Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Additive V-Belt buat Motor Matic
July 22, 2009, 6:17 am
Filed under: Automotive | Tags: , ,

V-belt butuh perawatan. Untuk memperpanjang usia pakai, komponen tersebut harus bersih dari debu, oli, dan air. Cara menghilangkan “virus”-nya, diingatkan, jangan memasukan oli. Sebagai gantinya, kini sudah dijual cairan belt dressing khusus skutik.

Di antaranya merek MTR dari Amerika. Menurut Bambang Santoso, selaku distributor MTR, produknya itu tidak mengandung oli, malah bisa menghemat konsumsi bahan bakar sampai 10 persen.

Sementara itu, produk dari Megacools justru mengandung oli. Fungsinya, kata Edi Lim, membuat cairan untuk v-belt jadi pelembab, tetapi ditambahi cairan grip untuk merekat agar tidak selip. Keuntungan lain, bikin daya cengkeram v-belt semakin kuat.

Ada juga produk dari Amerika lainnya, yakni Prestone. Cara penggunaannya—termasuk MTR dan Megacools—sangat mudah. Tak perlu sampai membuka pembungkus CVT. Akan tetapi, cukup lepas lubang intip v-belt, lalu semprotkan cairan itu ke v-belt secara merata dengan memutar ban. Selesai itu, hidupkan mesin sekitar 5 menit agar cairan merata.

Sumber : Kompas.com


1 Comment so far
Leave a comment

Udah lama saya denger ada produk utk perawatan dari MTR, tapi sayang sampe skarang masih susah nyarinya.

Comment by bengkel




Leave a comment