Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Review Olie Fastron Synthetic 10W40 Untuk Motor
October 12, 2009, 9:45 am
Filed under: Automotive | Tags: , , ,

Semula berpikir hanya menggunakan olie rekomendasi pabrikan, tetapi hasil yang didapat kurang menyenangkan (jangan dipermasalahkan ya…semua pengguna CS1 pasti tahulah J). Akhirnya mengadakan riset kecil-kecilan tentang olie buat motor CS1. Tujuannya adalah mendapatkan performa terbaik di rentang harga kurang dari 60 ribuan. Memang di beberapa forum banyak menganjurkan penggunaan olie Motul 5100 Ester(wah kantong bisa bobolnich) , tapi harganya yang mahal walaupun kualitas tidak diragukan. Dirange harga tersebut ada beberapa nama yang direkomendasikan oleh forum-forum komunitas seperti Shell Advance VSX, Castrol, BM1, Motul 3100 dan Enduro Racing. Tetapi jarang yang menyarankan menggunakan Fastron. Olie Fastron ini terdiri dari 3 macam yaitu : Forced Synthetic(10W40), Synthetic (10W40) dan Full Synthetic (5W30). Dan yang digunakan adalah Synthetic (10W40)

Sedangkan yang sudah saya gunakan adalah Federal Ultratech 20W50, Federal Supreme XX 20W50, Federal Prime Red 10W30, Motul Multipower 20W50, Motul 15W50, Motul 3100 15W50, Fastron 10W40 Synthetic dan MPX1. Kalau dibikin kategori maka akan muncul 2 kategori olie berdasarkan harga yaitu :

Harga kurang dari 40Ribu yang diwakili oleh semua Olie Federal dan MPX1, sedangkan yang belum dicoba adalah Enduro & Enduro Racing
Harga antara 40Ribu sampai 60Ribu yang diwakili oleh Motul dan Fastron.

Nah pada kesempatan ini akan direview olie Fastron synthetic 10W40. Sebelum menggunakan Fastron, motor selalu pakai olie Motul dari multipower terus berganti ke Motul 3100 yang sudah mendapat lisensi JASO MA. Semua olie motul mempunyai bau yang khas. Bau tersebut tidak tercium pada saat menggunakan olie Federal. Tetapi tercium pada saat menggunakan olie Fastron. Seketika muncul dugaan wah mungkin oli ini paling tidak sekelas dengan Motul 3100 atau Multipower. Kenapa begitu ? Karena harganya dan baunya kok sejenis atau ada kemiripan.

Pada saat dipakai motor terasa ringan mirip karakter Federal Prime Red. Hanya saja tarikan terasa halus sehingga motor mudah dikendalikan. Setelah kilometer ke 300 tarikan terasa agak berat, tetapi tidak berlangsung lama. Sampai pada kilometer ke 1000 olie dicheck fisik masih terlihat Kuning bening. Sedangkan pada Motul 3100 dan Multipower sudah mulai terlihat agak kuning gelap walaupun tidak berpengaruh terhadap performanya. Artinya olie Fastron ini belum mengalami degradasi material.

Pada kilometer 1500 pun motor masih sangat nyaman digunakan seperti pada saat pertama kali dituang. Hmmmm hebat juga nih olie, kagak rugi dech kalau begini. Hanya ada perubahan suara mesin yang agak kasar sedikit. Ketika dicheck fisik, olie mulai berwarna lebih gelap, tapi mirip warna olie Motul pada saat di Kilometer 1000.

Di kilometer 2000 dicheck ulang fisik olie sudah kelihatan hitam kekuningan tetapi performa tetap maknyuusss walaupun suara rada kasar dikit. Estimasi olie sanggup bertahan sampai kilometer 3000. Dan pada kilometer 2600 olie Fastron diganti karena mau mencoba olie rekomendasi pabrikan yang lain yaitu MPX1. Kondisi olie hitam sempurna dan kalau dilihat dicahaya yang terang masih kelihatan lapisan kuning di lapisan teratasnya. Performa masih nyaman. Estimasi masih bisa bertahan minimal 200 kilometer lagi.

Pada akhirnya olie ini rekomended sekali meskipun belum sertifikasi JASO MA, perpindahan gigi sempurna, tarikan halus dan cukup responsif seperti olie 10W30, performa mantap dan yang terakhir produksi dalam negeri. Semoga banyak brother dan sister yang beralih ke Fastron bukan karena hanya cinta tanah air tapi memang performanya bisa diandalkan. Nggak percaya ? Silakan dicoba.

Update : ohya karena olie ini sebenarnya diperuntukan buat mobil maka sebaiknya setelah 2x ganti olie bisa diseling dengan olie motor biasa atau enduro racing biar kampas koplingnya tetap bagus. karena zat additivie buat kampas kopling untuk olie fastron tersebut tidak ada.

Sekilas Review Olie Enduro Racing

Olie Enduro Racing : Ciri khas warna biru, berbau wangi hampir mirip wanginya olie motul, harga di kisaran 45 ribu/ liter. Review : pemakaian awal terasa agak berat sedikit dibanding olie motul 3100 ataupun fastron synthetic. Setelah lewat lewat 200km baru terasa sama seperti fastron maupun motul 3100. Titik jenuh pertama dikisaran 1000km dan mesin mulai terdengar kasar di kisaran 1600km. Jadi sebaiknya diganti maksimum tiap 2000km. Walaupun begitu olie ini adalah pilihan yg bagus buat olie kelas 40 ribuan (Best Value menurut saya).


10 Comments so far
Leave a comment

bos review olie buat vega r donk!

Comment by sewa komputer

secara universal untuk motor dengan type kopling bisa menggunakan referensi pada subject tersebut bro…

Comment by sekopati

emang betul, tarikan motor jadi mantap, aku juga pakai di motorku Honda Gl-max dan Honda Supra 125. sepertinya cocok untuk cc motor 125, salam kenal!

Comment by adi munandar

salam kenal juga bro…

Comment by sekopati

Ak juga pake fastron tp yg 20w-50
Lumayan top speed supri q jd 120kpj yg awalnya 110kpj.

Comment by brown

senang mendengarnya, terima kasih telah mampir.

Comment by sekopati

honda mega pro dg kerja berat cocoknya pakai fastron ap ya. .

Comment by sayfy

kalau untuk kerja berat bisa pakai fastron apa saja hanya saja untuk beban berat lebih baik cari olie yg kental bro….semisal 15w50 atau 20w50. kalau mau pakai fastron mungkin ganti per 2000km dan jangan dipaksain lebih dari itu.

Comment by sekopati

untuk merknya apa om. . . . Muatannya berat trz jalan tanjakan trz dn evry time. . . Sementara pkai supreme xx tp suara kasar dan nglitik dlm keadaan pnas. Mhon pnjlsnxa . ,thanks vry muc,h

Comment by sayfy

pake fastron 10w-40, pjalanan (PP-320km) dengan supra X125 PGM FI, sumenep-surabaya bs hemat min 5000 (dbandingkan pake union, motul multi power dn fastron 20w-50), kekurangannya suara mesin jadi kasar klo kelebihannya tarikan jd enteng banget dan irit rit rit….warna oli tahan smpe 2500an km, >2500 km warna brubah hitam,,,,bs tahan sampe 4500km (dach tak buktikan sndiri) klo smpe >5000 km, ehm ngeri denger suara mesin……soale q slalu pake oli diatas harga 40rb dan gnti olinya stiap 5000km….

Comment by jefryayak@yahoo.com




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: