Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Seputar Ganti Karburator & Intake Manifold
July 10, 2009, 1:22 am
Filed under: Automotive | Tags:

Sebagai alat pengabut bahan bakar dan udara, karburator berperan penting dalam mendukung proses pembakaran. Makanya fungsi dan pemanfaatannya masih terus diandalkan. Bahkan tak cuma model, ukuran pun terus dikembangkan.

Makanya ada yang disebut karbu non-vakum, vakum dan sistem injeksi. “Nah, untuk dua tipe yang disebut terakhir kurang diminati para penggila kecepatan. Karena kurang responsif dari segi akselerasi. Tapi kalau bicara irit, lain cerita,” kata Hany di gerainya Daytona di daerah Ciledug, Tangerang.

Tipe favorit yang murmer dan sering diterapkan bagi pembesut bebek dan matik yaitu karbu Yamaha RX-King. “Selain harganya pas di kantong, juga diameter ukuran lubang venturinya lebih besar untuk motor 150 cc ke bawah. Lumayan galak deh entakannya,” urai Ihwan dari Dwayne Motor Sport (DMS) di Jl. HOS Cokroaminoto, Tangerang.

Kalau punya uang lebih, umumnya pakai tipe karbu impor seperti Koso, Mikuni, Sudco dan Keihin. Bentuk dan ukuran besar venturinya bervariatif, mulai 24 mm hingga 40 mm. Untuk tipe 40 mm ke atas biasa digunakan pada crosser.
“Sebenarnya, karbu standar non-vakum juga cukup responsif jika di-reamer dan dimainkan pilot plus main jet-nya,” bilang Suhe dari bengkel Bems Motor di daerah Kebon Jeruk, Jakbar.

Intake Manifold
Biasa dibilang leher angsa. Yakni, penghubung antara karbu dengan ruang bakar. Lewat peranti ini, mekanik bisa menyetting arah karburator. Lihat di ajang road race maupun drag bike, ada yang mengarah ke samping, nyerong atau ke belakang. Katanya sih, itu bisa menentukan performa!

Di pasaran komponen ini banyak beredar, ada KTC, Koso dan lainnya dari Thailand. “Tugas intake demi melancarkan proses pengabutan tadi ke silinder jadi lebih cepat,” ucap Kiki lagi sembari bilang, jangan biarkan karbu tanpa filter, ya.

Bukannya apa-apa. Peranti pengabut bisa kemasukan debu atau pasir. “Bisa jebol tuh dapur pacu kalo material itu sampai tersedot ke ruang bakar,” ucap Eric, pemilik bengkel Pit Bike (PB) di daerah Maruya, Jakbar.

Efek lainnya, settingan spuyer juga susah. Saat posisi diam, permintaan campuran udara dan bensin seimbang. Beda saat motor bergerak, angin dari depan lebih deras masuk ke karbu. Pembakaran kurang sempurna. “Intinya, paling aman arahkan manifold ke samping atau agak nyerong ke belakang. Udara yang masuk sesuai permintaan mesin. Pembakaran terlalu kering atau basah gampang dikoreksi,” tambah Eric.

Kesimpulannya, sah-sah aja pakai karbu dan manifold racing jika memang digunakan untuk lintasan sirkuit. Tapi kalau untuk harian, BBM motor Anda akan lebih boros, juga isi kantong ikut terkuras. Apalagi kalo tidak didukung part lain.

Sumber : Otomotifnet.com


9 Comments so far
Leave a comment

otre tolong kasih informasinya tentang menambah kecepatan jupie z tanpa ganti karbu ……
tolong!!!!!

Comment by pebriantri

coba maksimalkan pengapiannya, terus pakai knalpot aftermarket dan selanjutnya turunin gear belakang satu-dua mata. Mungkin bro yang lain ada yang mau menambahkan?

Comment by sekopati

aq mau ganti karbu king buat motor satria f ku
tapi tidak perlu ganti knalpot racing
caranya gimana ya

Comment by havri

ya tinggal dipasang saja, nggak masalah hanya saja lebih topnya ganti knalpot racing atau knalpot std yg dibobok.

Comment by sekopati

dampak negatif nya ke mesin apa ya bro?
bisa di pake buat touring gk bro?
trus gimana dgn performa nya bro klu pake knalpot std..
maklum ya saya kurang ngerti tentang mesin motor
thank’s ya bro

Comment by havri

1 lg bro
PJ dan MJ ukuran brapa ya bro??
se x lg
thank’s bgt bro

Comment by havri

bro,
mau tanya,
cara kerja intake/exhaust manifold itu sama di setiap spesifikasi mesin?
khususnya alat berat?

Comment by alvine

seharusnya sama bro, selama teknologi motor bakar. Hanya saja saya tidak tahu tentang alat2 berat.

Comment by sekopati

mtr karisma gw mo dpasang karbu ninja r..kira2 cocok g y??

Comment by angga




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: