Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Upgrade Performa Minerva R150
March 26, 2010, 12:34 am
Filed under: Automotive | Tags: , , ,

Desain seperti Honda CBR 150, membuat Minerva 150R banyak yang kepincut. Tetapi bedanya, penunggang motor asal Cina ini masih banyak yang ragu soal ngutak-ngatik mesin agar performanya meningkat.

Sebenarnya, tak perlu iri dengan pengguna CBR, karena Minerva pun ternyata bisa digarap agar lebih ngacir. “Basis mesin sama dengan Honda GL Pro,” tukas Abdullah dari bengkel Ex Gadean, di kawasan Ulujami, Jaksel.

Ex Gadean

Menurut Bedul, panggilan Abdullah, secara garis besar Minerva 150R punya rancangan mirip Honda GL, bahkan CB. “Seperti yang terlihat pada tunggangan teman-teman pengguna Minerva di bengkel ini,” ujarnya.

Seperti umumnya besutan 4-Tak, modifikasinya tentu tak terpaut jauh dibanding yang lain. Bisa korekan harian atau agak ekstrem seperti bore-up, dengan mengganti piston lebih besar.

Untuk harian, Bedul menyarankan porting & polish dan setting saja, “Biayanya sekitar Rp 150 ribu,” tuturnya. Tentu sudah termasuk jetting karbu. Lama pengerjaan agak relatif di bengkel ini. “Tergantung kondisi pasien,” candanya, kalau sedang numpuk, bisa 4 hari, tapi jika sedang kosong, cukup 2 hari.

Sementara soal bore-up, pengerjaan seperti di GL Pro. Bisa pakai piston Tiger beserta boring-nya. Dananya cukup Rp 700 ribu. Beda jika mencakup utak-atik kepala silinder, seperti ganti klep, per klep serta ubah sudut klep dan lainnya, dikenakan biaya Rp 1,5 juta.

Ada juga paket lain, “Misal paket head Tiger plus bloknya,” kata Bedul. Head berikut isinya Rp 900 ribu, lantas blok Rp 250 ribu.

Piston Tiger bisa jadi pilihan bore-up
Kem, pengerjaan seperti Umumnya tunggangan 4-tak
G Motor

Bengkel di Jl. P.U Pengairan, No.37, Pd Ranji, Bintaro Sektor 2, Jaksel ini punya paketan seharga Rp 1,5 jutaan. Dengan budget segitu, Ari Widianto, bos plus mekanik G Motor kasih paket kohar alias korek harian.

“Untuk kohar, knalpot standar cukup dibobok dan beberapa sentuhan di bagian mesin seperti porting & polish. Selain itu, karburator bawaan motor di-reamer dan setting ulang pilot dan main jet,” jelasnya.

Simpel? Gak juga! Sebab agar lebih maksimal, kepala silinder juga kena rombak. “Dibubut agar kompresi naik, juga sudut squish dirombak menyesuaikan sudut bibir piston,” tambahnya.

Waktu penggarapan dipatok 4-7 hari. “Mengingat minim pemasangan part racing PNP, jadi waktu kerja juga tergantung sama bengkel bubut,” tutup mekanik biasa disapa Gepeng.

Jadi tak perlu ragu memodifikasi Minerva, bukan?

Paket ala EX Gadean
Porting & polish + jetting 150 ribu
Paket bore up piston tiger 700 ribu
paket bore up + seting klep 1,5 juta
paket head Tiger 900 ribu
Blok Tiger 250 ribu
Ex Gadean 021-99661980
Paket ala G Motor
Ongkos bubut 300-500 ribu
Ongkos kerja & setting 500 ribu
Bobok Knalpot 150-200 ribu
Piston + Ring + Pin 155 ribu
Total 1,5 juta
G Motor: 021-93858032


10 Comments so far
Leave a comment

minta alamat ex gadean donk

Comment by heri

sorry ya bro…belum ketemu alamatnya

Comment by sekopati

dear all n para mekanik.. saya mau tanya.. saya udah pake minerva n saya kurang puas sama performa mesin. saya mau top speed n tarikan lbh baik, kira2 apa yg haruss diganti? dmna saya bli partnya?.harganya kira2 brp? smpet kepikir mau gnti head tiger aj, ap itu udh cukup?

Comment by rider

bro…bro…yg punya minerva bisa sharing pengalamannya di sini. pendapat saya, coba gabung ke forum minerva mungkin ada yg bisa bantu lebih detail. kalau kurang puas bisa saja dilakukan bore up dengan tigy tapi jangan lupa gunakan knalpot aftermarket yg bagus biar tenaganya keluar.

Comment by sekopati

buat bro minerva, gw mau jual knalpot ori nih, copotan cbr gw.. gw lepas 550rb nett.. kalo minat, sms aj ke 083897867344

Comment by cbr club

gan gmna low sya pengen pke boring ma seher yamaha scorpion….
bisa gak…
low bisa tolong bilangin harga ngebengkel nya….

Comment by zaqi

coba tanya hubungi bengkelnya bro…maaf saya sendiri belum punya bengkel.

Comment by sekopati

bore up minerva 150 dgn piston yamaha scorpion bisa,tapi harus ganti blok tiger dan kop tiger. karena kalo make piston scorpion yg 70 mm blok standard minerva terlalu tipis. uda itu sobat harus ganti klep in 34 out 30,porting polish wajib. kalo mau extrim lagi stroke up/panjang stang seher di ganti lebih panjang 2 mm.
…….terimakasih smoga bisa membantu minerva club yg ingin bore up harian/balapan.karbu bisa diganti dgn keihin 28 punya honda NSR.

Comment by mans langoday

terima kasih bro atas sharingnya…

Comment by sekopati

sama- sama bro.

Comment by mans langoday




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: