Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Kisaran Harga Busi Racing
July 3, 2009, 1:09 am
Filed under: Automotive | Tags:

Maraknya event balap motor di Indonesia, ikut membawa angin segar produsen busi. Ya! Peranti pemantik api di ruang bakar ini, mengalami peningkatan penjualan. Apalagi tipe busi racing dan tipe busi di atas busi standar.

“Selama ini sih memang begitu. Terlebih untuk tipe busi iridium dan platinum. Kedua tipe busi ini lumayan banyak dicari,” ujar Sugeng, dari Cineng Motor di Jl. HOS Cokroaminoto, No. 8C, Kreo, Ciledug, Tangerang.

Malah menurut Sugeng, konsumen yang beli juga belum tentu dipakai untuk di motor balap. Tapi bisa juga dipakai harian. Tentu dengan harapan, pengapian di motor bisa mengail performa lebih bagus lagi.

Padahal kalau bicara harga, khususnya untuk tipe busi iridium, punya harga jual yang enggak murah. Ya, busi ini dipasaran dijual dengan banderol sekitar Rp 85 ribuan. Begitunya tetap banyak diminati.

Menurutnya lagi, dari banyaknya tipe busi dan motor, ada empat varian busi yang lebih cepat laku dijual. “Yaitu, untuk Honda CBR 150, Kawasaki Ninja 250R, Suzuki Satria F-150 dan skubek,” timpal pria ramah itu.

Naiknya penjualan kedua tipe busi itu juga dapat tanggapan dari Peter Dionisius. “Memang betul. Iridium dan platinum cukup diminati. Mungkin karena imagenya yang kerap dipakai untuk di motor balap dan punya pengapian yang lebih fokus,” ujar pria yang jabat sebagai Product Development & Promotion, PT. Autochem Industry, distributor busi merek Autolite dari Amerika Serikat.

Sip!

TABEL HARGA

NGK Platinum : Rp 22.500
NGK Iridium : Rp 85.000
G-Power : Rp 85.000
Denso Iridium : Rp 85.000
Splitfire : Rp 30.000
Magnum : Rp 21.000
Autolite Iridium
Autolite Dobel : Rp 85.000
platinum : Rp 50.000
Autolite Racing : RP 50.000
TDR Ballistic : Rp 25.000

Sumber : Motorplus Online

Rata-rata harga busi iridium baik merk Denso maupun NGK adalah Rp 90 ribuan. Untuk Platinum rata-rata Rp 25 ribuan

About these ads

101 Comments so far
Leave a comment

mungkin bisa membantu temen2 semua gali informasi soal busi iridium

Review Busi Denso Iridium

Comment by jopir

lam knal.mau txk,lok untk vega zr,baikx pke platinum ato iridium? trmaksh sblmx

Comment by anton

salam kenal juga. dua2 nya bagus kok, hanya saja untuk iridium lebih bagus namun harganya 2x lipat dibanding platinum.

Comment by sekopati

Bro mau txk ni.q dah pke ngk platinum,mtor zr.tuk tarikan memang rdsponsif.tp knpa tuk top speedx g da tnaga sma skali? Pa oli mesin jg ngaruh.q pkai enduro racing.mhon pencerahanx.trima ksh

Comment by Anton

untuk top speed memang banyak item part yg mempengaruhinya dan salah satunya adalah olie. untuk enduro racing dari pengalaman pernah pake emang lebih rendah dibanding olie merek m**** apalagi yg ester.

Comment by sekopati

Busi yg bagus buat satria fu yg ap?iridium/platinum?

Comment by arka

jelas iridium dong buat semua motor

Comment by 12volt

kalo busi motor saya sering warna hitam kering seperti gosong..
motor saya suzi arashi,, kalau motor dibawa jarak jauh mesin ngelitik padahal bensin menggunakan pertamax..
apakah dengan menggunakan busi iridium ngelitik akan hilang jika dipergunakan jarak jauh ?
mohon pencerahan

Comment by ratnonawidda

kalau hitam berarti campuran bbm terlalu kaya masbro…coba setting ulang setelan anginnya. jika motor dibawa jarak jauh dan ngelitik coba stel klepnya agak lebih renggang agar pada saat memuai tidak mentok dengan lubangnya. ohya check perbandingan kompresi motor anda jika dibawah 9,5:1 lebih baik pakai premium. pemakaian busi iridium bisa membantu pengapian agar lebih sempurna.

Comment by sekopati

lam kenal.aku pengin tanya, pake busi iridium itu ngaruhnya apa aja ya buat motorku..?
(motorku Yamaha Jupiter Z)

Comment by Saka Sp

akselerasi lebih narik dikit paling2 5%, tidak perlu setel gap setelah 5000km dan tambah irit walaupun tidak signifikan.

Comment by sekopati

kalau untuk supra X 125, busi splitfire pakai tipe yang mana?? soalnya diwebsite splitfire ga ada penjelasan..

oya, kalau untuk supra X 125 R boleh ngga kalau aku isi pake pertamax terus? (bukan pertamax plus).. thank you..^^

Comment by adit

lebih baik pakai denso atau ngk bro…karena orang amrik sendiri tidak suka dengan busi tersebut. boleh saja bro bahkan lebih bagus. tapi biasanya knalpot jadi cepat gosong/menguning karena lebih panas. saran saya sih 50:50 dengan premium.

Comment by sekopati

oh begitu yah.. ok..
tapi kalau menurut agan supaya tarikannya kenceng dan halus pakai busi denso/ngk tipe yang mana? karena ane di kasih dari dealernya denso yang U20EPR-9 kurang enak dibawa lari dan berakselerasi…

Comment by adit

denso iridium = iu20 dan kalau ngk series kalau gak salah cr7eix

Comment by sekopati

malem masbro.. terima kasih atas jawaban saya ttg busi.. nah sekarang aku ada sedikit problem..

supra 125 R ku kalau mesin dingin bunyi mesin halus tanpa ada bunyi tik..tik..tik halus,, tapiii kalau udah diajak jalan diatas 5KM, suara mesinnya masih halus namun kluar bunyi tik..tik..tik seperti suara jangkrik mengerik dibagian mesin.. itu kenapa ya?? mengingat suhu surabaya minimal 30 drjt dalem ruangan, sedangkan kalau diluar ruang 38drjt-an..

oya bensin saya sudah pakai pertamax full.. kalau misal mesin kompresi tinggi dikasih premium efeknya apa? dan kalau sebaliknya mesin kompresi rendah-sedang dikasih pertamax efeknya apa?? moga masbro bisa membantu saya.. :)

Comment by aditya

sampeyan arek suroboyo tah…..dugaan saya kalau anda pakai pertamax, dan bunyi tik2 mungkin disebabkan setelan klep yg terlalu rapat sehingga pada saat anda menggunakan pertamax suhu yg dihasilkan lebih tinggi. akibatnya klep memuai melebihi yg seharusnya jika menggunakan premium. Jadi minta mekanik untuk merenggangkan klep sedikit saja biar tidak membentur dindingnya. kalau kompresi rendah dan menggunakan pertamax bagi saya adalah hal yg mubazir selain itu pengapian bisa jadi tidak sempurna. karena pertamax lebih susah terbakar dibandingkan premium. tapi jika pengapian sudah diupgrade akan didapat manfaat yg lebih besar. Manfaat itu seperti power dan akselerasi yg lebih baik, ruang mesin yg lebih bersih dan ujung-ujungnya biaya penggantian mesin lebih rendah.

Comment by sekopati

slam knal ja…oya gan klo mtor CB 100 klo tarikanya pgen lbih pool pke denso iridium/NGK platinum…

mhon pnjelasanya..thanks

Comment by dani

fungsi busi adalah untuk pembakaran mesin. Jadi jika api busi lebih besar harapannya pembakaran lebih sempurna sehingga menghasilkan momen puntir yg lebih besar pula. momen puntir tersebut yang mempengaruhi akselerasi motor.

Comment by sekopati

klo motor mio soul bgus iridium or platinum
merk TDR or NGK

Comment by oka

bagusnya iridium lebih baik merk ngk atau denso bro…hanya saja harga iridium lebih mahal dibanding platinum

Comment by sekopati

Mas sekopati aku mau na.y neh,,motorku yamaha xeon,,klw diganti dgn busi TDR balistic sedangkan kondisi.y std full apakah tdk apa2 buat harian ??’n apkah power/akselerasi.y nambah ???mhon pencerahan.y

Comment by Farid,xeoners

seharusnya gak masalah asal dapat yg sesuai speknya. Tapi saran saya akan lebih baik jika pakai merk ngk atau denso.

Comment by sekopati

Sorry yah klw banyak na.y. . . . . . . . .seputar bore up neh…….klw xeon dibore up pke’ piston vixi sedangkan kondisi.y full std dan dipakai harian apakah ada dampak negatif.y. . . ???mhn penjelasan

Comment by Farid,xeoners

untuk pemakaian std jangan pakai piston terlalu besar karena linernya akan sangat tipis sehingga ditakutkan over heat (kepanasan) meskipun ada radiator. jadi usahakan tebal linernya kira2 3~4mm. jika pakai piston vixi kira2 o/s 460 pasti linernya sangat tipis. saran saya sih gunakan piston o/s 200 atau diameter 54.4mm atau 55mm. dengan piston ukuran 55mm kapasitas akan naik : 137.5 cc. atau setara nouvo 135cc.

Comment by sekopati

Salam kenal Mas,saya pengguna Xeon baru November kemarin, saya mo tanya kalo Xeon pake busi iridium denso itu type..IU22 ato IU24?, secara Xeonku sudah pake 9power + broquet B1,bensin oktan 92

Comment by Tomy

setahu saya busi xeon : ngk cr7e atau setara u22 kalau denso dan yg denso iridiumnya iu22. jika pakai yg ngk bisa pilih cr7eix. busi itu untuk harian. jika untuk balap bisa dinaikan menjadi iu24 atau cr8eix.

Comment by sekopati

salam kenal mas. Pengen nanya nih, kalo buat nambahin top speed jupiter z bagusnya pake busi apa ya? Makasih.

Comment by ardi

coba busi ngk platinum bro…harga lebih murah dibanding iridium

Comment by sekopati

mas mau nax nih motor saya beat blm bore up sih cman dah gnti blog, ma CDI,KOIL, trus busi xg co2k untk mtr sya 2 merek apa.. iridium tau busi tdr balistick.. mhon djwb…

Comment by beat mania

bagusan iridium bro…

Comment by sekopati

Mas mtor q spra X 125D…utk mnmbh speed bgusny pkek busi ap??

Comment by Bajra

busi sih gak nambah top speed mas bro. untuk menambah speed silakan power ditingkatkan dengan jalan upgrade pengapian bahkan boleh bore up. setelah itu mata gear belakang diturunkan 1 sampai 2 mata atau bisa juga gir depan dinaikin 1 mata.

Comment by sekopati

supra x 125 (th 2005) saya kalo pas servis nya “mantap” (saya selalu servis di AHAS), top speednya bisa sampe 125 km/jam. Kemarin baru aja servis, dan aku coba, sepertinya mentok di 125 km/jam. Menurut montir AHAS, busi nya harus dah ganti. Sebaiknya ganti pake merek apa?

Comment by ardhi

silakan merk denso atau ngk

Comment by sekopati

mas mau tanya klau mtor sya honda beat busi apa yg cocok utuk mtor saya mas???????? platinum atau iridium?????????

Comment by sonny hermawan

untuk yg lebih murah bisa menggunakan yg tipe platinum bro… jika ada uang lebih bisa beli busi iridium.

Comment by sekopati

bro aq mau tnya mtor sya honda grend.
busi yg co”k untuk motor saya apa …?

Comment by irfan

biasanya pakai busi type apa ya bro ? apakah uf22 jika ingin ganti ke type iridium bisa menggunakan iuf 22 bro nih ada artikelnya http://ekojuwono.wordpress.com/2009/07/21/daftar-busi-motor-indonesia/

atau bisa beli yang type platinum saya rasa sudah cukup bagus kok

Comment by sekopati

biasax aq pake busi tdr ballistic
brarti pake yg platinum aja

Comment by irfan

iya bro…

Comment by sekopati

Boz cbr pake iridium cocok kga gw bru ganti cdi brt+karbu p28+perkopling+kampas racing+nalpot stdr bobok+porting polish+mantek mesin….

Comment by Cbr drag tnggrang

boleh bro….bahkan lebih bagus kok. kalau gak salah bisa pakai denso iu-24 atau ngk cr8eix untuk harian. jika untuk high rpm terus bisa menggunakan iu27 atau cr9eix

Comment by sekopati

bro aq mau tanya spda q grend tapi aq pakek busi ngk biasa,tapi penggapianx krang besar.
yg enk pakek busi apa?…….

Comment by aldo

coba pakai ngk type platinum atau iridium mas bro..

Comment by sekopati

mas spda q mio tapi pingin enk pkek busi apa?……

Comment by astik

lho nih alamat emainya sama tapi kok jadi dua orang ya…. hahahahaha untuk mio bisa pakai type platinum bro…lebih murah dibanding iridium

Comment by sekopati

mw nx nie klo jupi mx q pke TDR ballistic bgus g y…..???
mhon bntuanx….!!!!

Comment by feby

lam knal…..q mx nx nie…….klo mx q pke busi TDR yg 085 ballistic bgus g yea

Comment by feby

kalau tdr saya kurang tahu ya…kalau saya pribadi lebih suka denso atau ngk…

Comment by sekopati

lam knal bro, Mx q max speed 130,tapi d,gigi 3 top speed nya 100 lebi tp brebet bgaimana cr mengatasi’a bro and ccok’a pk Busi ap? denso ap Ngk tipe’a brp. Tlg d,jwb bro,
trmks.

Comment by pojul

salam kenal juga bro….kalau di gigi 3 bisa lebih dari 100 kpj itu sudah hebat bro…apakah sudah ada yg dimodifikasi. jika ada coba naikan pjnya satu step biar di rpm tinggi tidak brebet. baik ngk dan denso sama2 baiknya. mengenai type busi mx adalah CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9 dan jika ingin menggunakan versi iridium bisa menggunaka ngk cr8eix atau denso iu 24

Comment by sekopati

klo busi yg ngk tipe ap y yg bgus to mx

Comment by feby

cr8eix

Comment by sekopati

lam knal gan, mau naya klo untuk honda revo 100 cc baiknya busi apa y?

Comment by mama karta

jika ingin menggunakan yg iridium bisa menggunakan denso iuf22 gan…

Comment by sekopati

siang bro, motor gw Absolute REVO, mo coba pake busi iridium buat jarak jauh – pulang pergi sekitar 400 kila, harian 70 kilo pulang pergi
(biasa pake busi platinum CPR7EM)

kalo mau ganti busi iridium, koil ama CDI-nya harus diganti juga gak bro ?

thx ya bro ..

Comment by blogger

sama kalo absolute Revo pake tipe karisma IU20, gpp ya bro ?

Comment by blogger

kalau sebelumnya pakai cr7 maka kalau ngk bisa pakai cr7eix kalau densonya saya kurang tahu persis apakah revo anda yg cc 100 ataukah yg cc 110 ? yg 100cc bisa menggunakan cr6eix atau iuf22 dan jika revo 110cc bisa menggunakan iu20.

Comment by sekopati

cdi dan koil gak perlu ganti kok bro…

Comment by sekopati

thx bro ..

Comment by blogger

Mas,mana yg plg awet.n performanya plg bgs buat revo 100cc.sdh ganti cdi brt,karbu karisma.splitfire,tdr,ato ngk platinum?di sby cari dmana ya(splitfire,tipenya apa aja)?thx

Comment by Robert

buat revo 100 lebih baik pakai denso iuf22 atau cpr6 untuk ngk platinum, selama setelan karbunya tepat mungkin sampai 2 th tanpa ganti. saya sendiri pakai busi iridium denso iu24 sudah 2 th tapi masih bagus. untuk splitfire saya kurang tahu persis. tapi orang asal busi split fire sendiri lebih suka pilih ngk atau denso kok mas.

Comment by sekopati

Aku pernah ganti ngk platinum.kok ga sampe 2000km dah mati.apa dpt produk aspal ato ada pengaruh dr cdi varro.rpm tinggi jd cpt mati.

Comment by Robert

jika sering dipakai di rpm tinggi terus mati biasanya karena pemilihan derajat panas yg kurang cocok, jika sekarang pakai cpr6 silakan diganti ke cpr7. atau sekalian ganti ke type iridium. saya rasa bukan karena cdi varro kok bro, hanya pemilihan kode busi yg mungkin kurang cocok.

Comment by sekopati

slam knal, saya awam sama otomotip, kebetulan motor mio lagi ngadat pas di gujez ga mau nyala saya curiga ma businya, setelah d cari ketemu lokasi busi tapi ragu gimana cara gantinya apa sama aja tinggal tarik penutupnya businya?, ato kondisi aki pengaruh ga saat di gujez, solnya si aki lagi robet? maaf nanyanya basic banget, thx

Comment by Sofyan

salam kenal juga mas sofyan. silakan diputar sambil ditarik kabel businya dan selanjutnya silakan diganti businya jika sudah tipis electrodanya. mengenai aki yg sudah soak otomatis akan membuat susah untuk distarter pakai electric starter. karena mungkin tegangannya sudah tidak normal. demikian pula jika tegangan tidak normal atau low voltage maka saat akselerasi akan terasa mbrebet karena api di busi tidak stabil.

Comment by sekopati

Mas,busiku kok item plus basah ama bensin ya?apa dr settingan karbu terlalu boros.thx

Comment by Robert

betul bro.. coba setting ulang setelan anginnya.

Comment by sekopati

Bs minta referensi tempat penjualan busi splitfire di sby?kok susah nyarinya ya?apa sdh tdk ada di pasaran.tipenya apa aja ya mas.thx

Comment by Robert

Bs minta referensi tempat penjualan busi splitfire di sby?kok susah nyarinya ya?apa sdh tdk ada di pasaran.tipenya apa aja ya mas.thx

Comment by John

saya sih kurang tahu bro…maklum gak pernah tinggal di surabaya. hanya saja saya pernah dengar tentang indomotor, silakan kontak telkom siapa tahu mereka punya no telponnya .

Comment by sekopati

Mas,busi splitfire tipe apa y yg buat revo 100cc.yg ujung elektrodanya biasa.bkn yg runcing klo platinum.tp yg kualitasnya di atas busi standar.harga brp?thx

Comment by John

maaf saya tidak bisa membantu karena saya sendiri tidak tahu mas……sorry ya..

Comment by sekopati

ssma pengguna cs1,sy udah ganti pake iu24 mmg mantap bt tarikan dan tenaga ngisi terus,KM baru 5000km cm sayang bt top speed agak menurun karna getaran yang ditimbulkan dari motor..bt patokan pake busi biasa gigi 3 dapet 92kpj, stlh pake iu24 mmg sih tarikan mangstab bgt..cm msuk kec 87kpj di gigi 3 getaran lmyan jadi g nyaman bk gas trus..jdi mau g mau pndah ke gigi4..untuk penggantian busi ni tanpa penyetaln lho bro..pa ni jg ngaruh??pa perlu disetel ulang??gmn pengalaman masbro seko??? thanx sblmnya (oli pake motul ester)..

Comment by arif

Salam kenal mas,saya mau nanya nih, motor saya supra tahun 2000, kondisi mesin masih oke, saya sangat terkesan dengan penggunaan busi iridium karena tarikan jadi enteng, yang saya ingin tahu kalau sama-sama busi iridium, merk atau harganya yang berpengaruh dengan kondisi atau merk motor? kalau untuk motor saya yang cocok yang mana ya ?
Trimakasih sekali. Sukses ya.

Comment by nhoenk

sebaiknya pilih brand ngk atau denso saja bro….sekarang pakai type busi apa ?

Comment by sekopati

Sekarang saya pakai busi TDR Balistic, karena toko onderdilnya nawatin cuma itu, makanya begitu dapat pencerahan saya jadi pengan coba yang lain. Kalau di daerah Tangerang dimana saya bisa cari alternatif toko yang jual busi-busi yang disarankan ? Trimakasih sebelumnya

Comment by nhoenk

kalau di tangerang mungkin bisa cari di sekitaran daytona ciledug atau bisa order di kaskus.

Comment by sekopati

slam knal bro, busi yg bagus bwt vega zr ane bagusnya pake merek apa ya ? mhon pencerhannya !

Comment by sem

bisa pilih denso atau ngk baik dari type platinum maupun iridium

Comment by sekopati

masbro…
saya mau make busi TDR racing,kira-kira efeknya apa y buat jupiter z 2005 ?

Comment by Stevanes Harryadi Siregar

masbro…
saya mau make busi TDR racing,kira-kira efeknya apa y buat jupiter z 2005 ?

Comment by stevanes

ada masbro, tarikan biasanya lebih responsif dan nafas lebih panjang dengan setting karburator yg pas.

Comment by sekopati

klo ganti busi racing tpi cdi standart ad efak gak

Comment by Purnomo Wijaksono

ada tapi memang kurang maksimal

Comment by sekopati

mas bro..ikt nanya klu untk mtor aq da 2
1.mtor mio soul..busi ngk iridium merk pa ya?
and satria fu merk pa?

Comment by bro koil

kalau merek bisa menggunakan denso atau ngk iridium bro

Comment by sekopati

misi numpang nanya mtr sy jupiter z yg lama, cocoknya pake busi TDR yg iridium atau platinum ?

Comment by Dhede Crooz

dua2 boleh dipakai jika punya uang lebih, silakan pilih yg iridium

Comment by sekopati

kisaran harga busi TDR iridium dan platinum berapa ??

Comment by Dhede Crooz

kalau iridium mungkin di kisaran 70 rb kalau platinum mungkin 40rb

Comment by sekopati

bro,, busi paling bagus buat satria fu merk pha y??
biar tarikannya enk

Comment by ryo

cobain denso iridium saja mas…

Comment by sekopati

Numpang tanya, saya baca di atas tertulis utk mio soul pake busi platinum jg sudah oke. Bagaimana kalau saya menggunakan iridium. Hasil apa yg akan saya terima? Dan tipe iridium utk mio soul apa ya?
1 lagi bos, pemakaian busi std dgn iridium itu kira2 tahan brp lama? Thx

Comment by indra

jika busi std setiap 5000km harus ganti sedangkan iridium mungkin lebih. sekarang saya sdh di km 25000 km masih ok bro

Comment by sekopati

bro mx cw gw sdh setting karbu tapi pas pasang filter malah berebet bro
apa masalah nya di busi yg kurang pas
busi yg gw pake tdr balistic
tapi klw soal tarikan sdh enak bro
gigi 3 aja sdh 100 tanpa berebet
so busy apa yg plg bgus sekalian sma oli yg pas karena wktu it oli gw pake shel,,,baru gnti tpi lgsg item trz mesin lbh cpt panas

Comment by amar

bisa coba busi iridium ex denso atau ngk. terus mengenai oli bisa menggunakan motul 10w40

Comment by sekopati

klw perbedaan iridium denso sma ngk msh bgus mana ??
soalx dlu pake ngk msh jebol

Comment by amar

bro, mau nanya nih. saya pakai xeon 2011. kalo mau ganti busi iridium, pake yang seri apa ya? trus ukuran kerenggangan klep yang bagus berapa ya? soalnya bunyi klepnya rame banget (standar). ato memang xeon suaranya gitu ya, soalnya udah diutak-utik 3 kali sama bengkelnya? makasih ya bro

Comment by wahyu

kalau motor berkompresi tinggi rata2 berisik mas

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: