Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Indikator Pengisian Accu (Top Banget) Bag 2
June 29, 2009, 1:19 am
Filed under: Automotive, Electronics | Tags: ,

Seperti janji saya sebelumnya maka pada bagian dua ini akan saya terangkan sistem kerja dari rangkaian tersebut.  Rangkaian tersebut berguna untuk mengetahui apakah sistem pengisian accu dalam keadaan baik ataukah buruk. Buruk di sini bisa berarti over charge atau lower charge.

Ok, kita lanjut ke sistem kerjanya : tegangan kerja accu diset di tegangan 13.6V plus minus 0.8V. Dalam kondisi tersebut accu dicharge dalam kondisi terbaik. LED “Merah” mengindikasikan accu dalam kondisi “Lower Charge”. Hal tersebut mengindikasikan alternator/dinamo dalam kondisi rusak atau berfungsi kurang optimal. Sedangkan LED “Kuning” mengindikasikan accu dalam kondisi “Over Charge”. Over charge biasanya disebabkan rangkaian voltage regulator/kuprok set dalam kondisi tidak normal alias rusak. Coba bandingkan dengan voltmeter, tentunya secara visual lebih mudah ditelusuri kemungkinan kerusakannya bukan ?

Mungkin anda akan bertanya mengapa hanya ada 2 buah led yang digunakan ? Hal tersebut memang untuk mengetahui kondisi “OK” atau “Tidak” saja. Lebih simple dan tidak membingungkan.

Pada saat tegangan jatuh di bawah tegangan yang diijinkan maka arus akan mengalir ke R1 sebagai pembatas arus dan D1 (Red LED) akan menyala. Dan ketika tegangan berangsur-angsur naik sampai tegangan 12V maka dioda zener (D3) akan mengalirkan arus sampai tegangan lebih besar dari 14,6V. Pada kondisi tersebut kedua LED dalam kondisi padam. Nah pada saat tegangan mencapai 14,6V maka arus akan mengalir ke R4 sehingga memicu T2 untuk menghantarkan arus. Akibatnya D2 (Yellow LED)  akan menyala.

Sumber : Joergs Electronics


4 Comments so far
Leave a comment

mau tanya…
kalau lampu halogen yg bagus bwt supra fit lama apa y ??
trus kalo mau pasang relay, bsa g ??
gmna caranya…
tks before

Comment by rian riyandi

yg murmer merk osram bro…cara pasang relay bisa dilihat di badan relay tsb.

Comment by sekopati

mas ku mau tanya kenapa lampu HIDku mati (CUMA MAMPU HIDUP KURANG LBH 45 MENIT )
sepeda motorku supra 125 new (mata elang / 2 bolamp)
sebelah kiri lampunya 8000 K dan kiri 6000K sedangkan instlasinya dah ok ( + balast dan realy bawaan lampu)
Accu yg aku pakai bawaan motor….apakah perlu diganti accunya…kalaupun harus diganti..aku mesti pakai yang berapa volt/ampere…maklum mas aku buta dan pingin tungganganku apik.

Comment by charles

kalau dua2 pakai hid pasti akan tekor terus akinya bro….karena biasanya hid powernya 35w dan dikali 2 maka power yg dibutuhkan adalah 70w sedangkan standar supra kalau tidak salah max 25×2 atau 50w jadi tekor 20w. seandainya ditambah kapasitas aki yg lebih besar sekalipun pasti akan merepotkan. karena charging dari spul akan minus terus. sebagai contoh jika ingin menyalakan lebih 1 jam maka power yg dibutuhkan adalah 70wx1h = 70wh —kalau dikonversi ke ampere kira2 70 : 12v = kira2 6A. Itu baru untuk urusan lampu utama belum untuk pengapian klakson lampu senja. setidaknya untuk bertahan selama 1 jam dibutuhkan aki minimal 10Ah.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: