Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Serba-Serbi Bore Up Honda CS1
November 13, 2009, 7:15 am
Filed under: Automotive | Tags: , ,

Aduh, lama gk nge-blog, jadi agak kaku neh nulis nya__ udah lah kita mulai ajah.
Sesuai temanya, CS1 150cc..

Walaupun udah berkali-kali ngebangun CS1 150cc, tapi belum pernah sekali pun aku tulis di blog ini.

Aku tulis kisah yg terakhir ajah yah..

Awalnya, ada temen minta CS1 dibikin kencang… Aku saranin untuk tahap awal kita maen standar dulu ajah… Setelah itu baru tahap 1__ hehhee

Untuk tahap awal )
Motor langsung masuk garasi HKU Racing.. Lepas cover body depan, buang olie mesin, buang air radiator.. Wus was wus__ lepaslah sudah baju baju tuh cesi_

Langsung buka silinder head, lepasin piston… Kita mulai bersihkan piston sampe bersih seperti baru__ hehheeee rajin amat yah..

Lalu buka kedua klep, bersihkan area neck, daun serta cek kebocoran klep… Biar mantaf kita skir klep biar yakin kompresi tidak bocor…

Udah selesai, skir klep… Sekarang nyari part racing per klep… Nelpon sana sini.. Barang kosong__ ada pula merek thailand… Aduh gk deh… Trauma pernah hancur tuh per klep berkeping keping__

Alhasil, tetap pake per klep standar, cuma di ganjal ring tembaga 1mm biar gk floating_ rpm floating bisa naek lebih tinggi… Lagian CDI kan masih limiter…

Tak lupa, silinder head kena papas 0,5mm…

Setelah di itung itung…. Dari V silinder awal 124,7cc dengan rasio kompresi standar 10,7:1_ cling _____
ketemu Vruang bakar 12,855 cc

Nah setelah di papas head 0,5mm
Di itung ulang V ruang bakar ketemu 11,535cc__ nah berdasarkan ilmu nujum saya__ :) perbandingan kompresi ketemu 11,81 : 1.. Yah lumayan lah buat kejar lawan… Hhehhe motor apa yah yg nikmat di salip..

Lanjuutt_ pasang silinder, piston, head___ sip … Cling udah terpasang___
Sengaja port in-ex gk di porting n polish.. Krna ingin memaksimalkan tenaga lewat rasio kompresi dulu… Masih belum bermain gas speed dan debit BBM…

Pasang pasang pasang___

Setel klep, klep in di setel 0,05mm dan ex 0,20mm
(Setelan spesial neh, boleh di contek)

Isi air radiator dengan AHM coolant, air radiator resmi Honda, karena ada anti karat dan anti beku…

Sip, selesai dah bagian atas_

Ups, tiba tiba si pemilik pengen ganti karbu– hmmmm

Udah sikat ajah karbu Keihin PE28mm milik nsr SP.
Tak lupa kita baca mantra__ bim salabim… Ketemu spuyer 38 slowjet dan 120mainjet.

Sip..

Sekarang garap bagian kanan__
Sistem transfer tenaga perlu di perbaiki…

Tek tek tek__ kita buka kalter kanan_ lepas kampas kopling beserta per nya__

Ganti deh dengan kampas kopling racing, yah bukan kevlar sih tapi lumayan lah.. Pake TDR ajah_
Dikombinasikan per kopling HKU Racing_ siap deh__ pasang pasang__

Kanan beressss_

Sekarang isi olie mesin, pake produk arab biar afdol… Sae 20w50 dengan api service SL semi sintetic.

Udah siap, yukk nyalain mesin…
Bremmm bremmm___ emang knalpot di bedel tah??

Knalpot masih std koq… Seting karbu, ketemu deh… Putaran air screw sebanyak 1,5..

Coba di jalan… Wushh__ nikmat kata si pemilik, ginian ajah udah bikin panas motor laen, apalgi kalo dimodif lanjut… Bisa menggigil.

Nah, setelah bosen tahap awal… Sekarang lanjut tahap 1.

Si empunya motor minta ganti CDI pake Rextor programmable kayak CS1 ane yg dulu__ tapi ane tahan.. Mending maen mesin dulu.. Ntar kalo dah bosen baru maen listrik__ oke anak anak____

Langsung ajah, cesi kembali ke markas HKU Racing Surabaya___

Kali ini langsung STROKE UP__

Untung kita udah punya stok kruk as yg udah naek stroke… Pen big end di geser 5,5mm, total stroke 47,2 + 11mm = 58,2mm… Connecting rod pake punya 2tak__ hasil terawang ki joko racing,
Sesaat itu juga mesin diturunkan, siapkan special tools, langsung ganti kruk as atao crankshaft..
Yup… Alhasil mesin tengah utuh kembali, pasang kopling house beserta primary gear… Kalter kanan plek langsung jadi__
Pasang magnet, ngekkk__ kencang deh baut nya.

Mesin naik lagi ke rangka, pasang baut body 3 biji… Ngekkk…. Selesai 50%…

Sekarang saat nya setting top piston…

Posisi top piston sengaja gk di naikin lebih, cukup diposisikan sedikit lebih rendah dari awalnya, yaitu piston turun dari bibir silinder 1mm. Ini ajah dah besar koq rasio kompresinya.

Setelah setting top, ketemu ukuran paking tambahan di silinder bawah setebal 20mm. Langsung meluncur ke tukang pesen paking CS1 setebal 20mm,
Dan juga silinder diboring ulang, dibuat lebih panjang….

Itung2 rantai mesin, ketemu rantai mesin alias kamprat tiger yg cocok dgn design tahap 1 ini…

Menunggu paking jadi 2hari, iseng iseng si supri di idupin, setelah setting terakhir yg memutuskan setang seher nya___ yah daripada nganggur_

_________
Akhirnya paking jadi… Langsung pasang, plek plek plekkk___
Isi air radiator___ grennnggg___

daraaaaa___ cling.. CS1 150cc di depan mata..

Knalpot kena jarah tukang las biar lebih plong__ kan CC dah gede, saluran buang kudu gede juga kan…

Setelah di itung, Vruang bakar nya.. Yaitu 12,5cc
Vsilinder baru yaitu 0,785 x 5,8 x 5,8 x 5,82= 153,69cc

Trus rasio kompresi ketemu (153,69+12,5) / 12,5 = 13,3 : 1___ hmmm
Lumayan yah rasio nya..

_______
Alhasil, langsung dipake turing bromo__ lumayan katanya, bisa ngasepin si Vixi jauuuhhhh, malah nekat ngejar si ninji 150….
Padahal setting spuyer blum maximal, keburu dibawa si empunya… Gk tahan dia pengen nyobain…

Top dah…. Padahal cuma naek stroke aje… Next plan_ pasang cam custom by HKU Racing, porting… Ato malah pasang Silinder block and head CBR150cc___ kayak si ketan ireng gue….

Salam, HKU Racing Surabaya

Liat judul nya ajah dah menakutkan… CS1 180cc,??? Standar 125cc koq bengkak jadi 175,6cc tepatnya…

Huahahaaaahaa, nikmat…

Ini adalah paket lanjut dari CS1 150cc…

Bore up and stroke up___

Bore up pake piston suzuki satria fu diameter 62mm dan stroke 58,2mm..

Sedangkan standar CS1 yang hanya berdiameter 58mm dan stroke 47,2mm

Woowww… Mantap….

Pengerjaan tak ada masalah di bengkel hku-racing… dipasang pula klep Honda Tiger berdiameter 31in dan 27 ex…

Porting ulang in-ex, akhirnya ketemu kombinasi spuyer 45 slowjet dan 130 mainjet. Hmmmm___

Mau pasang CDI rextor adjustable… Ups… Tahan dulu…

Nikmati saja dahulu CS1 180cc street performance by hku racing…

Hello bloggers,,, met you again…
Kali ini “hku racing” yg jg anggota COST mau share mengenai motor Honda CS1 yang sukses di bore up 150cc..

Yup.. Kita mulai saja…

Sebenarnya yang dilakukan cukup mudah dan simpel…

Saya mulai dengan mengganti piston standar CS1 yg berukuran 58mm diganti dengan piston honda Tiger yang berukuran 63,5mm.

Kalo dihitung, V = phi / 4 x (6,35)kuadrat x (4,72).
Maka ketemu Volume yang baru adalah 149,4cc

Wow… Mirip suzuki satria… Hahahhhaaa

Askruk masih standar, juga connecting rod masih standar… Perubahan ada saat mengawinkan conrod standar yg memiliki pen piston diameter 13mm dengan pen piston tiger yg berlingkar 15mm..

Alhasil, system shock pen piston dilakukan… Bahan menggunakan standar pen piston tiger, kemudian di shock dengan pen piston cs1 13mm.

Sippp… Hasilnya memuaskan.. Oke lanjut..

Silinder block dilakukan penggantian boring, menggunakan boring Honda Tiger dengan spesial design by HKU Racing… Dibenamkan piston Tiger dengan suksesnya…

Crankcase tengah tidak mengalami perubahan, karena diameter tengah sudah besar…

Namun ada yg harus diwaspadai… Ketinggian piston Tiger lebih tinggi 6mm dibanding piston CS1..

Lalu,,,,,, bisa saja sih silinder block di tambah packing aluminium 6mm. Tapi saya ingin packing setipis mungkin agar rantai mesin tidak perlu disambung… Sehingga masih memakai rantai mesin standarnya….

Alhasil, piston di redesign kemudian paking menggunakan aluminium 1mm saja.

Setelah set TOP piston selesai, saatnya beralih ke silinder head… Kubah dan squish area tidak dirubah… Kan piston nya di redesign….

Packing head pesan khusus dengan tebal 1mm, agar tidak terjadi kebocoran air radiator…

Karena motor sudah datang dengan CDI racing yg terpasang, maka sektor pegas katub harus dibenahi… Pegas katub diganjal ring tembaga 1mm, agar frekuensi floating pegas sedikit beranjak naek… Alhasil gejala klep bersenggolan dengan piston tak terjadi….

Porting in – ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune… (Virgin euy)

Lanjut ke karburator.. Dipakai karbu keihin SP28mm milik NSR, dengan spuyer slowjet 45 dan mainjet 130. Putaran air screw 1,5putaran keluar.

Filter di lepas, biar sedotan udara tidak terhambat dan lari motor bisa cepaaattt….

Mesin dah oke… Tenaga melonjak… Sekarang beralih ke system transfer tenaga yaitu kopling…

Kanvas kopling langsung kita ganti dengan merek BRT, yah lumayan harga murah, kualitas baik. Heheheee

Tak lupa pegas kopling jg diganti merek hkuracing…. Kombinasi yg tepat…

Pelumas menggunakan enoc api service SL dengan viscositas 20w50…

Setelah dicoba, rasanya nya nikmat… Tapi sayang,,, gear belakang terlalu pendek track nya… Akhirnya diganti dengan gear mata 40…(Standar 42)…

Woowww,,, tenaga oke akselerasi mantafff….

CS1 150cc by hku racing surabaya

sumber: cs1team.blogspot.com

About these ads

23 Comments so far
Leave a comment

Berapa biaya cs1 yg 150cc dan yg 180cc

Comment by scnk

estimasi bore up 150cc 3500k~5000k dan 180cc estimasi 7000k~9000k (versi hku racing) sidoarjo.

Comment by sekopati

saya tertarik dgn artikel bore up CS1 150cc dan 180cc.alamat HKU racing itu dmn ya tepatnya?dan apa menerima untuk luar kota seperti saya?

Comment by Ivan

lokasi anda dimana bro ? coba posting di website http://www.racingtechnology.wordpress.com. maaf ya alamatnya saya lupa. Bisa juga tanya di http://www.hondacs1.com

Comment by sekopati

mantap

Comment by pajarmaning

Bore-up segitu minum pertamax seliter berapa km bos?
Sekedar penasaran

Comment by Adi

estimasi 1liter dapat 36km bro….

Comment by sekopati

mesin bore up gitu diubah ke injeksi mantep x ya? bisa ga rubah dari karburasi ke injeksi, lumayan kan tenaga ada irit dapet, yaa biarpun ga irit2 banget! hehehhe….

Comment by Adi

bisa saja sih tapi jatuhnya mahal.

Comment by sekopati

bro tempat bli bore up kits cs 1 dmn ea?

Comment by randy

coba di cek di artikel serba-serbi honda cs1 part 2 di situ ada kumpulan bengkel yg siap membantu. pada dasarnya tinggal beli cylinder head honda cs1 dan terus dibubut disesuaikan dengan ukuran piston yg digunakan.

Comment by sekopati

harga karbu keihin28 itu brp sih ?

Comment by Bayu Setiawan

550~650 ribu

Comment by sekopati

karbu keihin 28mm ori harga brapa + posisi dimana , apa bisa dikirim ke luar kota….

Comment by bayu

coba cek ke kaskus cari yg bernama anakbabe dia biasa jual pe 28 ex nsr astra bro…

Comment by sekopati

pen strokenya pake punya apa y??? untuk pasang pen nya pa msh d modif..

Comment by afi33k

kalau mau mudah dan aman lebih baik pakai piston sonic mas. dari diameter std 58 sampai ukuran 65mm. biasanya sudah termasuk pen strokenya tinggal korter di tukang bubut.

Comment by sekopati

bos, nanti misalkan ane mo bore-up 150cc aja CS1, kmane ane bisa ngubungin?

Comment by Budi

lokasi di mana gan

Comment by sekopati

bos, i2 boreup 150cc wat harian bisa ga? wat stop n go, biasalah jakarta macetnya kaya gimana, panas lagi!
btw, klo mesin da diboreup kya gitu, nanti ga bisa distandarin lagi ya bos? (misal pengin jual)?
klo engine swap aja bos ma mesin cbr 150 bisa? jadi mesin standar disimpen aja.

Comment by adi

bisa saja tinggal ganti blok baru dengan modal 350ribu sudah bisa dipakai. kalau engine swap ya pasti bisa.

Comment by sekopati

bos kalo per klep gk d ganjal ring tembaga gmna??

Comment by vendy triatna

gak masalah mas bro. hanya saja mengurangi kekenyalannya. efek jangka panjang mungkin rumahnya yang aus.

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: