak saat itu komstir sering bunyi gletak-gletuk kalau lewati jalan berlubang, terutama pas saat direm depan,,, sudah sering komstir di kencangin tapi selang berapa minggu pasti komstirnya kendur lagi,, dan terus begitu selalu kendur meskipun sudah dikencangkan,,, kira-kira gimna solusinya???? gimana cara kencangin biar gk kendur lagi??? apakah harus ganti???? kira2 harga satu set komstir brp?????

Comment by fikri

kasus yg sama juga terjadi pada motor saya juga bro…..memang begitu rata2 motor honda. komstirnya gak awet. biasanya sih dibongkar terus dicheck apakah ada yg retak atau tidak. jika ada yg retak sebaiknya diganti yg baru. harga komstir set kira2 150ribuan berikut pasang. maaf saya lupa HET. silakan check di astra-honda.com

Comment by sekopati

mau tanya,,,, motor ku shock depan bunyi gletak gletuk bila direm depan, pernah saya betulkan ahirnya sudah gk gitu lagi,,, tapi sekarang tinggal bagian stang yang trobel saat jalan stang tidak balance atau godek tertama bila diberi beban belakang atau boncengan,,, kira-kira apa yang bermasalah dengan motor saya,,,???? apa solusinya??? mohon bantuannya….

Comment by jikin

motornya apa bro ? biasanya kalau komstir distel terlalu kencang jadi agak susah untuk bermanuver. Termasuk gejala “ngebuang jika direm”. Agar komstir tidak mudah rusak saya ada sedikit sharing. yaitu gantilah olie shock secara berkala misalkan per 15ribu KM dan bila perlu ditambahkan oliennya sedikit sekitar 5cc dibandingkan standarnya. Jika masih kurang bisa diganti per shocknya dengan yg diameter sama tapi dari bahan yang lebih bagus.

Comment by sekopati

knp ya komstir Mio smile sya terasa kendor. saat saya rem dpn terasa sekali godek-godek gto. apa lagi klo angin ban’a keras terasa sekali godek.
tkut’a klo komstir’a sdh di kencangin tkut balik godek lagi. gmna solusi’a agar seperti semula lagi.
TKS

Comment by Derry Pramana Putra

coba di cek apakah komstirnya ada yg retak atau tidak. jika tidak ada yg retak kemungkinan karena suspensi depan yg lemah atau roda yg peyang. sebaiknya coba dulu ganti olie shock breaker depan dan cek velgnya.

Comment by sekopati

gan mau tya knpa ya komstir saya rasanya keras kyk maju mundur mauju mundur.. pdahal komstir nya udh saya kerasi buat belok juga oke..
tapi kalau lewat di jalan terjal dikit rasanya geblodak gk karuan. di jalan yang gak terjal aja terasa keras kyak sekok mati.
padahal sekok nya stabil gk knpa2..
knapa ya gan..
tolong bantu solusinya..

Comment by hendra

biasanya kalau seperti itu roda pelurunya sudah pada aus mas coba dibongkar dan disusun lagi

Comment by sekopati

gw mau tnya gw kn bru bli mtor suzuki axelo.
tp blm smpe sebulan stang gw ga enak bgt. terasa melayang trus bunyi gelatak-gelutuk gto. . apa komstirnya ya. pdhl kn mtor bru. .
apa masih gransi ya??
mhon di bls.

Comment by Derry Pramana Putra

mas ogut mau tanya dund.motor mio w knpa y sering ngebuang kanan and kiri pas jln macet.apalagi pas keadaan boncengan.

Comment by kidink

bisa jadi pelek atau laher roda belakang sudah aus. tapi bisa juga komstirnya yang kena.

Comment by sekopati

Gan kalo setang komstir susah di cabut.alias macet.gimana cara ngakalin nya?motor saya karisma 125

Comment by Wanto

maaf mas bro….saya sendiri jarang ngerjain sendiri biasanya tinggal minta tolong bengkel kenalan. maaf ya..

Comment by sekopati

om…tolongin ane dong…

motor honde supri 125 ane ada suara aneh di shock depannya. kalo tiba2 injek lubang ato poldur ada suara ‘TOK’ sekitar daerah dibawah batok. itu kira2 kenapa ya? apa ada baut yg longgar ato gimana? ane bnr2 nubi nih soal permotoran…

thx before.

Comment by RF

kemungkinan ada beberapa sebab, kejadian yang sama seperti di cs1 karena per depan terlalu empuk sehingga bunyi pada saat menghajar lubang dan poldur. pertolongan pertama silakan coba ganti oli shock, jika tidak sembuh ganti pernya jika semua ok mungkin komstirnya sudah pecah

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: