Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Upgrade Performa Motor Stage 1
June 25, 2009, 5:47 am
Filed under: Automotive | Tags:

Pertanyaan yang sering muncul bagi pemilik motor adalah “Bagaimana Meningkatkan Performa Motor Kita?” Sebagian ingin mendapatkan tarikan mesin yang yahud dan yang lainnya ingin mendapatkan top speed yang lebih tinggi dari kondisi standar. Atau mau yang lebih kerennya adalah kenaikan power dan torsi berdasarkan hasil dyno test.

Bagi yang lebih berpengalaman mereka mengacu pada standar upgrade performa. Biasanya dikenal dengan istilah “Stage”. Urutan dari yang biasa/terkecil adalah stage 1, stage 2 dan seterusnya. Sebelum mengaplikasikannya maka marilah kita bahas bersama tahapan-tahapan tersebut.

Hal-hal apa saja yang masuk kategori stage 1 adalah sebagai berikut :

1. Free breathing air cleaner (filter udara).
2. Free breathing exhaust (Freeflow).
3. Rejetted/Setel carburetor or remapped CDI.
4. Upgraded ignition/Pengapian (if require*).

Mayoritas stage 1 biasanya sudah dalam bentuk bolt on atau PnP. Jadi anda bisa melakukannya secara bertahap. Sambil melihat pengaruh atau effek dari penggantian part tersebut. Selain itu juga untuk mempermudah penelusuran jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

– Free breathing air cleaner. Cara upgrade termudah adalah dengan mengganti filter udara aftermarket. Dipasaran terdapat beberapa merek yang terkenal seperti K&N, Koso, TDR dan lain sebagainya. Tentunya semua itu tergantung budget anda. Moto : harga barang menentukan kualitasnya jelas sekali berpengaruh.

– Free breathing exhaust. Selanjutnya gantilah pipa pembuangan motor anda dengan produk freeflow/aftermarket. Di pasaran ada yang menjual silincer saja (slip on) ataupun full system. Contoh part slip on adalah silincer buat ninja 250cc. Dan bagi yang tidak ingin suara yang berisik bisa upgrade pipa pembuangannya dengan produk “Tsukigi” atau type silent. Dan badi yang full system banyak merek yang beredah seperti R9, Nob1, Yoshimura, DBS, CLD, AHRS, Ahau dan sebagainya. Tapi jangan lupa biasanya penggantian knalpot membutuhkan penyetelan ulang baik setelan karburator dan setelan anginnya. Jika tidak tepat biasanya knalpotnya suka nembak.

Rejetted carburetor or remapped CDI. Setelah napasnya bersih dan lancar maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan pasokan bbm yang stabil dan lancar. Karburator harus disetting ulang demikian juaga dengan cdinya. Silakan baca penyetelan karburator dan setelan angin motor di berbagai artikel di internet. Sedangkan remapping cdi dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai merek CDI racing seperti BRT, XP, CP dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan karena ada perubahan dalam karakter mesin kita.

Upgraded ignition/pengapian*. tanda ‘*’ menunjukan bahwa hal tersebut tidak harus dilakukan. Tetapi sebaiknya dilakukan pembenahan mengacu pada perubahan yang telah dilakukan sebelumnya. Contoh : penggantian koil pengapian dengan type kompetisi/racing. Di pasaran banyak dijual berbagai macam merek seperti YZ125, RM250, Protect, Blue Thunder, XP dan lain sebagainya.

Jadi tidak sulitkan untuk mencapai stage 1. Untuk pemakaian sehari-hari upgrade stage 1 sudah cukup mumpuni buat anda. Silakan mencoba!!!

Referensi : whybike.com


20 Comments so far
Leave a comment

Bgus skali,utk stage 2 gmna?

Comment by B.F.C

coba check artikel kelanjutannya dipostingan yang lain

Comment by sekopati

Knalpot nob 1 tribold,n ahrs silent bgs mana ya mas.perbandingan suaranya spt motor apa.thx

Comment by Robert

lebih baik yg silent mas biar gak berisik. tapi di rpm atas ahrs silent juga garang lho.

Comment by sekopati

lebih baik yg silent mas biar gak berisik. tapi di rpm atas ahrs silent juga garang lho.

Comment by sekopati

Klo ganti ahrs silent.perlu ganti spuyer ga?ato cm setting karbu sdh cukup.motorku revo 100.karbu karisma.thx.

Comment by Robert

lebih baik naik 1 step saja mas

Comment by sekopati

Ok.thx

Comment by Robert

Ok.thx.tp spuyer yg bgs merk apa ya?apa ngga ada efek negatifnya klo pake spuyer imitasi?

Comment by Robert

bisa pakai std keihin atau mikuni sesuai dengan jenis karbunya. bisa juga pakai ex daytona atau sudco

Comment by sekopati

Klo knalpot yg setipe dg ahrs silent apa ya mas?di sby susah bgt carinya.yg tanpa glasswoll.harga 200 ampe 300an.revo 100cc.thx.

Comment by Robert

yg sekelas ahrs bisa pakai nobie, hpe atau tunggu 1~2 bulan lagi katanya akan muncul knalpot wrx type silent. wrx ini sekarang dalam tahap riset. atau ganti leher knalpotnya saja pasti lebih enak tarikannya.

Comment by sekopati

Mas,klo nob1 silent ada yg buat revo 100cc?harga brp ya?thx

Comment by Robert

coba di cek di website nobi biasanya ada price listnya.

Comment by sekopati

Mas,bs bantu dmana agen resmi knalpot ahrs di surabaya?thx.

Comment by Johny

kalau susah bisa order lewat kaskus saja bro….

Comment by sekopati

Mas,motorku revo 100cc.uda ganti karbu karisma x.gmana kalo di porting polish.performa naik byk?ato ngempos.efek ke depannya apa?stlh di pnp tdk perlu open filter kan’

Comment by Johny

porting polish akan menghasilkan power yg lebih besar… dan tidak perlu open filter.

Comment by sekopati

Mas,honda blade,smash titan,vega r,mana yg lbh baik,dr segi power,teknologi,kecepatan&akselerasi.u/membeli mtr bekas biasanya apa yg perlu dicek?.nanya kelebihan&kekurangan kawasaki athlete,susah ga ya nyari spare partnya bbrp th ke dpn?thx.

Comment by Jack

mungkin untuk kelas yg mas sebutkan blade masih yg terbaik, kecuali jika ada pilihan jupiter z. untuk membeli motor bekas bisa di cek nyala dan didengarkan suara mesinnya apakah ada yg aneh atau tidak. cek juga dibagian mesin apakah ada leleran/rembesan oli atau tidak. jangan lupa test jalan untuk mengetahui apakah kampas koplingnya masih bagus atau tidak.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: