Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Tips Memasang Knalpot After Market
June 17, 2009, 1:26 am
Filed under: Automotive

Dengan adanya tawaran yang menggoda dari knalpot aftermarket membuat kita tergoda untuk mencobanya. Cara termudah adalah dengan membawa motor kita ke bengkel langganan. Tapi bagi yang ingin coba-coba untuk memasang sendiri berikut tips-tipsnya :

1. Siapkan tool set yang dibutuhkan : Kunci Pas, Ring atau Sock
2. Sedia alat bantu yang lain seperti WD-40 & kain majun

Pertama-tama longgarkan bolt support di dekat swing arm jika susah bisa disemprot dulu dengan wd-40. Selanjutnya jika sudah longgar diteruskan dengan membuka 2 buat baut di dekat blok mesin. Pada saat membuka baut di blok mesin biasanya agak susah. Untuk membukannya setelah diberi wd-40, bolt tersebut diberi kayu pengganjal dan selanjutnya dipukul dengan palu secara pelan. Selama proses tersebut jika ingin mudah bisa minta tolong bantuan teman untuk memegangi knalpot tersebut.

Jika semuanya sudah terlepas maka bersihkan ujung blok mesin bekas knalpot lama kemungkinan ada tumpukan karbon dari bekas pembakaran di sana. Selanjutnya check gasket yang lama apakah sudah aus atau belum. Jika sudah aus disarankan untuk segera diganti karena akan mempengaruhi performance. Saran untuk penggantian gasket tersebut sebaiknya dari bahan aluminium agar lebih awet dan tidak mudah berkarat atau retak.

Selanjutnya pasang kop (ujung knalpot) dengan dilapisi sejenis gemuk dari tembaga atau nickel (Anti seize compound) sejenis dengan silicon grease yang nantinya untuk menutup kebocoran gas buang. Bisa saja menggunakan thermal paste merk artic silver yang biasa digunakan untuk pendinginan prosesor komputer.

Langkah terakhir pasang kembali sesuai langkah pembongkaran dengan metode terbalik.

Cukup mudah bukan.

Referensi : motorcyclecruiser.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: