Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Busi Twin Tip dari Denso
January 5, 2010, 7:16 am
Filed under: Automotive | Tags: , ,

Salah satu produsen busi terkenal Jepang, Denso mengumumkan, besok (6/1-2010) secara resmi mulai memasarkan produk terbarunya yang dinamakan “Twin Tip” buat konsumen di Negara Matahari Terbit tersebut.

Denso mengkalim, busi baru ini mampu mengirit konsumsi bahan bakar sampai 1,2 persen dibandingkan busi konvensional yang dibuat dari nikel. Keunggulan lain, menaikkan torsi 1,1 persen dan menurunkan kadar emisi karbondioksida (CO2) 0,8 persen.

Menurut Denso, busi ini sebenarnya sudah dijual di Amerika Utara dan Eropa (termasuk Rusia). Ciri khas busi ini, elektroda massa (ground) juga mempunyai ujung, seperti elektroda tengah. Dengan struktur seperti ini, pengapian menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, busi ini juga menggunakan materi hasil pengembangan terbaru, yaitu campuran nikel, untuk elektrode massa dan tengah. Materi ini memungkinkan elektroda tengah dibuat 40 persen lebih kecil dibandingkan dengan busi konvensional yang dibuat dari nikel.

Dijelaskan, ukuran elektroda yang kecil bertujuan untuk mengurangi pembesaran nyala. Pasalnya, bila ukuran elektroda besar, busi akan menjadi dingin dan menyebabkan kinerja pengapian jadi menurun.

Umur pakai busi ini juga diklaim lebih lama, seperti busi yang dibuat dari iridium dan platinum. Tetapi karena Twin Tip menggunakan campuran nikel, harganya lebih murah dibandingkan iridium dan platinum. Sedangkan kinerjanya lebih baik atau di atas busi konvensional yang dibuat dari nikel. Karena itu, harga dan kinerja berada antara antara busi iridium/platinum dan konvensional (nikel).

sumber : Kompas.com


2 Comments so far
Leave a comment

kalo kenalpot buat satria fu apa ya yg bagus…
tapi harganya murah???
heheheh rada ga nyambung

Comment by sulthon

Agak sulit masbro….kalau std sich menurut saya r9. atau coba tsukigi pipe. tampilan std rasa racing

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: