Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Atasi Baut Dol atau slack
June 16, 2009, 1:10 am
Filed under: Automotive

Motormania yang hobi ngutak-atik besutan kesayangan pasti sering atau pernah ngadepin baut slek atau dol gara-gara dratnya rusak. Kalo udah gitu, pasti bawaannya jengkel banget. Apalagi jika berkaitan sama komponen vital, kayak drat baut knalpot. Arrggh…

Mau gak mau, yang pertama kali terbayang pasti harus membuka head, lalu dibawa ke tukang bubut untuk didrat ulang. Sialnya melepas peranti itu bukan perkara mudah. Tambah ribet, motor itu juga buat dipakai sehari-hari. Masak mesti nginep di bengkel?

Ah, tapi itu gak akan terjadi. Karena sekarang banyak alat bantu yang dijual bebas. Intinya, peranti ngoprek itu bisa memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu. Salah satunya tools untuk menangani drat baut yang aus itu. Cihuiii…!

Lebih sip, peranti bernama FiX A Thread yang dijajakan Rp 80 ribu di pasar Lindeteves, Kota ini gampang banget digunakan. Neh, Bang Cecep dari Sadam Motor (SM) di daerah Ragunan, Jaksel berbaik hati mempraktikkan pemakaiannya.

Produk ini di kemasannya tertulis dari Australia. “Lumayan bermanfaat buat urusan ngebengkel di rumah, kok. Selain itu, rumah baut atau dratnya lebih kuat dari aslinya dan tentu alat itu gampang digunakan,” urai Bang Cecep yang kerap pakai peci ini.

Okeh, langsung aja ya. Masalah drat yang slek di knalpot bisa segera diatasi, deh. “Drat yang slek dihancurin aja pake mata bor tap dengan ukuran baut 10. Jangan lupa dibersihkan sisa hancurannya,” lanjut Bang Cecep.

Lalu masukkan recoilnya. Oh ya, recoil itu semacam ulir tapi bentuk tepiannya lebih tajam.. Lantas masukan recoil ke dalam drat yang baru dibuat tadi, lalu patahkan di dalam.

Oh ya, ternyata nyaris semua baut di motor kalau dratnya slek bisa diperbaiki. Bahkan sampai membuat ulir baru buat busi kalo dol atau aus, recoil juga tersedia dalam berbagai ukuran baut dan dijual Rp 3.500-5.000.

Sumber : Otomotifnet.com


2 Comments so far
Leave a comment

…wahh, bagus to gan, ane butuh banget. bisa pesen ga plus kirim…

Comment by dimaz

maaf saya gak jualan mas bro…. jika tinggal di jakarta coba cek di amx biasanya mereka jual juga.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: