Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Upgrade Performa Supra Fit, Kencang & Hemat
July 1, 2009, 5:42 am
Filed under: Automotive | Tags:

Ganti karburator standar Honda Supra Fit X dengan bawaan Supra X125, bisa mendongkrak stamina. “Gak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Bila biasanya isi full hanya mampu bertahan 4 hari, sekarang hari ke-5 baru isi bensin lagi,” aku Yudi D, pegawai swasta pembesut Fit X yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan Jl. Radio Dalam, Jaksel.

Secara spesifikasi, venturi karburator Supra X125 memang lebih besar 1 mm dari Fit X yang berdiameter 18 mm. Bukan hanya di bagian itu saja, main jet dan pilot jet, lubang isap, serta diameter juga lebih besar.

Dengan spesifikasi tersebut, bukan tidak mungkin performa Fit X jadi terdongkrak saat mengaplikasi karburator Supra X125. Namun apa yang dirasakan Yudi terhadap besutannya, bisa saja hanya perkiraan saja. Nah biar gak hanya katanya, coba yuk melakukan pembuktian.

Untuk keperlan itu, alat peraga yang digunakan tentu Supra Fit X dan Supra X125 yang hanya diambil karburatornya saja. Agar lebih presisi, untuk performa alat ukurnya Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport di Jl. Cempaka Putih, Jakpus.

Punya Supra X lebih besar tetapi tidak berarti boros bensin
Tanpa penyetelan lebih dulu masing-masing karburator, digas pol sebanyak 3 kali di atas mesin ukur keluaran Amrik itu. Dan hasilnya, dengan masih menggunakan karburator standar performa Fit X berkutat di angka 7,09 dk/6.100 rpm dan torsinya 7,85 Nm/6.300 rpm.

Sementara dengan mengaplikasi karburator Supra X125, performa Fit X terdongkrak pada angka 7,53 dk/8.200 rpm. Untuk torsi maksium yang dapat dikais setelah ganti karbu sebesar 7,93 dk/8.200 rpm.

Tes dilakukan gak hanya untuk melihat performa yang bisa dihasilkan saja, lo. Selanjutnya dilakukan tes untuk melihat benar-benar jadi iritkah Fit X setelah ganti karbu? Metodenya pengetesan ini, dengan cara pakai langsung.

Rider yang melakukan uji coba kali ini berbobot 58 kg dan kecepatan motor dipatok 60 km/jam. Tiap karbu diberi kesempatan untuk menghabiskan 100 ml bensin yang ditempatkan pada tabung ukur.

Hasilnya dengan pakai karbu standar, Fit X mogok setelah menempuh jarak 6,2 km. Dengan karbu Supra X125, jarak bisa ditempuh jadi 6,6 km. Bila diasumsikan jumlah bensin yang diisikan 1 liter, maka jarak tempuh dengan karbu standar jadi 62 km dan pakai bawaan Supra X125 bisa sampai 66 km.

Kesimpulan
Melihat spesifikasi karburator kedua motor itu, tentu sudah bisa disimpulkan bahwa penggantian itu bisa bikin performa Supra Fit terdongkrak. Dengan spesifikasi yang semuanya lebih besar itu pula, ternyata membuat campuran udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar lebih efisien. Dan efeknya, bahan bakar jadi lebih hemat.
dino suprafit

Sumber : Otomotifnet.com

About these ads

98 Comments so far
Leave a comment

Bagaimana dengan SUPRA FIT biasa ? Kalau kurang untuk pengantian karbu Supra X125, apakah ada cara lain untuk meningkatkan proforma supra fit biasa.

Comment by Surya

banyak bro…coba baca artikel yang lain, tentang modifikasi motor stage 1. mungkin bisa membantu untuk disesuaikan dengan budget yang tersedia. selamat berkreasi…good luck

Comment by sekopati

gua punya supra fit yang biasa taon 2004 , cara naekan top speednya gmn mas , dengan modal minim , selaen cuman ganti isi ato karbu motor ? paling nga bisa dipake buat harian .

Comment by chand

kalau top speed saja sih bisa dgn cara menurunkan gear belakang turun 1 step misal 42->40 tapi motor akan tambah lemot tarikannya. saran saja sih sebaiknya perbaiki system pengapiannya saja bisa pakai cdi aftermarket, busi platinum, koil yz, knalpot free flow.

Comment by sekopati

Aku punya fit x gua bawa tiap hari kurang lebih 80 km dan tiap hari harus ngisi bbm 10 rb tu wajar ga bro ?.

Comment by Wijang

mungkin terhitung boros itu bro ?? tapi itu untuk kondisi standar. kalau untuk kondisi sudah ganti knalpot dan lain2 yang berhubungan dengan supply bbm untuk kondisi tersebut adalah wajar.

Comment by sekopati

Jd boros ya…ni si fit x asli standar belum kejamah siapa2 kecuali dealernya wkt servis.gua ga suka kebut2an bro jd pilih ni motor,kalo gtu bsa diiritkan paling tidak samalah kyk fit lainya,tapi gmana ya ???.

Comment by Wijang

langkah pertama : cek pengapian, coba lihat warna businya apakah merah, putih, atau hitam. terus coba gunakan nano energizer, capacitor bank, pasang magnet diselang bensin, bila perlu ganti busi iridium. kondisi sekarang motor saya bisa dapat 46~50 km/liter tergantung perilaku berkendara.

Comment by sekopati

selain ganti karbu pa lg yang di ganti supaya honda fit x lebih kencang?…………………………………..

Comment by kiki

banyak kok bro… coba ganti cdi, busi iridium, knalpot racing dan turunin mata gear 1 mata.

Comment by sekopati

kalo supra 125 gimana supaya tarikannya kenceng tapi tidak boros?

Comment by adi munandar

coba main dipengapiannya dulu kalo kurang puas bisa ganti noken as racing.

Comment by sekopati

harganya berapa tuh kl karburatornya supra x 125 (yg ori ya)..trus belinya dmana selain d bengkel resmi hondanya(siapa tau bisa lebih murah)???

Comment by dado

coba cek laman http://www.astra-honda.com bro….sorry gak bisa bantu kalau cs1 saya ada price listnya.

Comment by sekopati

tiap pagi pada saat pertama x fit saya idupin ada suara krecek..krecek gitu dimesinnya, kayak suara besi yg diadu gitu….
itu gimananya apa memang mesinnya bermasalah atau gmna tlg bantu ya

Comment by october

memang begitu masbro, hanya saja apakah dalam kondisi panas juga tetap kencang suaranya ? jika iya coba minta tolong setel klepnya siapa tahu terlalu rapat.

Comment by sekopati

koreksi dikit boleh gak?! kalo fit-x venturinya 16mm dan supra x 125 ato kharisma 26mm!
komen u/ bro wijang boleh yak?! boros ato enggaknya motor tergantung banyak hal bos!
1. tekanan angin ban
2. cara bro wijang geber motor
3. rute yang dilalui
4. waktu geber! kalo malam bensin lebih dingin, so kndungan oksigen lebih banyak sehingga kalori hasil pembakaran lebih gede! begitu pula sebaliknya! semoga bermanfaat

Comment by mr.k

masalah irit memang tergantung dari banyak faktor seperti yg masbro sebutkan

Comment by sekopati

maslh irit am bros gk hnya dr karburtor,steln klep dll.Masi bnyak fktor lain:
*setingn sproket gk bner
*bearing2 d roda dh aus
*tknan angin
*jnis bhn bkar
*dll
klo ingin irit jgn d hidupin mtornya!!!!!!!!!!!hehe

Comment by dodi

iya masbroo…dan jurus terampuh adalah nebeng temen hehehehehe….dijamin irit-rit

Comment by sekopati

Mtr supra x125 q cumen 80 perjam..! Itu knp..?

Comment by Timmotius

coba cek pengapiannya apakah businya masih layak, terus cek kompresinya di bengkel apakah masih bagus. jika semuanya masih bagus coba cek rantai dan gear set apakah masih bagus atau tidak. rata2 sih karena pemakaian biasanya kompresi berkurang.

Comment by sekopati

Maz m0 tanya, fit x Q standart hnya nyampe 80km/jam, tu n0rmal pa ga ya?

Comment by Eka

kalau baru ya gak normal tapi kalau sdh lebih dari 2~3 tahun ya wajar karena mungkin kompresinya sudah turun, dan bagian transmisinya sdh gak maksimal

Comment by sekopati

mas, mw tanya dong harga karburator new supra X 125 ori (baru atau 2nd) brp ya?karburator saya kata bengkel udah soak. trims

Comment by ara

kalau bener nih p/n 16100KEV621 CARBURETOR ASSY hargana rp 932,000 het ahass

Comment by sekopati

oo gitu y. kl karbu new supra x 125 dan supra x 125 sama gak ya? soalny tadi baru nanya ke HEPS harganya 595.000 tapi barangnya lg kosong. gmana y mas?

Comment by ara

coba check ke website ahm…kalau mau murah tinggal cari kwnya saja bro….di otista atau kaskus banyak harga juga kompetitif

Comment by sekopati

ok bro, nanti ane liat d webnya honda. oiya 1 lg, motor ane kan fit x(sama kyk supra fit new), pk knalpot revo(bebek), sdh di porting-polish juga, apa kl saya pk karbu supra x 125 perlu pergantian spuyer lg gak(seting pilot n main jetnya) untuk menyesuaikan dgn knalpotnya dan porting-polishnya?
thnks

Comment by ara

hasil porting dan polish tidak bisa diprediksi untuk tiap2 motor. jadi coba dulu pakai stdnya jika ada gejala kurang bensin atau bensin telat baru deh setting ulang ukuran spuyernya

Comment by sekopati

Mtorku fit-s 07, aq gnti karbu GLPro neotech,knalpot AHM, cdi virus,koil magnum,noken racing,topsped 117; bbm 1ltr=48-52km,bs naik topsped,apa lg ya mas yg d garap?trims

Comment by Mastri-gresik

coba turunkan gir belakang 1~2 mata, jika kurang puas coba gir depan dinaikan 1 mata lagi dibanding sebelumnya.

Comment by sekopati

Gan motor ane suprafit 2006..bisa gak pake karbu an knalpot new supra x.thx

Comment by Ferdi

kalau bisa pakai sih harusnya bisa tapi apakah bisa optimal dengan mesinnya itu yg jadi tanda tanya. jika mau upgrade lebih baik pakai yg aftermarket aja. saran saya sih jika mau perbaikan performa bisa ganti knalpot aftermarket, busi, koil dan cdi. saya sendiri bertahap dalam penggantian partnya. biar terasa perbedaannya dan yg jelas tidak memberatkan. jika masih kurang puas bisa bore up atau beli motor yg lebih kencang.

Comment by sekopati

ane punya vega zr115…
ko larinya cuma nyampe 110km/jam dwnk ya????
biar dikencengin,tapi tenaga tetep,and modal irit gimana ya caranya????
tx

Comment by ditto

paling ganti knalpot aftermarket tapi suara berisik atau bisa juga ganti cdi aftermarket. estimasi penggantian 2 komponen itu bisa meningkatkan maks 0,5dk. lumayan narik akselerasinya.

Comment by sekopati

Gan motor ane susa fit 2004, gak diganti apa-apaan! Full standard top speed 105.. Kadang-kadang 110..
Mo naekin akslerasinya & top spee’a kira-kira apa yang harus dirubah..

Comment by Wong deso

kalau untuk harian bisa pergunakan knalpot free flow dan cdi aftermarket jika kurang puas bisa turunin ukuran gear belakang 1 mata saja.

Comment by sekopati

Nglanjutin ni yg diatas ==^
Ukuran gear belakang 40, mau dtrunin 1 mata..
Kira-kira gear yang bagus merek apa ya?
Trus harga’a berapa?

Klo busi’a diganti sama platinum, itu berpengaruh besar ga sama performa motor??

Comment by Wong deso

lumayan bro….agak lebih narik dikit

Comment by sekopati

tlg bro ane punya absolute revo kl lg digeber tenaganya kayak hilang dan mesin nya serasa mau mati sesaat padahal br beli ada yg bilang suply bahan bakarnya terlalu irit tp mau mainin jarum skep nya ternyata paten ga ada setelannya,tlg kl ada solusinya ya,tks bro

Comment by zurexss

pada prinsipnya revo juga menganut karbu vakum, tetapi bisa distel irit atau borosnya tanpa mengganti jarum skep. coba bawa ke ahass untuk distel oleh mekanik agar tidak terlalu kering. Jika ingin lebih ya….bisa aplikasi karbu pe.

Comment by sekopati

mas maap mu nanya, ak punya mtr supra fit 2006, ak dah ganti seher supra 125, lekenas dah di bu2t calburtor pake rx king, tpi tenaga’y masih kurang, biar enak pake calbulator pa mas, terus cdi pengen d ganti ganti’y pake apa? d tnggu jwban’y. . . makasih

Comment by resa

wah biasanya kalau noken as sudah dibubut harus hati2 dalam pemilihan cdinya. saran saja pakai yang bisa diprogram seperti brt i-max atau yang harganya agak miring cdi cp. mengenai karburator saya rasa sudah mencukupi kok. Selain itu juga cobalah pakai koil yz atau koil 5bp (ex scorpio) biar pembakaran semakin sempurna.

Comment by sekopati

brow
supra fit gw dah ganti knalpot ahrs,kopling manual,tapi masih terasa lemot
apa perlu gw oversize
ganti cdi brt
ganti karbu keihin 24,

tolong bantuanya!
N kalo ada yg prlu diganti kasih harga bro

Comment by dedi

coba ganti kampas kopling dan per kopling dulu bro….kampas kopling daytona kisaran harga 150k~250k dan perkoplingnya dari harga 100k~250k

Comment by sekopati

Mas q pux Honda Supra Fit biasa. Uda ganti klep. Larix lemot. Kt bengkelx sih karburatorx gk stndrd. Trus pas naikin persneling enak, tp pas nuruninx susah, gasx hars naikin sedkt. Q uda serg gnt oli, samp sebln 2x. Klo gnt karbu atw kamps koplg. Enkx pk yg pux apa? Atw apax aj yg perlu dperbaiki? Klo bs sm hargax mas? Thnks.

Comment by Arif

pertama coba dulu pakai oli yg bagus (motul h-tech 10w40), jika tidak ada perubahan mungkin terlalu besar klep sehingga tendangan balik gak ada. Hal tersebut yang menyebabkan terasa lemot (ngempos). coba cek pengapian mungkin terlalu kering. jika ingin aplikasi karbu bisa menggunakan pe28 kisaran kw1 rp 550rb bisa menggunakan ex t*r karena asli buatan keihin indonesia. terus kampas kopling dan perkopling bisa menggunakan cld atau daytona kisaran harga 150rb~250rb (kampas kopling) dan 100rb~150rb (perkopling).

Comment by sekopati

Lam kenal Bro.. mau tanya, aq pake supra fit x new, cuman ganti knalpot Nob1 sama pasang 9power doank. mentok tetep cuman 100 kpj. klo mau rada kenceng dikit kira kira nambah apa lagi Bro ? klo cuman CDI racing sama Ubah mata gear blkng dari 42 ke 40 bgmn ? cukup nda ? :D klo ubah daleman mesin sayang kayaknya .. hehehe .. Thx’s Bro.

Comment by nitewolf

itu sudah cukup kok bro…

Comment by sekopati

aq cma ingin tau ……………………
brapa ukuran bubutan maknet supra
dan asklep supra………….
dan bagai mna buat pengapian standart bsa menjadi pengapian bebas…………….
okey……

Comment by anes

waduh bro maaf saya kurang tahu pastinya. silakan hubungi mekanik langganan anda.

Comment by sekopati

lam knl bro, mohon bantuannya, motor saya supra fit 2004, maksimal lari cuma 80km/jam n bs sampe 90km/jam tp kalo sekitar 5mnt lansung mati mesinnya.
Gmn cara upgrade speednya dengan dana 500rb.
N cari barang after market di surabaya di daerah mana ya?
Mohon bantuannya, thnx bro

Comment by deny@

menurut saya di usia yang lebih dari 3 th lebih baik ganti packing mesinnya mas…biar kompresinya seperti baru kembali atau dengan kata lain overhoul. karena meskipun diupgrade pengapiannya tentunya kurang maksimal. Jangan lupa ganti kampas kopling guna mengurangi gejala slip. Kalau daerah surabaya saya sendiri kurang begitu tahu. coba check ditabloid keluaran jawa timur mungkin bisa membantu.

Comment by sekopati

om motor mio gue larinya koq sampe 80/km doank sih gue pngen lebih lagi G.mna nih cara seting nya

Comment by bondan

apa gak ngeri bro…..kalau kenceng2 pakai matic. mengenai top speed memang tergantung juga usia pakainya. biasanya jika per cvt sudah mulai longgar dan kompresi sdh mulai berkurang otomatis performanya juga berkurang. saran saya ya dilakukan vitalisasi dari performa itu sendiri dengan jalan penggantian part2 yg dinilai telah aus seperti per cvt, v-belt dan roller.

Comment by sekopati

kalaw supra fit di ganti karbu win kyak mna mas,,,,,,,,,,,,

Comment by DENI

wah kurang tahu ya mas, tinggal dicheck apakah karbu honda win type vakum atau skep. Jika type skep maka tarikannya akan berbeda dengan yg type vakum. selain itu juga dicheck apakah lubang venturinya lebih besar atau lebih kecil. jika lebih besar biasanya akselerasi akan lebih terasa.

Comment by sekopati

motrku supra x 01..mau tanx npa mesinku bunxi tak tak tak..keras bnget?lo d gas gk bunxi coba lo d biarn pst bunyi…kra2 apanya?
N kra2 untk cdi yg hargax 150k ad gk?n merkx ap..
Mohon d jwb..thanks..

Comment by adi

kalau cdi harga terendah adalah merk varro bro. hanya saja harganya saya kurang tahu pasti. sedangkan bunyi2 yg keras di sekitar mesin bisa disebabkan oleh banyak hal. misalkan rantai keteng yg sudah aus maupun stang seher yang mulai oblak juga bisa.

Comment by sekopati

Supra x. kalo di kash karbu Gl gmn mas?tarikany manteb pa gk?
Dan untuk konsumsi bahan bkarx gmn?

Comment by Andri

saya sendiri kurang paham karbu gl bro..setahu saya supra karbu vakum makanya irit. kalau karbu gl misalkan berjenis skep otomatis tarikannya lebih bagus.

Comment by sekopati

mohon infonya ya mas …
mksh bnyk.

Comment by Louis

maaf mas …
mw tanya, mtorq new supra fit 2006(msh dipake smpe skrg, udh skitar 5 thn & kondisi msh normal, cma ganti knalpot racing yg aftermarket),
kok larinya ketahan ya mas ?
apa pengaruh knalpotny ya ?
apa kondisi mesinnya ?
atau ada hal2 lain yg jadi penyebab larinya kehambat ?
coz, pernah ngejar new supra fit standar jga tapi gk dapet …
lalu kira2 apa aja yg perlu diganti spy lari new supra fit q jd enteng mas ?
mohon info & penjelasanny mas~
tq …

Comment by louis

jika tarikan agak ke tahan coba cek elektroda busi apakah warnanya terlalu kering atau tidak. Terus jika pengapian masih bagus, coba cek apakah ada gejala slip kopling apa tidak. Dengan usia yg sudah 5 th biasanya motor memang minta jajan, karena faktor usia komponen yg mulai aus. Coba dulu ganti kampas kopling dan per koplingnya. jika masih kurang silakan service besar.

Comment by sekopati

ooh… mksh mas atas infonya
tapi kira2 harga kampas kopling dan per koplingny brpan ya boz?? (orisinil)

Comment by louis

kalau harga kurang tahu pasti, estimasi kampas kopling dikisaran 150 ribuan dan per kopling 100 ribuan. kalau susah bisa cari aftermarket seperti ex cld atau brt yg murmer dan bagus.

Comment by sekopati

apakah karbu kharisma 125.jenisnya sama ma supra x 125..?
Dan kalo d pakai di supra x..apakah juga bisa sama akselerasinya dengan karbu supra x 125..?
Cz di kotaku karbu bwaan supra x 125 gk da yg jual..jd pngen cari karbu yg kira2 sama..supra x 125..
Trims..!

Comment by Andri

kalau susah tinggal cek diameter karbunya mas apakah 24, 26 atau 28. misalkan sekarang pakai yg 24 silakan ganti yg type pe24 dan seterusnya. hanya saja mungkin butuh sedikit penyesuaian.

Comment by sekopati

nanya lg mas, kalo dgn budget 500rb bsa dilakuin ap aj ya bwt tarikan new supra fit q jd enteng ?
mngkn gnti kampas sm mangkok kopling aftermarket, tali gas, busi racing, cdi ? atau yg lainx ?
mohon infonx mas.. Thx

Comment by Louis

yg paling murah ya ganti kampas dan per kopling saja terus ditambah cdi itu sudah lumayan. karena kalau ganti knalpot kan ada resikonya kena tangkap dibeberapa daerah.

Comment by sekopati

bro mw tanya ni gw punya motor fit x new…pas sbelum ganti knalpot racing.top speed nya sampai 120,stelah d ganti skarang kok jadi lemot padahal gear blakangnya 36 depan 15,,busi sudah iridium..kra2 apanya yg kurang bro.. thanks

Comment by yohanes andika

coba di cek kondisi businya bro…dan selanjutnya setting karburator

Comment by sekopati

aku mo tny nih…aku ada tabungan sktr 500rban nah pngn korek harian dah + tambah kopling,untk kohar nya diapain aj ya???mksh…

Comment by nos2

di budget 500 ribu, mungkin bisa dipilih = knalpot free flow atau cdi aftermarket atau ganti model kopling mas+busi iridium.

Comment by sekopati

sorry mas gw mau tnya,gw kan pnya fit new thn 2006 udh gw jejelin karbu 28 sama udh gw jejelin kem racing tp klo udh diatas kyk msh nahan ya mas,

apa sarannya nihh
thx….

Comment by iwan

mungkin kena limit di cdinya mas. coba cdi ganti yg unlimit.

Comment by sekopati

mas, aq destrian di pontianak… aq make supra standar 1997…
masih bs lari sih… mesin jg msih std..
gmana biar bs lebih kenceng?
soalnya sekarang suka batuk2 klo jalan jauh n kenceng..
please repply

Comment by desta

Motor saya supra fit thun… 2003 ,gear dpanya aq gnti 13…. Gear blakang stndar Kalu ditanjakan enak tpi kalu jlan lurus cuma 80….. Biar larinya kenceng gmn caranya

Comment by Andyx

otomatis itu mas karena perubahan tersebut ratio gear berubah maka akan mempengaruhi top speednya

Comment by sekopati

Mf, numpang tanya: klo motorku honda supra x biasa thn 2003 mau ganti karburator nih kira2 tipe karburator apa ya yang sekiranya bikin motor supra x saya enteng tarikannya. Dan apabila ada tambahan masukan supaya motor supra saya enteng tarikannya. Terima kasih Dan mohon bantuannya..

Comment by pak'de

silakan ganti pe sesuai ukuran dari karbu ori (vakum menjadi skep) terus ganti per kopling, cdi dan busi iridium atau platinum

Comment by sekopati

salam kenal, ane baca artikel ini dari atas, dan masih ada yg mengganjal ini,maklum pemula jd mhn bimbingannya yak,
kalau mau memperbaiki performa mesin (irit,kenceng,powerful dll) apakah bisa hanya dg ganti barang2 ini:
-cdi
-karburator
-busi
-knalpot
-kopling
yg jadi pertanyaan, apa semua tipe barang diatas bisa masuk ke smw motor? (soalnya sy bca karbu gl pro masuk ke supra, dll)
motor ane supra x 100 kalau yg masbro rekomendasikan cdi,karbu,atau busi yg seperti apa ya yg bs dipasang ke supra x 100
thanks before

Comment by reno

mungkin lebih baik pakai yang pnp saja masbro. untuk harian lebih baik ganti cdi, busi iridium dan ganti per kopling dijamin sip lah

Comment by sekopati

mas bro untk fit s 2007
karbu racing yg cocok pa ya ??????
untk busi racing ???????????
dan faktor2 apa sja yg buat motor kencg tp
gak bikin KANKER { kontg kering } hehehe !

Comment by eko

jika sekarang pakai venturi 24 silakan coba naik ke venturi 26 atau 28. bisa pakai jenis skep seperti pe26 / pe28. mengenai busi racing silakan pakai type platinum atau iridium. faktor yg membuat motor kencang, dari sisi mesin : kapasitas mesin, kompresi, efisiensi volumetrik, sektor pengapian. Dari sisi efisiensi transfer tenaga untuk mengurangi kerugian bisa dari sisi rantai, perbandingan gear, dan penggunaan bearing yang bagus baik di mesin maupun di roda.

Comment by sekopati

maksudnya dengan pengaruh medan magnet yg kuat maka molekul2 bensin akan lebih teratur sehingga bisa menghasilkan energi yg lebih tinggi. caranya magnet di lilitkan di sekeliling slang bensin yang menuju ke karburator mas..

Comment by sekopati

bro sy gak ngerti apa itu:
nano energizer..fungsi magnet di slang bensin..
sy trtarik bro tolonk jelasin ya?!?

Comment by yand

nano energizer itu sejenis cairan yang gunanya membuat lapisan tipis yang melindungi dinding silinder sehingga rugi karena gesekan akan berkurang. sedangkan fungsi magnet di selang bensin adalah membuat rata atau mengatur molekul2 bensin yang tadinya berantakan menjadi lebih teratur. sehingga menghasilkan energi yg lebih besar.

Comment by sekopati

gmn dg nano energizer????? ad skemanya bro?

Comment by yand

nano energizer itu berupa cairan bro. jadi ya nggak ada wiring diagramnya.

Comment by sekopati

Mas bro tanya donk,ak akai supra 2000,klau karbunya di ganti pake karbu rx king bakalan bagus atau ngga yah?trms infonya.

Comment by aditya

lebih baik pakai yang biasa tinggal dijetting ulang biar maksimal saja.

Comment by sekopati

semua itu tergantung mekanik yang seting masbro. kalau jago pasti akselerasi nambah

Comment by sekopati

mas bro sy mo tanya,mtr sy revo 100cc,klu mo pk karbu sup x 125,apakah lansung pasang sj/tanpa harus rubah/ganti filter & m jet + spuyer ny(utk harian sj kota – tng)?

Comment by albert

otomatis harus jetting masbro biar tambah mantap

Comment by sekopati

tanya dong klo gas pembuangan berjelaga faktor apa aja ya, daleman knalpot hitam kaya arang..

Comment by ipang

bisa jadi ring sehernya sudah longgar atau sudah harus oversize. sehingga olie masuk ke ruang pembakaran. Dan akibatnya knalpot hitam

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: