Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Seputar Ganti Piston & Ring
July 10, 2009, 1:27 am
Filed under: Automotive | Tags:

Anda pasti sering dengar di kalangan motormania ungkapan, ”Ganti piston aja Bos.. makin ngacir deh, atau ganti piston bikin irit, lo.” Penasaran kan ada apa sih, kok sampai sering kali kalimat itu muncul.

Oke kita bahas satu per satu. Bicara simplenya, piston itu komponen yang bekerja untuk memampatkan alias mengompresi bahan bakar, tapi bukan hanya seher yang bekerja melainkan ada ring piston yang membantu.

Ring sendiri ada dua macam. “Cara kerjanya juga beda. Ada dua ring kompresi dan satu ring oli. Ring kompresi menjaga agar kompresi tak bocor dan ring oli menjaga oli gak naik ke ruang bakar,” urai Ricko dari Papoong Speed.

Nah sekarang kita bicara versi racingnya. ”Kalau bicara racing, berbeda lo sama substitusi dari biasanya. Yakni, materialnya, biasanya pada sisi yang hampir bergesekan ditambahkan teflon atau molybdenum,” tambah Ricko.

Kalau dulu banyak yang menyalahkan piston lebih cepat mengembang dari pada buringannya yang biasa dibilang ngancing atau nge-jam. Nah, sekarang gak lagi, karena ada penambahan mutu komponen tersebut.

Tapi memang betul bisa meningkatkan performa? “Betul lah apalagi ada merek yang mahkota pistonnya bisa dibuat sesukanya, boleh dibilang soal oversize tak berbeda tapi itu kompresinya bisa menjulang,” sahut Nur dari Singo Motor ikut mengamini.

Trus kalau diaplikasi di motor harian? “Sudah pasti ada konsekuensinya, hasil dari kompresi menjulang itu menghasilkan panas yang melebihi standarnya,” tambah Nur yang ngepos di Cempaka Putih Raya, Jakpus.

“Tapi kalau boleh disarankan, jangan dipakai yang oversizenya melebihi ukuran standarnya. Bukan apa-apa, hanya menjaga biar gak ngerepotin, sebab untuk pemakaian harian kan, bukan untuk balapan,” ujar mekanik yang hobi membetulkan rambut.

Sumber : Otomotifnet.com


6 Comments so far
Leave a comment

Oke juga infonya mas…,tapi aku ga ngerti masalah piston, karena bukan orang bengkel sih. Salam kenal

Comment by nedyasafira

salam kenal juga mas, semoga bermanfaat

Comment by sekopati

Bro gua ni mau ganti ring piston motor honda gue,tp wktu beli baru ring pistonya beda,yg satu item aga kaku satunya putih licin agak elastis
Ntu urutanya pasang gmana ?(kalo mulai dari kepala pistun ampe ekor)kalo kebalik kenapa ?.tolong kirim ke wizank@gmail.com gua mohon bantuanya coz gua trauma ma bengkel,thanks.

Comment by Wijang n

maaf nggak sempat jelasin ya bro…. ditunggu saja nanti akan saya kirim honda common service manualnya.

Comment by sekopati

pak bos….
fu ada overzisenya gag?????
trus buat bener buring yang udak kena gmana,buat buring bari apa gimana??

Comment by gepenk

saya rasa ada produk aftermarketnya. silakan googling di kaskus bro…nah untuk yang kedua saya sendiri kurang begitu ahli, mungkin brother yang lain ada yang bisa membantu..

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: