Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Berkendara Dengan Aman & Nyaman
June 10, 2009, 2:23 am
Filed under: Automotive

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini kendaraan bermotor yang sering kita jumpai di jalan raya adalah sepeda motor.

Kenyataannya sepeda motor memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan kendaraan lainnya antara lain sifatnya yang praktis digunakan dikala macet, biaya perawatan yang relatif kecil dan biaya kepemilikannya yang relatif rendah. Di samping kemudahan dan kepraktisannya, mengendarai sepeda motor ternyata menyimpan risiko yang tidak kecil. Tingkat kemudahan dan kepraktisan mengendarai sepeda motor secara tidak sadar menutupi risiko-risiko yang mampu ditimbulkannya terutama jika pengendara sepeda motor tidak menyadari dan tidak mau peduli akan pentingnya berkendara dengan aman.

Di bawah ini adalah beberapa tips berkendara sepeda motor dengan aman dan nyaman :

* Get In Gear
Lengkapi diri Anda dengan peralatan yang memadai seperti helm standar, pelindung mata, sarung tangan dan pelindung dada. Mungkin saat ini Anda mengabaikan perlengkapan di atas, namun alat di atas akan sangat membantu dalam melindungi organ-organ vital Anda ketika terjadi kecelakaan.

* Get Insured
Pastikan bahwa Anda telah memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Begitu pula sepeda motor Anda telah di-service secara teratur. Lebih baik jika Anda dan penumpang Anda telah memiliki asuransi yang dapat menjamin Anda berdua jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan.

* Ride Smartly

“Berkendara dengan cerdas” juga diperlukan oleh pengemudi sepeda motor. Hindarilah jalur-jalur dan jam-jam macet. Gunakanlah klakson jika benar-benar Anda perlukan dan hindarilah berpindah jalur secara tiba-tiba.

* Ride Defensively

Sebagian besar kecelakaan sepeda motor terjadi karena bersinggungan dengan mobil. Ingatlah bahwa pengendara mobil juga sama seperti Anda-sebagai pengguna jalan raya-oleh karena itu saling respek akan sangat membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Posisikan diri Anda di jalan agar dapat selalu termonitor oleh pengendara lainnya.

* Keep Your Distance

Menghentikan kendaraan dengan tiba-tiba akan mengejutkan pengendara di belakang Anda. Senantiasa jagalah jarak aman dengan pengendara di sekitar Anda, tidak hanya di depan, jagalah jarak kendaraan Anda dengan pengendara di samping kiri dan kanan Anda.

* Don’t Drink and Ride

Minuman yang mengandung alkohol dapat mengurangi tingkat kesadaran dan kewaspadaan Anda, sehingga hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol sebelum bepergian atau menyupir kendaraan. Beristirahat yang cukup sebelum bepergian juga akan membantu menjaga tingkat kewaspadaan Anda.

* In Heavy Traffic

1. Posisikan kendaraan Anda agar dapat termonitor dengan baik oleh pengemudi kendaraan lain. Begitu pula Anda harus dapat senantiasa memonitor posisi kendaraan lain di sekitar Anda.

2. Hindari keluar masuk jalur di dalam antrian kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan pengemudi di sekitar Anda menjadi bingung dengan jalur yang Anda ambil.

3. Double-check rambu lalu-lintas dan marka jalan saat Anda akan berpindah jalur. Biasanya di jalur-jalur padat seperti di lampu merah atau di depan gedung sekolah terdapat marka jalan yang membatasi/melarang Anda untuk berpindah jalur.

4. Bawalah selalu handphone yang dilengkapi dengan nomor-nomor darurat dan pulsa yang cukup sehingga Anda dapat menghubungi pihak-pihak terkait jika Anda mengalami gangguan kendaraan di jalan raya.

Sumber : http://auto.indiamart.com/


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: