Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Setting Karburator Setelah Aplikasi Knalpot Aftermarket
June 10, 2009, 8:56 am
Filed under: Automotive

Dari beberapa email yang kami terima, banyak yang mengeluh lari motor mulai gak enak, muncul gejala aneh seperti knalpot nembak, larinya di putaran atas ngedrop setelah mengaplikasi knalpot free flow dan sebagainya.

Nah, biasanya yang kerap jadi sumber permasalahan dari problem-problem tadi adalah di komponen pengabut bahan bakar. “Kalau lari motor mulai enggak enak, bisa jadi settingan karburator berubah. Untuk motor standar, coba setel ulang sekrup udaranya ,” kata Nuri Fatoni, mekanik general work shop AHRS di Depok, Jabar.

Caranya gampang kok. Yaitu setelah mesin dipanaskan kurang lebih 5 menit, lalu coba pelintir gas sedikit sampai putaran mesin mencapai 4.000–5.000 rpm dan tahan sembari sekrup udara atau pilot air screw diputar mentok ke kanan (searah jarum jam). Bila sudah mentok, langsung putar kembali sekrup udara tadi berlawanan arah jarum jam (ke kiri) sambil mendengarkan perubahan putaran mesin.

“Sampai pada titik putaran tertinggi, tandanya setelan udara sudah pas,” ujar Rere, mekanik Ahau Motor di kawasan Jl. Akses UI, Kelapa Dua, Depok. Untuk memastikannya, coba blayer gas dengan cara diurut sampai putaran tinggi sekitar 2-3 kali. Lalu lepas grip gas tiba-tiba. Sembari mendengarkan apakah ada gejala mbrebet, knalpot nembak atau putaran mesin seperti tersendat.

“Kalau mbrebet, artinya setelan udara masih terlalu menutup. Sedang kalau knalpot nembak, suplai udara kebanyakan alias setelan udara terlampau membuka. Sebaliknya kalau tersendat, ada beberapa kemungkinan. Setelan udara belum tepat atau posisi jarum skep terlampau turun,” tukas Nuri. Bila kejadiannya begitu, coba turunkan 1 ulir posisi klip jarum skepnya , lalu coba jajal putaran mesinnya lagi.

Oh iya, pada motor yang karburatornya mengusung jarum skep tanpa ulir kayak di Honda Tiger Revo, Kawasaki ZX130 atau motor berkarburator model vakum pada umumnya, untuk menaikkan posisi jarum skepnya bisa diakali dengan menambah ring kecil setebal 1–1,5 mm ke dalam batang jarum.

“Trik ini cukup ampuh mengatasi problem Tiger Revo yang mesinnya suka terserang overheat atau susah hidup kala dingin,” beber M. Irwan, juragan bengkel modifikasi SMS di Bekasi yang juga mantan mekanik Honda beberapa waktu lalu pada OTOMOTIF.

Selain itu, setelan ketinggian pelampung (gbr,4) yang tidak tepat juga dapat menimbulkan hal yang sama. “Di samping bisa bikin tarikan di putaran menengah tersendat (kalau terlalu tinggi), juga bisa mengakibatkan knalpot nembak,” timpal Puguh Nuryanto, tunner bengkel racing Overtune di Cimanggis, Depok. Kejadian ini pernah ditemuinya pada Yamaha Scorpio Z.

Menurut Puguh, hal tersebut lantaran volume bensin dalam mangkuk kurang bisa memenuhi kebutuhan saat terisap. Nah, dengan menurunkan ketinggian pelampung pada karbu Scorpio sekitar 1-2 mm, kendala nembak bisa teratasi lantaran suplai bensin tercukupi. Namun bila semua langkah itu tidak membuahkan hasil, baru deh lakukan penggantian pilot jet

Umumnya, ukuran pilot jet (pj) dinaikkan 1 step. Langkah ini juga biasa diterapkan mekanik saat knalpot diganti pakai jenis free flow. “Sedang main jet tak perlu bila mesin masih standar. Kecuali bila hasil pembakaran di busi menunjukkan pasokan gas terlalu kering di atas (busi berwarna putih). Tandanya main jet minta dinaikkan,” terang Rere.

Tapi pada beberapa kasus, terutama di motor berkarburator vakum yang knalpotnya masih standar, “Bila knalpotnya nembak, pilot jet malah minta dikecilin 1 step. Itu gue temui di beberapa Suzuki Satria FU150,” aku Puguh. Sebab dari beberapa kali uji coba, kendala nembak pada ayam jago berlambang S tersebut langsung hilang kala ukuran pilot jet diturunkan 1 step.

Sumber : Otomotifnet.com


2 Comments so far
Leave a comment

Mas aq0 punya mslh ni. . .
Gug tw knapa m0t0r w l0w mberebet. . .tp nembk2 juga knalp0t’x?

Comment by Devil

saran saya coba check pengapian apakah sudah setelan bbm terlalu miskin atau bukan, setelah selesai baru setel air screwnya buat mendapatkan perbandingan yang pas. tapi ada kalanya kalau bukan bersifat pnp part tersebut bisa menimbulkan masalah seperti yang anda alami seperti sulitnya setting mesin. mungkin ada bro…yang bisa nambahin silakan lho…

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: