Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Atasi Body Getar di Motor
July 9, 2009, 7:00 am
Filed under: Automotive | Tags:

Pemilik tunggangan bebek di atas 2 tahun, kerap kali merasa enggak nyaman dengan bunyi-bunyian di sekitar bodi. Nah setelah ditelusuri, suara bbrrr.. yang didengar timbul akibat bodi-bodi yang saling bergesekan akibat getaran mesin.

“Itu wajar, sebab varian bebek hampir 97% bagiannya diselimuti bodi plastik. Nah kalau sambungan antar bodi udah gak rapet, pasti menimbulkan bunyi bbrrr,” jelas Ari, mekanik dari bengkel GMotor di Jl. WR Supratman, No.37, Bintaro, Jaksel.

Apa yang dibilang Ari bisa terjadi di bodi bagian mana saja seperti cover headlamp, sayap samping dan cover stoplamp. Untuk itu, harus tahu dulu bagian mana yang menimbulkan bunyi. Tapi masih menurut Ari, bunyi getar di motor bebek gak jauh dari bagian yang disebutkan tadi.

Mau tahu cara atasinya? Langsung saja simak penjelasan Ari yang akan memberi contoh di Honda Supra X 125. Alasannya, keluhan bunyi getar sering ditemuinya pada motor jebolan Honda milik beberapa pelanggannya.

Oke, pertama cek bagian batok lampu. Di bagian ini, sambungan antara cover headlamp dan cover spidometer sering jadi sumber bunyi. Mengatasinya, cukup berikan double tape 3M yang tebalnya 2 mm di sepanjang cover headlamp bagian atas .

“Kalau masih kurang tebal, silakan berikan dua lapis,” tambah mekanik humoris ini. Lanjut ke bagian sayap samping. Bunyi getar pada sektor ini sering ditemui pada bebek yang pakai sayap tipe two piece seperti Suzuki Shogun SP dan Yamaha Vega R.

Solusinya, masih pakai 3M yang ditempel pada sambungan sayap (gbr.2). Tapi selain itu cek juga dudukan bodi yang ada di bagian sasis. Biasanya, bodi yang sering dibongkar pasang bisa menimbulkan gap yang akhirnya bakal menimbulkan bunyi bbrrr.

Kalau hal itu terjadi, pasangi karet bodi bawaan Honda Grand yang berbentuk donat pada dudukan bodi yang ada di sasis . Di pasaran peranti ini dijual seharga Rp 1.500-2.000-an per buah, silakan beli 5-10 buah.

Bagian lain yang juga sering menimbulkan bunyi adalah cover stoplamp. “Kalau yang ini, biasanya karet penahan cover di bagian dalam sudah lapuk atau rusak,” lanjut Ari yang juga bilang cara atasi hal itu bisa dilakukan dengan pakai busa dan dan double tape.

Pertama, tempelkan double tape di bagian dalam cover disusul dengan busa di tempat yang sama . Tujuannya agar peranti itu enggak bergesekan dengan stoplamp. Kalau sudah, dijamin bodi enggak akan terdengar bbrrr.. lagi kayak tag line iklan minuman ringan di televisi.

Sumber : otomotifnet.com


2 Comments so far
Leave a comment

Ribet amat,uda bwa ke madura az..
Kiloin..😀

Comment by Cekly

sayang gan, kan gak semua orang bisa beli motor baru gan….

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: