Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Aplikasi Oil Cooled Buat Matic
October 21, 2009, 1:20 am
Filed under: Automotive | Tags: ,

Bore-up, jadi salah satu pilihan ampuh para skutiker untuk mendongkrak performa. Alasan mereka macam-macam, deh. Umumnya sih, biar enak dipakai harian. Makanya pembengkakan dapur pacu dari 130, 150, 200 bahkan 300 cc. Busyeeet.. mo ke mana Bang?

Maka enggak aneh jika hal tersebut juga menimbulkan efek samping. Salah satu yang bisa dirasakan adalah panas mesin yang terlalu tinggi akibat pembakaran dan kompresi ruang bakar yang meningkat tadi.

“Motor sudah dibore-up berapapun, pasti mesinnya lebih cepat panas dibanding kondisi standar. Namun hal itu bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Salah satunya, pemasangan oil cooler (OC),” ungkap Joddy Ario, juragan Joddy Motor (JDM) di Jaktim.

Tujuan pemasangan OC itu sudah jelas, untuk mendinginkan oli mesin dari hasil sirkulasi di dalam bak mesin maupun bak kopling. Sehingga kinerjanya tetap maksimal melumasi jeroan dapur pacu. Nah, peranti ini bisa dipasang pada skutik merek apapun yang sudah dibore-up.

“Kalau kekentalannya terjaga, gesekan antar part tidak terlalu besar. Sehingga umur pakai onderdil bisa tahan lebih lama,” timpal Nazar, empunya Nazar Motor (NM) di Jl. Kebagusan Raya II No.22, Jaksel.

Masih ujar Nazar. “Peranti tambahan ini juga berfungsi untuk mengantisipasi overheating dan piston ngadat. Terutama saat motor diajak menempuh perjalanan jauh atau kecepatan tinggi di atas 100 km/jam.”

Peranti yang mesti ditebus untuk pasang OC juga tidak terlalu banyak serta tak menguras dompet lo. Tergantung merek produk yang digunakan. Peranti utamanya adalah oil cooler, slang cooler dan baut nipel.

Oil Cooler

Wadah yang berfungsi mendinginkan oli mesin yang masuk lewat jalur/kisi-kisi pada cooler dengan bantuan udara luar dari arah depan maupun sekitarnya, sehingga oli tidak cepat encer dan kekentalannya stabil.

“Kalau mau bagus, bisa pakai OC bawaan Suzuki Satria FU, baik baru atau yang bekas. Pasalnya peranti ini asli bawaan pabrik dan kualitasnya terjamin,” anjur Daeng Maming, penggawang Gomex’s Modification.
Slang Cooler

Meskipun bahannya bermacam-macam, peranti ini bertugas meneruskan aliran oli mesin dari bak mesin ke OC atau sebaliknya. Sehingga sirkulasi oli tetap lancar, baik yang masih panas ataupun yang sudah didinginkan.

“Sebaiknya gunakan slang yang berkualitas bagus antipanas, yang di dalamnya terdapat kawat melingkar atau serabut kawat sehingga tidak mudah pecah/rusak,” imbuh Juffry Willar, research & development Mitra2000.

Baut Nipel

Baut ini berbeda dengan baut-baut pada umumnya, pasalnya selain terdapat ulir, di bagian tengahnya ada lubang untuk jalur oli. Sehingga selain berfungsi sebagai perapat, juga penerus jalur sirkulasi oli.

“Saat pemasangan, O-ring warna kuning (berbahan kuningan) jangan sampai ketinggalan, sebab itu berguna sebagai perapat dan menahan oli agar tidak mudah rembes,” imbuh Juffry.

Nah bagi skutiker yang berencana aplikasi OC pada tunggangan kesayangannya, masalah harga dan part yang digunakan, bisa konfirmasi ke bengkel-bengkel di bawah ini.

Adem benerrr….!

Table Harga Paket Oil Cooler
Bengkel Isi paket Pengerjaan Harga
Jody Motor (021 – 70026688) OC copotan(Satria Fu), Slang Cooler, Baut Nipel 2 hari RP 800 Ribu
Nazar Motor (021- 96790080) OC copotan(Satria Fu), Slang Cooler, Baut Nipel 3 hari Rp 700 ribu
Gomexs (021 – 33619633) OC baru(Satria Fu), Slang Cooler, Baut Nipel 2 hari Rp 1 juta
Mitra 2000 (021- 6930777) OC baru(TDR), Slang Cooler, Baut Nipel 1 jam Rp 1,5 Juta
Matic Shop (021 – 68835990) OC copotan(Satria Fu), Slang Cooler, Baut Nipel 3 hari Rp 800 ribu

Sumber : Otomotifnet.com


2 Comments so far
Leave a comment

untuk motor bebek ada nggak? terutama honda revo 100cc? thx..🙂

Comment by dismas070492

Pada prinsipnya bisa saja bro, nggak ada perbedaan antara bebek & matic. Banyak juga tiger dan pulsar yang menggunakan oil cooled dari satria

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: