Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Phenom II X2 550 dan Athlon II X2 250 – Murah, Bertenaga
June 4, 2009, 1:43 am
Filed under: Computer

AMD memang mengerti kebutuhan pasar, khususnya kelas mainstream dekstop processor. Di masa resesi ekonomi saat ini, AMD memberikan solusi high-performance processor dengan harga terjangkau. AMD Phenom II X2 550 hadir dengan kisaran harga USD102 dan Athlon II X2 250 di kisaran harga USD87, menjadikan kedua prosesor ini pilihan yang menarik bagi Anda yang mengutamakan perhitungan price/ performance dalam memilih prosesor.
AMD Phenom II X2 550 – default 3GHz processing power

Masih ingat jaman arsitektur K8 dulu, dimana setiap orang berusaha meraih clock speed prosesornya melewati 3GHz melalui overclocking? Sadar akan tuntutan performa sistem yang tinggi, AMD menghadirkan Phenom II X2 550 dengan default clock 3-3.1GHz dan L3 cache sebesar 6MB. Memang clock speed hanya salah satu faktor yang menentukan performa sistem secara keseluruhan, namun juga menentukan processing power prosesor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap performa sistem dalam menjalankan aplikasi dan game. AMD Phenom II X2 550 menggunakan core Deneb, sama dengan core prosesor yang digunakan pada Phenom II X4 dan X3 namun dengan dua buah core disabled.

Prosesor dual-core AMD selalu mengalami peningkatan performa mulai dari awal arsitektur K8 digunakan pada socket AM2. Berdasarkan hasil benchmark, Prosesor AMD Phenom II X2 memiliki peningkatan performa sekitar 25% lebih cepat dibandingkan prosesor Athlon X2 AM2 pertama (Windsor). Peningkatan performa terlihat jelas saat AMD berevolusi dari arsitektur K8 menjadi K10.

Athlon series comeback

Tampaknya AMD tetap percaya akan branding codename Athlon dan memustuskan untuk digunakan kembali pada prosesor dual-core 45nm, Athlon II X2 250. Berbeda dengan Phenom II X2 550 yang menggunakan core Deneb, Athlon II X2 250 memakai core Regor dengan peningkatan total L2 cache menjadi 2MB namun tanpa L3 cache. Core Regor didesain secara khusus oleh AMD untuk mengurangi konsumsi daya dan panas pada prosesor dual-core AMD. Dengan TDP sebesar 65w , Athlon II X2 250 mampu menghasilkan performa yang tinggi dengan konsumsi daya rendah.

Kemampuan overclocking kedua prosesor ini terbilang baik. AMD Phenom II X2 550 mampu berjalan stabil di clock 3.8GHz (air cooling menggunakan Schyte Mugen) dengan tambahan vcore 0.15v (menjadi 1.475). AMD Athlon II X2 250 bahkan sanggup berjalan di 3.9GHz (air cooling menggunakan Schyte Mugen) dengan tambahan vcore 0.175v (menjadi 1.5v). Dengan sistem pendingin dan konfigurasi sistem yang lebih baik, kedua prosesor ini tentunya mampu berjalan dengan clock yang lebih tinggi.

Berdasarkan hasil benchmark, performa kedua prosesor AMD ini tampaknya masih berada dibawah prosesor desktop dual-core 45nm, Intel Wolfdale. Namun apabila faktor harga yang menjadi pertimbangan, AMD Phenom II X2 550 dan Athlon II X2 250 adalah pilihan yang menarik untuk memenuhi kebutuhan sistem desktop PC Anda.

sumber chip.co.id


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: