Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Deteksi Kerusakan Auto Choke
June 15, 2009, 3:37 am
Filed under: Automotive

Fungsinya memudahkan pengendara saat melakukan start di cuaca dingin. Karena tidak perlu lagi repot tarik tuas cuk. Tapi apabila rusak malah bisa bikin repot. Sebelum pusing tujuh keliling lebih baik kenali dulu gejala-gejala kerusakan part ini.

Putaran Mesin Tidak Normal

Starter jet terus terbuka membuat mesin susah langsam dan boros bahan bakar
“Mengingat autochoke terdiri dari komponen yang tidak terlalu kompleks, maka jarang sekali terjadi kerusakan. Jika pun ada biasanya terletak pada PTC heater yang putus atau terbakar,” buka Dado, Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Bila PTC heater yang putus atau terbakar efeknya thermowax jadi tidak mengembang dan starter plunger tidak dapat menutup lubang choke.
“Putaran mesin pun tidak mau turun atau tetap tinggi diatas putaran normal meski mesin sudah panas,” lanjut Dado.

“Selain itu bensin jadi boros, knalpot hitam jelaga karena terlalu kaya bahan bakar,” tambah Endro Sutarno, technical service training instructor, PT Astra Honda Motor (AHM). Kalau sudah begini mau enggak mau harus langsung ganti baru autochoke. Proses gantinya pun mudah, cukup lepas autochoke dari kedudukannya di karburator dan sisanya hanya main colok soket saja.

Tapi Gejala yang sama juga bisa terjadi bila soket lupa terpasang saat melakukan service ringan, coba cek lagi soketnya. Atau bisa juga karena kabel-kabel yang menghubungkan unit autochoke ke CDI atau ke aki ada yang rusak.

Sedang khusus pada Honda Vario dan BeAT yang sensornya menggunakan ignition pulse bisa dideteksi dengan melakukan pengecekan langsung mencolokannya ke aki.

Plastik ini mudah pecah bila pemasangannya tidak benar
Lepaskan Autochoke dari rumahnya, lalu hubungkan kabel hitam ke kutub positif dan kabel hijau garis orang ke kutub negatif aki. Kalau thermowax tidak mau mengembang dan starter plunger tidak bertambah panjang bisa dipastikan PTC heater-nya rusak.

Susah Hidup Di Pagi Hari
Kalau sudah hidup di cuaca dingin berarti kurang bahan bakar. Artinya choke tidak membuka tapi justru menutup. Biasanya kerusakan ini terjadi karena rumah per di dalam autochoke ini rusak.

Akhirnya starter plunger saat menutup tidak bisa terbuka lagi. Biasanya kerusakan ini disebabkan karena kesalahan saat pemasangan.
“Belum pas pada kedudukannya sudah dipaksa, akhirnya rumah per terdorong dan bisa patah karena hanya terbuat dari plastik,” ungkap Endro. Kalau kejadiannya seperti ini mau enggak mau juga harus ganti baru.

Sumber : Otomotifnet.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: