Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Deteksi Mesin Motor Rusak
June 4, 2009, 4:59 am
Filed under: Automotive

MENDETEKSI mesin sepeda motor yang mulai mengalami kerusakan, mudah saja. Khusus untuk sepeda motor 4 tak, bisa diketahui dari suara yang agak kasar juga disertai keluarnya asap dari knalpot. Mesin motor yang masih prima, biasanya tidak boleh mengeluarkan asap dari knalpot.

Bila asapnya hitam, itu pertanda setelan karburator terlalu “kaya” bahan bakar. Lain lagi bila asapnya putih campur biru, itu pertanda kinerja mesin bermasalah.

Bila itu terjadi, biasanya disebabkan seher atau ring sehernya mulai mengendur atau rusak. Bisa pula dari seal klepnya yang sudah usang.

Bila seal klep rusaknya, itu termasuk kerusakan ringan. Solusinya cukup ganti dengan komponen baru. Lain lagi kalau seher atau ring sehernya yang rusak, tidak ada jalan lain harus turun mesin.

Sebelum mengganti komponen yang rusak, sebaiknya lihat dahulu kondisi blok seher/boring-nya. Bila pada bagian tersebut sudah terkena goresan, sebaiknya dilakukan overseis dengan mengacu kepada ukuran seher dan ring seher yang baru.

Mengenai rusaknya seher dan ring seher, salah satu penyebabnya karena kurang terawatnya pemeliharaan seperti terlambatnya penggantian oli. Juga cara pemakaian yang tidak mengacu pada rekomendasi pabrik, seperti memperlakukan mesin pada rpm tinggi di luar batas kemampuannya.

Sumber : Forum Detik.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: