Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Penyebab V-Belt Motor Matic Cepat Putus
June 11, 2009, 5:52 am
Filed under: Automotive | Tags: , , , , ,

Umumnya, umur pakai v-belt di skubek 15.000-20.000 kilometer. Namun, lewat dari itu, v-belt biasanya putus tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Itu diakui Raymond dari JP Racing Cengkareng, Jakarta Barat, yang pernah kedatangan konsumen ke bengkelnya karena motornya putus v-belt secara mendadak.

Selain karena usia pemakaian yang lebih, ada beberapa hal menjadi penyebab putusnya v-belt, dan semuanya bisa dideteksi kalau mau bersusah sedikit. Inilah bagian-bagian yang perlu dicermati.

1. Lihat bagian dalam atau bagian bergigi dari v-belt. Tanda-tanda mau putus, kata Raymond, biasanya ada yang retak-retak. Kalau tidak ada, bisa juga menekuk v-belt.

2. Di sisi samping belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau tajam ketimbang belt standar. Itu menandakan belt sudah aus akibat gesekan dengan puly. Jika sudah aus—belt menjadi mulur—menimbulkan suara berisik di rumah CVT, seperti rantai yang kendur, karena belt bergesek dengan tutup CVT atau crankcase.

Pengaruhnya, “Akselerasi awal biasanya jadi selip. Seperti gas diputar tapi tenaga tidak sesuai putaran mesin,” bilang H Indra Putera Laksana, mekanik GT Speed di Cinere, Depok.

3. Pemakaian ukuran ban yang tak lazim, misalnya 140/80-14. Belt butuh tekanan lebih besar untuk menggerakkan roda. Inilah yang bikin belt cepat aus. Selain itu, tenaga yang besar—akibat pemakaian ban lebar—juga bikin belt cepat aus.

4. Rute perjalanan yang panjang seharian juga bikin daya tahan v-belt berkurang lalu membuatnya cepat putus. Misalnya, sekali jalan puluhan kilometer tanpa istirahat dicampur macet. Walau pemakaian masih sekitar 10.000 km, v-belt bisa saja putus.

Nah, untuk menangkal semua itu, enggak ada salahnya dilakukan pengecekan. Itu bisa dilakukan waktu senggang.

Sumber : Otomotifnet.com

Selain itu perubahan/modifikasi atau bore up mesin juga akan mempercepat usia pakai. Karena dengan meningkatnya kapasitas mesin maka torsinya juga akan meningkat. Sedangkan kapasitas v-belt memang dirancang untuk mesin standar. Solusinya adalah jika masih menggunakan standard pabrikan disarankan setiap 5000km dicek kondisi v-beltnya, gunakan versi aftermarket yang bagus seperti tdr atau kawahara, jangan sering betot gas tetapi secara bertahap.

Sumber : Vario & Nouvo Z club

Atau juga setiap 2000 Km dilakukan penyemprotan cairan khusus belt cvt agar tidak mudah retak.

About these ads

8 Comments so far
Leave a comment

gw baru 5000 km udah putus
emang bagusan yg yamaha punya atau yg racing gitu ya?apa krn udah boreup 150 jd bgitu ya

Comment by adul

standar pemakaian v-belt motor matic maksimal 10.000km. tetapi itu untuk kondisi standar. jika sudah bore up otomatis daya tahan v-beltnya akan berkurang. karena torsi yang disalurkan akan lebih besar. sedangkan v-belt standar dirancang untuk kondisi mesin standar. Tapi mayoritas teman2 di vario dan nouvo club masih banyak yang pakai standar meskipun cepat putus. Dibandingkan v-belt racing yang tidak jelas kualitasnya. Tapi bagi yang pakai type racing, mereka menyarankan merk terkenal seperti tdr & kawahara. Meskipun harganya lebih mahal dibanding racing abal-abal

Comment by sekopati

gw mu tanya kalau honda beat knalpot ori nya di blackk{bobok} itu masalah g????

Comment by andrian

gak masalah masbro asal setel ulang karbunya.

Comment by sekopati

mas aq mau nanya honda vario aq pada saat mulai jalan atw narik gas itu terasa bergetar,,,,,,,,,,pengaruhnya apa mas ya???

Comment by mivan

bisa jadi setelan karburator terlalu miskin/kurang sehingga diputaran tinggi mesin kering. bisa juga setelan langsam yg terlalu rendah.

Comment by sekopati

jadi bukan pengaruh vanbeltnya ya mas???mas stelan langsam itu apa mas pada bagian mana???

Comment by mivan

setelan langsam terletak di karburator motor mas…

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: