Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Serba-Serbi Kampas & Per Kopling Aftermarket
July 7, 2009, 7:15 am
Filed under: Automotive | Tags:

Kampas dan per kopling merupakan peranti pendukung dalam mekanisme transmisi. Fungsinya, tentu saja sangat penting dalam proses transfer tenaga dari mesin ke roda. Makanya, belakangan marak beredar kampas dan per kopling tipe racing.

Pilihannya, gak cuma bahan yang dibuat khusus. Dari ketahanan dan kemampuannya dijamin lebih paten dari standarnya. “Misal selain tebal, juga ada lapisan pelat besi di dalamnya. Jadi lebih awet dan tidak mudah hancur,” kata Hadi dari Kebongce Motor di kawasan Jatimakmur, Bekasi.

Selain itu, menurutnya kampas racing terbukti lebih tahan aus dan anti slip. “Namun jika ingin pakai kampas kompetisi, harus diikuti mengubah matahari dan rumah kopling. Rumah kopling sedikit dipapas dan cukup manfaatkan kikir,” tuturnya.

Sedang bagian matahari pada kopling harus dibubut. Jika tidak, maka kampas tidak akan bisa masuk karena memang ada perbedaan diameter bagian dalam. Bukan hanya merek, bentuk juga beragam dan harganya pun bervariasi.

Tapi tenang, ada beberapa merek kampas kopling racing yang lebih praktis, tanpa mengubah rumah kopling dan tinggal pasang. Secara fisik memang beda bahan dan lapisan, tapi bentuknya hampir sama. Lebih bagusnya lagi mencari kampas kopling berikut pernya. Jadi, penyesuaiannya enggak terlalu banyak.

Karena untuk kampas kopling yang dijual satu set dengan per kopling sudah pasti pas settingannya dan diperuntukkan bagi tiap tipe motor. “Untuk dipakai harian, kampas kopling racing harus dengan pernya,” sambung mekanik supel ini.

Per Kopling
Seperti disinggung di atas, per itu satu kesatuan dengan kampas koplingnya. Peranti itu ikut diganti, karena memang milik standarnya kurang mumpuni jika harus mengimbangi motor yang sudah dioprek. “Umumnya per kopling standar itu lebih lembek dibanding produk racingnya,” tukas Hadi.

Nah, bila hal itu tak diterapkan, dikhawatirkan kopling akan slip. Sebaliknya, per kopling racing menawarkan tekanan lebih besar. Alhasil, kinerja kampasnya juga lebih cepat. “Nantinya hal itu akan berpengaruh pada tarikan motor!” jabar pria bersahaja ini.

Sama seperti kampas, per pun banyak varian racingnya. Enggak cuma merek, kekerasannya juga berbeda di setiap produk. “Meski begitu, per kopling racing juga bisa dipakai harian,” ujar Ismam mekanik dari bengkel Garasi Motor di Bekasi.

Cuma ya itu, konsekuensinya, karena per kopling racing pakai bahan yang agak keras, ini akan terasa dalam pengoperasian tuas koplingnya. “Yah, agak keras dari standarnya, deh!” bilangnya. “Eh, tapi kan akselerasi terasa lebih responsif.”

Sumber : Otomotifnet.com


2 Comments so far
Leave a comment

kalo cs1 pake per kopling cbr atau tigy kampasnya ganti juga ga gan?

Comment by otong

tidak perlu mas, jika diganti pakai yang cbr makin maknyus gan

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: