Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Yuk Balancing Roda Motor
June 9, 2009, 9:38 am
Filed under: Automotive

Jika ingin putaran roda benar-benar rata dan imbang, harus dibalancing. Meski pada kenyataannya balancing di motor hanya memiliki 2 roda, tidak terlalu berpengaruh pada kestabilan kemudi. Namun kalau ditelusuri lebih dalam, ban motor nggak balance terbukti mempengaruhi kinerja komponen di seputar kaki-kaki.

“Kalau roda nggak balance, distribusi beban tidak rata di seluruh permukaan ban. Sehingga ketika ban berputar di kecepatan tinggi, beban terberat otomatis memaksa dan menarik beban teringan. Efeknya, motor bergetar dahsyat dimulai dari roda, sokbreker, setang hingga seluruh bodi,” jelas Hasyim Sonedi mekanik AHRS.

Jika balance roda diabaikan berlarut, kata Hasyim bukan cuma bikin badan pengendara pada ngilu atau pegal. Handling motor malah jadi kurang mantap dan komponen penunjang kerja roda sangat mungkin ikut rusak akibat tidak tahan getaran.

Nah, komponen paling rawan rusak dan cepat minta ganti adalah laher roda. Soale, peranti ini yang paling sering kena getar, selain dapat tekanan dari roda ketika motor melibas jalan rusak.

Tak hanya itu kata Hasyim lagi. Tapak atau kompon ban habisnya bisa tidak rata, sehingga memperparah kondisi komponen lain. Seperti kelurusan lingkar pelek dan kekencangan jari-jari.

“Dan jika ban tidak ikut dibalance, nggak setel pelek jari-jari atau CW hingga menyebabkan ban oleng, maka lama kelamaan kaki-kaki yang bakal kena serang. Entah itu sil sokbreker bocor, per lemah, pipa teleskopik atau segitiga sok bengkok,” lanjut pria asli Jogja ini.
Makanya balancing roda jangan sampai ketinggalan.

BALANCING RODA, NYOK..

Balancing pelek tidak serumit apa yang dibayangkan. Cuma mengandalkan timah pemberat yang bebannya sesuai kebutuhan, efeknya gasingan ban tidak saling tarik lantaran kontribusi beban di roda sudah rata alias balance.

Cuma mesti kelihatan gampang, triknya harus dimengerti agar tidak salah ketika praktik. Dimulai dengan memasang semua komponen roda. Mulai dari pelek, jari-jari, ban dalam-luar dan cakram jika memungkinkan.

Lalu, tempatkan roda pada alat pengukur keseimbangan. Tentunya dengan memanfaatkan as roda motor yang lebih dulu di tanam pada laher.

Setelah posisi pas, putar roda ¼ lingkaran sampai benar-benar berhenti. Trus, bagian paling atas diberi tanda. Dan proses balancing dimulai dengan memutar kembali roda tadi ¼ lingkaran. Kalau tanda kembali di posisi atas, artinya di bagian tanda tadi mesti ditambah timah pemberat. Lalu diputar kembali sampai tanda ada di tengah.

“Tapi kalau tanda yang juga dikasih pemberat justru berada di bawah. Itu artinya beban timah pemberat terlalu besar dan minta dikecilkan bebannya,” wanti Hasyim.

Sumber : Motorplus Online


5 Comments so far
Leave a comment

Klo ngukur keseimbangan stang motor gmana?

Comment by Hendra

secara awam bila dilihat dr belakang maka center roda belakang tepat berada di tengah setang. dan kalau dikendarai tidak ada rasa berat sebelah/membuang ke kanan maupun ke kiri. semoga membantu..

Comment by sekopati

bengkel balancing roda motor ninja250 dimana ya?
cari2 susahh

Comment by khazha

silakan dihubungi ahrs di depok gan….

Comment by sekopati

*hiks* 2x dulu pas baru bisa bawa motor gwa ngerasain betapa enaknya nyetir motor bener2 lurus krn balancingnya masih bagus….jd bisa nyelip di antara 2 barisan mobil.

sekarang balancingnya ngak seimbang jadi kalo nyetir di tempat sempit atau banyak kendaraannya jadi takut/was-was kalo2 ini motor keluar lajur dan nabrak/terperosok/terserempet….

dulu di antara banyak motor pelan, gwa ngak perlu nurunin 2 kaki krn motornya seimbang sekarang 2 kaki harus turun ketika motor jalan pelan….dasar nasib…..

oh, ya BTW motor gwa Honda Revo tahun 2008

Comment by Timman




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: