Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips : Mengganti Olie Transmisi Honda Beat
July 27, 2009, 1:01 am
Filed under: Automotive | Tags: , ,

Selain oli mesin, pada skutik seperti Honda BeAT juga ada oli transmisinya, lo. Sama dengan pelumasan di bagian mesin, oli transmisi alias gigi reduksi juga wajib diganti.

“Bila dibiarkan, bisa berakibat timbul bunyi kasar dalam bak transmisi. Hal tersebut akibat dari gesekan antar gigi transmisi yang sudah minim pelumasan. Akibat lanjutannya akan terjadi keausan di bagian tersebut,” ucap Endro Sutarno, bagian training PT Astra Honda Motor (AHM).

Lalu kapan seharusnya melakukan penggantian oli transmisi? Dengan fungsi sebagai pelumas pada bagian gigi transmisi, maka jarak tempuh jadi patokan untuk kapan sebaiknya melakukan ritual tersebut. “Pemakaian yang sudah menempuh jarak maksimal 20.000 km, jadi penanda untuk segera ganti oli,” tutur pria berambut lurus ini.

Oke Anda sudah tahu jadwal menggantinya. Sekarang saatnya mempraktikkan cara ganti olinya, dong Seperti mengganti oli mesin, pada transmisi BeAT tidak membutuhkan alat khusus. Cukup siapkan kunci sok ukuran 12 mm, bak penampung oli dan slang kecil.

Langkah awal prosesi tersebut dimulai dari membuka baut pemeriksa oli atau bahasa kerennya oil check bolt . Baru setelah itu dilanjutkan dengan melepas oil drain bolt yang menutupi lubang pembuangan .

Setelah itu, biarkan oli yang ada di dalam bak transmisi mengocor keluar dan ditampung pada bak penampungan. Perlu diperhatikan, meski oli sudah berhenti mengalir keluar, tapi masih ada yang tersisa di dalam bak transmisi. Supaya keluarnya lebih maksimal, putar roda belakang dengan perlahan-lahan.

Bila dirasa bak transmisi sudah kosong dari oli yang lama, Anda tinggal menutup kembali lubang pembuangan dengan oil drain bolt.
“Untuk mencegah pelumas yang baru diisi ngerembes keluar, pastikan memasang sealing washer yang baru,” anjur Endro .

Tahapan selanjutnya adalah mengisi bak transmisi dengan oli khusus transmisi. Dengan lubang pengisian yang tergolong kecil, maka dibutuhkan alat bantu berupa slang kecil . Hal tersebut untuk mempermudah mengalirkan oli dari botol ke dalam bak transmisi.

Sama seperti memasang oil drain bolt, supaya tidak terjadi rembesan oli maka sealing washer pada oil check bolt juga mesti pakai yang baru.

Beres, deh!

Sumber : Otomotifnet.com


4 Comments so far
Leave a comment

mw tanya… apa oli yang bagus buat honda beat baik oli mesin dan oli transmisinya? thank’s….

Comment by Bruce

dari beberapa masukan di forum hvc sich pakai std pabrikan tetap ok kok. tapi coba enduro matic yg racing juga cukup bagus hanya saja harus sering check (2 minggu sekali) ketinggian olinya.

Comment by sekopati

kalo spek oli transmisinya pake apa ya ? apa sama dengan oli mesin ? apa harus oli dengan kekentalan khusus, tk

Comment by atras

olie transmisi ada spek khusus bro, di shell harganya 50ribu per liter.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: