Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Cegah Dehidrasi Dengan Segera Minum Segelas Air
June 26, 2009, 12:53 am
Filed under: Automotive | Tags:

Air merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Tubuh manusia 60 persen terdiri dari cairan, karena itu keseimbangan cairan dalam tubuh akan sangat mempengaruhi keseimbangan dalam aktivitas lainnya, termasuk mengemudi. Kalau suplai cairan tubuh tercukupi, maka ketahanan, konsentrasi dan kemampuan mengemudi pun akan baik. Ada beberapa cairan penting yang diperlukan untuk pengemudi maupun biker. Dari air putih, isotonik, suplemen, sampai untuk menjaga kesehatan dan penampilan agar tetap segar.

Air Bening
Kurang minum bisa berakibat dehidrasi, tubuh kekurangan cairan. Risikonya enggak cuma haus, tapi racun yang terserap tubuh termasuk polusi dari jalan jadi lambat terbuang.

“Fungsi ginjal jadi terganggu karena minum itu merupakan metabolisme untuk melarutkan termasuk racun-racun. Kalau suplai air kurang, kerja ginjal makin berat dan terganggu. Kalau ada racun-racun yang terserap tubuh, jadi lebih lambat hilangnya,” kata spesialis gizi, Dr. dr. Anie Kurniawan M.Sc, SpGK.

Terpapar panas, AC serta polusi selama mengendara mobil dan motor merupakan aktivitas yang menyerap cairan. Konsumsi air per hari paling tidak 2 liter. Sediakan selalu botol air di mobil atau tas kita. Gejala dehidrasi gampang dikenali kok, merasa haus. “Itu berarti tubuh kita perlu tambahan cairan. Kalau tdk terpenuhi, jadi heat stroke atau pingsan. Karena aliran darah juga berkurang,” lanjut alumnus Universitas Indonesia ini.

Minuman Isotonik
Minuman penambah energi atau kalori ini tersedia di pasaran dengan berbagai merek dagang, kemasan dan rasa. Untuk pengemudi biasa air bening biasa saja sebenarnya sudah cukup. “Kecuali kalau atlet, perlu tambahan mineral juga. Makanya perlu kayak minuman isotonik. Isotonik itu sebenarnya mengandung gula, kalium sama natrium. Mirip dengan kandungan dasar obat anti diare. Seperti air kelapa muda kalau mau yang alami,” papar dokter yang berpraktik di apotik Century Husada, Boulevard Gading Serpong, Tangerang ini.

Kandungan Kalium dalam isotonik berfungsi sebagai penjaga keseimbangan cairan, untuk mencegah dehidrasi. Sementara gula, untuk menambah kalori. Minuman isotonik biasanya disukai karena rasa yang lebih variatif dibanding air bening biasa.

Pengemudi atau biker sehari-hari sebenarnya air biasa sudah cukup, tapi konsumsi isotonik juga enggak masalah. Takaran yang diminum pun tak ada batasannya. “Kalau masih dalam batas minum enggak ada ekses berbahaya. Kalau sampai kelebihan suplai, nanti akan dibuang lagi oleh tubuh dalam bentuk urine atau keringat,” lanjut wanita asal Solo ini.•

Vitamin / Suplemen
Vitamin atau suplemen umumnya dikonsumsi untuk menambah ketahanan tubuh. Tapi ada kandungan vitamin tertentu yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi karena ada efek tertentu. “Hati-hati suplemen yang mengandung cafein. Kalau dosisnya tinggi dan kondisi tubuh tidak kuat. Saya malah tidak menganjurkan. Efeknya jadi tidak ngantuk,” saran dokter Anie.

Tidak mengantuk berbahaya kalau dialami pengemudi atau biker yang sebetulnya sudah mengalami kelelahan dan perlu istirahat. Setelah minum suplemen, kantuk jadi hilang tapi sebenarnya fungsi otak sudah tidak maksimal karena capek. Jadi, mata melek doang tapi kemampuan menilai kondisi di sekitar kendaraan dan jalan, refleks serta pengambilan tindakan tidak maksimal.

Untuk menambah ketahanan, pilihan yang lebih baik justru vitamin. Yang paling aman dari buah-buahan. Jadi, paling bagus minum sari buah aja. Baik itu kandungan vitamin A, B, C, zinc, atau vitamin E. “Semua vitamin bagus untuk ketahanan tubuh. Rata-rata buah itu kaya vitamin. Vitamin A ada di buah merah dan kuning. Mangga, jambu, tomat, dsb. Fe dan zinc itu lebih banyak ke yang hijau dan sayur-sayur,” jelas dokter yang telah berkarir selama 30 tahun lebih ini.

Sumber : Otomotifnet.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: