Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Problem Asap Putih Pada Motor Baru
July 17, 2009, 1:58 am
Filed under: Automotive

Jangan dulu memvonis motor Anda cacat produksi lantaran setiap kali pemanasan dari knalpot acap mengeluarkan asap putih kebiruan. Seperti dialami Kusbiantoro, warga Cinere, Limo (Depok), dan Arief Riyadhi yang punya Honda New Revo 110 dan Blade 110.

Menurut keduanya, sejak dipakai 4 bulan lalu, setiap mau memanaskan mesin, dari knalpot menyembul asap putih kebiruan. Padahal, kata mereka, motornya dahulu tak seperti itu. Kenapa, ya? Tanya keduanya kepada Em-Plus.

Untuk memuaskan ‘pelanggan’ (pembaca setia), keluhan itu diteruskan kepada Sarwono Edhi, Technical Service Devision PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen Honda. Munculnya asap putih dan knalpot Balde 110 dan Revo 110, menurutnya, bukan dari oli yang menyelinap dan hangus terbakar di dalam dapur pacu.

Penyebabnya, kata Sarwono dari muffler yang masih baru. Biasanya, lapisan antikarat ikut terbakar. Apalagi di pagi hari, ada uap air di perut knalpot yang ikut mendukung munculnya asap. “Gejala ini berlangsung kurang lebih selama satu bulan,” tegas pria yang bertugas di Tipar, Cakung, Jakarta Timur, ini.

AHM sendiri menganggap hal ini normal. Kecuali kepala busi tampak basah karena ada rembesan oli. Itu artinya terdapat kebocoran di ruang bakar. Lenyapnya asap putih bersamaan habisnya lapisan antikarat.

Lain hal bila asap terus muncul. Umumnya, papar Sarwono, dipicu beberapa faktor. Di antaranya, adanya kebocoran pada sil oli klep, piston baret atau ring piston lemah. Untuk motor baru, jangan sekali terjadi dan kecil kemungkinannya.

Coba periksa kondisi sil klep yang berada di atas siting klep beserta keausan bos siting klepnya. Bila dua komponen itu mulai aus dan bocor, oli yang bersirkulasi di ruang kem sangat mungkin masuk ke ruang bakar lewat batang klep.

Begitu juga jika ring seher atau piston sudah terkikis. Oli di bak mesin untuk melumasi kruk as, setang seher, seher, dan dinding liner sudah tak maksimal. Oli menyelinap masuk ruang bakar lewat bekas goresan ring seher atau liner silinder. Tumpukan oli pun ikut terbakar.

Sumber : Kompas Otomotif


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: