Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Serba-Serbi Koil Booster
July 7, 2009, 7:17 am
Filed under: Automotive | Tags:

Ngomongin pengapian, kurang rasanya kalau gak ngebahas koil booster. Peranti ini juga kerap dipakai sebagai alternatif pengganti buat yang ogah pakai CDI racing.

Menurut Donny Permana dari bengkel Hantu Laut, koil adalah peranti yang berfungsi untuk mempertinggi tegangan listrik yang dialirkan ke busi sehingga bisa memercikkan api. “Di dalam koil ada dua kumparan yaitu primer dan sekunder. Dua kumparan itulah yang bikin tegangan listrik standar jadi besar,” tambah Donny. Booster koil untuk memperkuat tegangan listrik yang sudah ada agar percikan api pada busi lebih baik. Hal itu dimaksudkan agar proses kerja di ruang bakar bisa lebih sempurna, sehingga meningkatkan kinerja mesin sekaligus irit bahan bakar.

Dari hasil tes yang pernah dilakukan Tim OTOMOTIF, motor pakai power booster dapat berakselerasi lebih cepat 1-0,5 detik pada trek 60 m dan 1,4-0,6 detik di trek 100 meter.

Selain itu dari segi BBM, besutan yang mengadopsi teknologi koil booster terbukti dapat menempuh jarak lebih jauh 2-4 km sebelum motor kehabisan bensin. “Jadi kalau perbandingan standarnya 1 liter untuk 32 km, dengan booster koil bisa jadi 1 liter untuk 34-36 km,” urai pria bersahaja ini.

Kalau ruginya? Bisa dibilang hampir enggak ada ruginya mengaplikasi part peningkat performa tersebut. “Konsekuansinya kalau mesin tambah kenceng, pasti jadi boros. Dengan koil booster ini, hal itu enggak berlaku!” yakin Donny.

Asyiknya lagi, buat yang mau aplikasi peranti ini enggak perlu melakukan perubahan mesin yang signifikan. “Hanya perlu setting ulang angin di karbu. Atau paling ribet, ganti ukuran pilot dan main jet di karburator dan atur ulang jarak celah klep,” saran warga H. Nawi No. 78, Jaksel ini.

Di pasaran peranti ini sudah banyak beredar dengan berbagai merek seperti Power Sure, APS, Pro Tech dan Turbo. Tiap merek punya cara aplikasi berbeda. “Ada yang dipasang setelah koil dan ada juga yang diaplikasi sebelum koil seperti merek APS,” tutup Donny.

Sumber : Otomotifnet.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: