Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Mengatasi Baut/Bolt Bermasalah
July 13, 2009, 3:15 am
Filed under: Automotive | Tags:

Kalau ngomongin baut enggak ada habisnya, dari yang kecil sampai besar. Tentu kesemuanya tak bisa disamakan perlakuannya. Jadi, jangan cuma tahu ngebuka dan ngencengin doang. Sebab itu bisa berakibat aus atau slek, bahkan bisa patah bautnya!

Hal itu sering dialami beberapa bikers. Sepele, tapi cukup bikin jengkel. Terutama pada baut atau pengikat tertentu pada peranti di besutan kesayangan. Ngakalinnya, sudah pasti butuh trik khusus seperti dibahas di bawah ini.

Baut Busi
Dibilang baut busi, karena di ujung (dekat elektroda) pada peranti ini ada dratnya. Kerap kali akibat ceroboh, drat si pemantik api ini patah. “Biasanya masangnya kekencengan. Sehingga drat tertinggal di dalam mesin. Duh, pusing, deh,” kata Rizky yang pernah ngalamin hal itu.

Lalu gimana ngatasinnya? “Eces (gampang), colok aja pakai obeng min ukuran sedang sambil diputar ke kiri untuk melepasnya,” ucap mekanik bengkel umum Adea Motor (AM) yang ngetem di daerah Joglo, Kebon Jeruk, Jakbar .

Terus kalo udah lepas, buat masang busi yang baru mesti pakai tangan dulu sambil diputar ke kanan, pastikan kalau dratnya pas di posisinya. “Baru pakai alat kunci busi, sekiranya sudah mentok, jangan dipaksain lagi,” wanti pria berbadan sehat ini.

Baut Spion Variasi
Selera tiap orang bermacam-macam. Biasanya, spion orisinal diganti produk variasi untuk mengejar tampilan. Namun, timbul masalah pada saat pemasangan. Bisa jadi karena material komponennya kurang bagus, baut penahan rumah spion pun patah. Alhasil, spion gak terpakai dan sisa patahan baut tetap nongkrong di tempat.

“Mau enggak mau, kudu lewat pengeboran. Pilih mata bor yang terdapat ulir. Yang biasa dipakai untuk bikin lubang baru,” ujar Beti dari bengkel Garing Speed di daerah Petukangan Selatan, Jaksel sembari memperagakan alat itu .

Baut Tutup Master Rem
Kerap kali kita menyepelekan baut yang satu ini. Sebab, walaupun terlihat mudah membukanya, tapi pengikat ini sangatlah lunak. Salah memilih ukuran obeng kembang, bentuknya sudah bukan plus lagi, berubah menjadi bundar (aus).

Mau tak mau mesti pilih jalan kekerasan nih. Waduh, jadi kriminalitas, dong. Hus maksudnya melepasnya pakai obeng ketok .
“Taruh mata obeng kembangnya di baut, lalu diputar ke kiri sambil diketok palu beberapa kali. Pasti deh kebuka,” yakin Ipang penggawang bengkel Big One

Sumber : Otomotifnet.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: