Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Seputar Minyak Rem
July 10, 2009, 1:24 am
Filed under: Automotive | Tags:

Baik motor maupun mobil, selain pelumas mesin dan transmisi, ada cairan lain yang perlu diperhatikan dan mempunyai peran vital yaitu minyak rem.
Minyak rem adalah campuran bahan kimia antara lain glikol eter, poligikol dengan bahan tambahan lain (aditif), yang digunakan pada sistem rem hidraulik kendaraan bermotor.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penggantian. Minyak rem sebaiknya diganti sekali setahun karena titik didih yang dikhawatirkan menurun. Titik didih minyak rem yang awalnya mencapai 250°C bisa menurun hingga 150°C karena panas yang ditimbulkan rem sangat tinggi dan juga sifat minyak rem yang menyerap uap air.

Selain itu, minyak rem juga sebaiknya tidak dicampurkan dengan minyak rem lain. Dikhawatirkan kedua minyak rem tersebut memiliki titik didih yang berbeda, yang apabila dicampur akan memiliki titik didih yang lebih rendah dibanding sebelum dicampur.

Tempat penyimpanan minyak rem juga harus diperhatikan. Antara lain, botol wadah cairan harus ditutup rapat dan tidak boleh tercampur pelumas. Sedangkan wadah untuk menuang cairan minyak rem juga harus dijaga kebersihannya. Wadah tersebut juga mesti khusus untuk menuang cairan minyak rem dan harus dihabiskan dalam sekali pakai.

Mengenai spesifikasi DOT ( U.S. Department of Transportation ), untuk kendaraan dengan beban ringan cukup memakai spesifikasi DOT 3. Untuk kendaraan dengan beban berat bisa menggunakan DOT 4 dan DOT 5 yang berbahan dasar silikon untuk kendaraan dengan beban ekstra berat. Sedangkan DOT 5.1 yang berbahan dasar polygycol base fluid hanya digunakan untuk kepentingan balap saja.

Sumber : Otomotifnet.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: