Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Double Kiprok Buat CS1
May 27, 2009, 7:35 am
Filed under: Automotive

Pada motor bersistem pengapian DC, aki berperan penting dalam membagi arus listrik ke CDI (juga ke perangkat kelistrikan lain, seperti lampu). Nah buat menunjang kerjanya, penyimpan arus dari sepul ini dibantu kiprok. “Jadi fungsi kiprok itu sendiri, penyearah arus listrik yang datang dari sepul ke aki,” kata Kiki Goestiawan, mekanik Joery Motor Sport di Kebon Jeruk, Jakbar.

Karena dibagi-bagi, membuat arus listrik dari aki yang harusnya masuk ke pengapian terkadang jadi kurang stabil. Akibatnya tentu pulsa listrik yang dikirim dari CDI ke koil terus lanjut ke busi jadi sedikit menurun. “Di kalangan pembesut Yamaha Scorpio, penurunan tersebut dicarikan solusi dengan menggabungkan 2 buah kiprok secara pararel,” lanjut pria ramah ini. “Hasil penggabungan itu diakui berefek pada kinerja mesin, jadi lebih bertenaga!”

Ah yang bener? Ketimbang penasaran, kita coba buktikan yuk… Alat peraganya Honda CS-1 yang juga pakai sistem pengapian DC. Metode pembuktiannya dengan cara membandingkan performa CS-1 yang hanya memakai kiprok tunggal dengan yang sudah dual kiprok. Alat ukurnya pakai Racelogic tipe performance box, dengan joki Mr. Testo berbobot 60 kg.

Dari masing-masing 3 kali run didapat data, saat pakai single kiprok, CS-1 mencatatkan angka 5,59 dtk buat berakselerasi 0-60 km/jam dan saat pakai dual kiprok, catatannya 5,3 dtk (baca tabel). Sementara saat jarak tempuh dipakai sebagai tolak ukur (0-100 m), dengan single kiprok mampu menembus 7,54 dtk (double kiprok 8,2 dtk).

Kesimpulan
Dengan menggunakan dual kiprok, maka pengisian listrik ke aki jadi lebih cepat. Secara otomatis itu akan berpengaruh konstannya pulsa api yang diletikkan busi. Nah akibatnya pengapian bisa lebih sempurna. Namun hal tersebut hanya berlaku pada saat mesin berakselerasi di putaran bawah. Pada saat mesin CS-1 standar pabrik berakselerasi di putaran atas, pengaruh dual kiproknya jadi kurang berasa.

Data Tes Racelogic
Single Kiprok Dobel kiprok
0–60 km/jam 05,59 dtk 05,3 dtk
0–80 km/jam 08,48 dtk 09,2 dtk
0–100 m 07,54 dtk 08,2 dtk
0–201 m 12,28 dtk 12,4 dtk

Penulis : Okta (OTOMOTIF)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: