Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Serba-Serbi Upgrade Performa Suzuki Skywave
October 6, 2010, 1:35 am
Filed under: Automotive | Tags: , , ,

Dari beberapa surat elektronik yang kami terima, banyak pemilik skutik Suzuki yang curhat soal masalah yang dihadapi hingga berkeinginan meningkatkan performa motornya. Paling sering yakni Skywave 125. Nah, di sini kita kupas tuntas part-part apa saja yang bisa diaplikasi.

Oh iya, sebagian besar komponen pendongkrak performa ini sudah pernah diuji langsung lo, oleh komunitas Skywave yang tergabung dalam Skywave Owner Club (SOC) Jakarta. Berikut penurutan Kurniadi Susilo, salah satu anggota SOC.

Roller

“Pada bagian CVT, yang umumnya paling sering diutak-utik pemilik Skywave adalah menukar roller,” tutur Gokur, sapaan akrab Kurniadi. Di pasaran ada beberapa produk bisa diaplikasi. Tapi sebelum mengganti, Gokur menyarankan untuk memahami dulu efek yang nanti akan ditimbulkan setelah mengaplikasinya. Begini.

Penggunaan roller lebih ringan dari standarnya (15 gr) memang bisa membuat akselerasi jadi lebih enteng. Tapi dampaknya top speed bakal menurun. “Sebaliknya roller yang lebih berat bisa membuat top speed bertambah, namun akselerasi motor jadi lambat atau berat. Sebaiknya bila menggunakan roller berat, mesin sudah ditingkatkan dulu performanya. Misalnya dibore-up atau stroke-up,” terangnya.

Produk roller untuk Skywave yang ada di pasaran antara lain LHK mulai ukuran 6 – 15 gram. Per buahnya Rp 15 ribu, sedang 1 set (6 piece) Rp 90 ribu. Lalu ada pula bikinan TDR mulai 10 – 18 gram yang dijual per satuan Rp 20 ribuan. Sementara produk KTC yang tersedia mulai 8 – 18 gram dijual per setnya Rp 75 ribu.

Per Cvt

Biasanya penggantian roller kerap dibarengi dengan menukar per CVT pakai yang lebih keras. Tujuannya untuk mendapatkan efek bukaan movable driven face yang tidak terlalu cepat. Sehingga akselerasi di putaran bawah hingga tengah bisa lebih cepat dari standar.

Untuk part ini, Skywavemania bisa mengandalkan punya Honda Vario. Selain tingkat kekerasannya lebih tinggi dari bawaan Skywave, harganya juga tergolong murmer, yaitu hanya Rp 15 ribu.

“Bisa juga para produk aftermarket kayak Kawahara dengan spek 1.500 rpm atau 2.000 rpm. Atau KTC yang terdiri dari 1.000 rpm (kuning), 1.500 rpm (biru) dan 2.000 rpm (merah),” imbuh Gokur.

Big Pulley

Bila ingin berlanjut mengaplikasi big pulley, produk yang bisa ditemui di pasaran untuk Skywave antara lain TDR dan KTC. Banderol masing-masing sekitar Rp 400 ribu (TDR) dan Rp 350 ribu (KTC). Sasaran pamakaian peranti ini guna menciptakan variabel bukaan puli yang lebih banyak dan minim slip pada belt.

“Berdasarkan pengalaman saya yang sudah mencoba dua produk ini, paling sip buat ningkatin akselerasi dan top speed yakni bikinan TDR. Kualitasnya lumayan bagus. Tidak bikin roller cepat tergerus,” tukas Gokur.

Belt

Gokur menyarankan sebaiknya tetap pakai produk genuine SGP dengan nomor part 27601B-46G10N-000. Pilihan aftermarket-nya sih ada seperti Daytona, TDR, Bando dan Mitsuboshi, “Tapi paling awet belt aslinya,’ bilang Kurniadi.
Kemudian untuk kopling sentrifugal, ia dan rekan-rekan sempat melakukan riset pakai sentrifugal milik Kymco. Hasil cukup ampuh dan mampu mengurangi efek selip yang dapat menimbulkan vibrasi.

Gigi Reduksi

Peranti penerus daya ke roda setelah CVT ini juga kerap jadi incaran penggantian. Soalnya gigi reduksi (GR) ibarat sproket di motor bergigi. Untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan, bisa memainkan perbandingannya.

Nah untuk Skywave, rasio GR mengusung perbandingan 14/53 (3,7857). Sementara Spin mengusung perbadingan 13/45 (3,4615). Bila ingin diperberat guna mengejar top speed yang lebih tinggi, bisa aplikasi perbandingan yang lebih berat.

Misal pakai 14/41, 14/42, 14/43 atau 14/45. “Namun penggatian final gear yang lebih berat biasanya dilakukan setelah performa mesin ditingkatkan.

Kebanyakan pada motor bore-up, agar akselerasi di putaran bawah hingga atas bisa tetap cepat. Produk yang bisa diaplikasi antara lain merek Shinsuken yang bisa dicari di toko Shinshuken di Kebeon Jeruk 9. Banderolnya satu set sekitar Rp 650 ribu.

sumber : Otomotifnet.com

About these ads

11 Comments so far
Leave a comment

info nya bagus u bahan pertimbangan ……thx

Comment by setiyo

gan, jadi untuk cari akselerasi buat skywave, part/merk/tipe apa aja yang perlu di ganti ?? thanks sebelumnya..

Comment by okky okta

kalau akselerasi yg dikejar biasanya ganti per cvt dan pulley. apalagi cc skywave sudah besar ya…125cc. jika kurang puas bisa bore up ke 140~150cc

Comment by sekopati

biasanya per cvt dan kombinasi roller yang harus diganti.

Comment by sekopati

gmn y biar top speed skywave gw mningkat,pdahal gw udh ganti roler 9kg/10kg(LHK) sm per cvt 1500 rpm(NHK)…tp cuma acselerasi aj yg bgus…tp gw pngen acselerasi sm top speed yg bgus???

Comment by rendy alves

coba masbro…susunan rollernya di selang seling antara yg berat dan yg ringan. jika ingin top speed meningkat tanpa mengorbankan akselerasi harus bore up mas…dengan tambah power otomatis top speed meningkat juga

Comment by sekopati

Kalo skywave pake roller 13gr + per cvt 1500rpm apa akselerasinya sudah bisa nambah?
apa saja efeknya memakai kedua part diatas? mohon sarannya dong. Thx

Comment by rizal

pemakaian roller tergantung dari tujuan pergantian part tersebut, apakah mengejar akselerasi atau top speed. kalau gak salah semakin ringan akselerasinya menjadi lebih cepat. bisa juga dikombinasi selang seling. sedangkan penggantian per cvt secara otomatis meningkatkan akselerasi mungkin juga di putaran tinggi bisa meningkatkan top speed sedikit.

Comment by sekopati

Skywave nr 2008 saya cuma ganti bigpulley kitaco.. Per ktc 1500 rpm,busi iridium top speed tembus 120kpj.gas masih jauh ..roler standard semuanya standar. Utak atik karbu dikit jadi ganas deh skywave saya dan bensin super irit .jadi gak usah ganti macem2
Semoga bermanfaat

Comment by Moca nr2008

terima kasih masbro sudah mau berbagi ilmu

Comment by sekopati

terima kasih atas sharingnya masbro

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: