Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Yuk Buat Sendiri Booster Accu(Capacitor Bank) Buat Motor
June 4, 2009, 12:25 am
Filed under: Automotive, Electronics

Teori

Seringkali kita menemui kendala susah start atau lampu redup pada saat pertama kali menghidupkan motor, atau akselerasi yang kurang mantap. Kemungkinan hal tersebut disebabkan accu yang sudah loyo atau tekor, atau karena faktor daya yang buruk. Pada dasarnya rangkaian motor mayoritas berupa koil/kumparan seperti Koil pengapian, Filamen Lampu. Secara teori kelistrikan dengan semakin banyaknya beban yang berupa kumparan maka akan menyebabkan arus listrik tertinggal phasanya dibanding tegangannya(voltage). Hipotesa saya hal tersebut akan menyebabkan akselerasi susah meningkat.

Nah untuk mengembalikan phasa agar kembali seperti semula maka digunakan kapasitor untuk menyeimbangkan. Fungsi lain kapasitor adalah menyimpan muatan listrik dan melepaskannya di lain waktu. Fungsi tersebut sangat berguna pada fungsi penyearahan oleh dioda. Setelah disearahkan oleh dioda biasanya tegangan yang timbul berupa tegangan DC(direct current) tapi tidak sempurna karena masih berupa riak-riak gelombang. Jadi tidak stabil pada tegangan kerja. Tugas capacitor akan mengurangi beda tegangan tertinggi dengan tegangan terendah dengan kata lain pada saat tegangan tinggi dia akan menyimpan arus dan pada saat tegangan terendah akan mengeluarkan arus. Sehingga mengurangi selisih/beda tegangan dan membuat tegangan lebih rata. Fungsi membuat lebih rata oleh sebagian orang disebut stabilizer (penstabil tegangan)

Terus berapa besaran capacitor yang harus digunakan ? OK sebagai contoh honda CS1. Maklum punya hanya motor ini saja. Jadi dioprek-oprek buat kelinci percobaan. Kita lanjutkan : sesuai data di buku petunjuk diketahui kapasitas alternator motor tersebut kira-kira 0.106KW atau 106 Watt. Rumus Power = V x I atau I = P/V Jadi 106Watt : 12V kira-kira besarannya = 8.83 A. Sesuai dengan pelajaran elektronika dasar tentang Rectifieng/penyearahan didapatkan “Thumb Rule” buat besarnya capacitor berdasarkan besaran Ampernya. Thumb Rule tersebut : untuk setiap 1A dibutuhkan 2200 mikro Farad. Jadi untuk kasus di atas besaran kapasitor yang dibutuhkan adalah 8.83 x 2200 = 19.426 mikro Farad. Tapi harus diingat bahwa besaran arus di motor di batasi oleh kapasitas regulator/Kuproknya. Untuk contoh kasus di atas saya menggunakan kapasitor sebesar 10.000 mikro Farad dengan asumsi berpatokan pada accu yang digunakan yaitu 3,5Ah. Maka akan didapat 3,5 x 2200 = 7.700 mikro Farad. Di pasaran nilai tersebut tidak tersedia jadi kita pakai angka yang di atasnya yaitu 10.000 mikro Farad. Alasan lainnya adalah masih ada keinginan untuk mengganti accu original dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 5Ah (buat spare bro…). Terus berapa besar tegangan kerja capacitor tersebut ? Besarnya tegangan kerja untuk capacitor kita patok 2x tegangan kuprok. Jika di kuprok tegangan yang keluar 15V maka tegangan kerja capacitor = 15 x 2 = 30V. Buat safetynya kita pakai tegangan 50V. Toh perbedaan harga capacitor untuk kedua tegangan tidak signifikan.

Terus gimana pengkabelannya ? Beli capacitor 10.000 mikro Farad tipe konektor/model baut seharga Rp. 15.000, kabel tiga warna AWG8(merah, hitam hijau) (diameter core 8mm) beli Rp. 3.000, kabel skun 5 pcs (2 spare) diameter disesuaikan dengan lubang baut accu dan massa beli Rp 2.500 dan konektor 5 pcs (3 pcs spare) beli Rp 1.000, sumi tube sesuai ukuran kabel beli Rp. 2.000. Jadi total jendral pengeluarannya adalah : Rp. 23.500. Pasang konektor kabel merah ke kutub positif kapasitor dan ujung yang lain dipasang di kutub positif accu. Gabungkan kabel hijau dan hitam (1 konektor untuk 2 kabel) kemudian pasang konektornya pada kutub negatif capacitor dan ujung kabel hitam dipasang di kutub negatif accu. Sedangkan ujung kabel hijau yang lain dihubungkan ke massa atau casis.

About these ads

226 Comments so far
Leave a comment

bos…gimana kalo pake 10 capasitor 3300 micro Farad 25 V???untuk V-ixion…

Comment by ono qyutz

nggak jadi masalah bro… (coba perhatikan kapasitas accunya untuk referensi besarnya kapasitansi yang dipakai) hanya saja apa nggak repot jika menggunakan kapasitor yg kecil seperti itu. kalau mau untuk nilai 33000 mikro farad khan bisa saja menggunakan 3~4 x 10000 mikro farad. Untuk tegangan kerja hati2 ya bro.. kadang kala pada saat over charge di rpm tinggi accu akan tidak terisi dan muatannya akan dibuang ke massa. Pada saat itu bisa jadi tegangan akan lebih dari 25v. amannya pakai tegangan minimal 50v.

Comment by sekopati

Boss bisa dikirimkan gamnbarnya bos yang udah jadi gitu… efeknya selama ini gimana Boss?ad perubahan dari konsumsi bensin dll Bos.. THX

Comment by robby G

aduh maaf bro… nggak bisa memberikan gambarnya karena nggak punya kamera digital je…sorry ya…untuk review bbmnya agak sulit juga sih karena aplikasinya bersamaan dengan penggunaan nano dan cdi brt sich. untuk informasi saja dalam kota konsumsi bbmnya 45~48 km/liter dengan menggunakan pertamax.

Comment by sekopati

Bagaimana dengan coil boster

Comment by Dodo

untuk koil booster belum berani bikin walaupun idenya sudah ada. Intinya tegangan input distabilkan dan dinaikan tegangannya. tapi hal tersebut tidak recomended karena jika dibuat dan dibandingkan dengan koil after market bagusan menggunakan koil aftermarket. Dan harganya juga sama saja. Thanks telah mampir ya bro…

Comment by sekopati

Lebih ngefek dimana bro antara dipararel di aki dengan di cdi maksudnya kabel + dari elko disambung langsung ke kabel cdi yang dr kunci kontak
Sedangkan – tetap

Comment by Dodo

mungkin efeknya sama saja, karena kalau tidak salah cdi tegangannya diambil langsung dari accu bukan dari spool. Saya sendiri belum coba…mungkin bro mau coba ? jika sudah dicoba tolong kasih reviewnya. OK? thanks

Comment by sekopati

mau tanya bro kalo buat suzuki satria r120 kira kira pake yang brapa yg bagusnya

Comment by iwan

accunya berapa ampere bro ??? jika sudah tahu berapa ampernya tinggal dikalikan 2200 mikro Farad deh bro….

Comment by sekopati

Bos ukuran capasitornya brp MIKROFARAD DAN BRP VOLTASENYA TRIM

Comment by yuventius sudiro

tergantung besaran accunya masbro….diposting adalah nilai minimal yg sebaiknya digunakan. rumus mudahnya = kapasitas accu dikali 2200 mikro farad. tegangannya minimal 50 volt

Comment by sekopati

coba dichek postingan dan komen yg ada disitu sdh diterangkan lho….

Comment by sekopati

Siang bro mampir lagi bagaimana dengan lampu utama yang masih menggunakan tegangan ac
Apakah tetap menggunakan elko / menggunakan capasitor ac ( berapa ukurannya bagaimana rangkaiannya )

Comment by Dodo

pada prinsipnya semua lampu motor menggunakan tegangan dc hanya saja dalam dunia permotoran ada arus yang diambil langsung dari spul/dinamo yang biasanya disebut ac dan ada yang diambil dari accu biasanya disebut dc. tapi semua itu tidak berpengaruh. sedangkan besarnya sesuaikan dengan kapasitas accu

Comment by sekopati

Thanks for share it..

Comment by Black

terima kasih telah mampir bro…

Comment by sekopati

Om, mo tanya klo aki gwe 5A buat vega harusnya khan 10.000 mikro Farad, tp klo aku kasih 30.000 mikro Farad 50 Volt, lampu bisa lebih terang gak, dan aman gak.

Comment by tono

aman saja, kalau semakin besar biasanya semakin baik stabilisasi arusnya. tapi tidak terlalu berpengaruh terhadap kuat cahayanya.

Comment by sekopati

Om tanya lagi donk, klo pake yg gede misalnya 100.000 mikro farad buat bantu startup kek bell besar, lampu DC/langsung Aki, apakah perlu relay, supaya waktu off gak konek ke aki? maksud saya apakah elco itu itu juga makan listrik biarpun kecil?

Comment by tono

gede amat tuch kapasitornya kaya untuk mobil atau moge ya…penggunaan relay sich ok-ok saja selama wiringnya bagus dan rapi sich. elco juga termasuk beban tetapi bersifat reaktansi.

Comment by sekopati

duh… nyari2 nih dah lama… ternyata ada juga yang bikinin threadnya :P thx banget bro! oh ya, klo dipasangin indikatornya gimana bro skemanya? jadi kan kita bisa tahu sekaligus mantau tegangan yang ada.

Comment by mohamad fahar

kalau dipasang indikator tegangan tinggal pasang seperti pasang capacitor bank tersebut. hanya saja tegangan positifnya diambil dari kunci kontak. pada saat switch on maka akan terlihat besaran tegangannya. terima kasih telah mampir.

Comment by sekopati

Mas mau nanya, kalau booter accu buat tiger kira2 pake kapasitor berapa micro farad..? berapa biji, Dan apakah kalau accu baru jika mau dipasang capasitor bank, gak ada masalah..?gambar rangkainnya bgaimana trims

Comment by dede

kalau gak salah tiger pakai accu 7 Amper (coba cek buku pedoman pemilik) jadi bisa menggunakan ukuran 15,000 mikro farad. mengenai cara pemasangannya sudah dijelaskan diposting. selamat mencoba.

Comment by sekopati

bos kalau di pasang di megapro bagai mana…? aki bawaan 5 amper udah ganti punya tiger 7 amper.. tolong info ya,, maklulum kurang paham elektro… thanks bro..

Comment by ghafuur

jadi tinggal cari elco kapasitas 2200×7 = 14400 mikro farad. atau bisa pakai 2×10000 mikro farad masbro…

Comment by sekopati

Sy ingin spy lampu lbh terang, bs gak kabel dari spool sebelum masuk kiprok pake resistor, supaya tegangan ke lampu lbh besar. kira2 ngefek gak?

Comment by Ucup

emang bisa bro, hanya saja tegangannya masih ac, belum dc (cmiiw) terus penggunaan resistornya dengan kondisi ac atau dipasang diode (halfway method) tegangannya tidak stabil akan berakibat redup pada saat idle. takutnya bikin bohlam cepat putus.

Comment by sekopati

Maksud ku diatas spy tegngan lampu yg tadinya = teg aki menjadi > teg aki bro, jd porsi nya lebih ke lampu bukan charging.
Atw gmn kalo arus ac yg ke lampu dari spool pake diode bridge + Elco kira2 bagus gak?

Comment by Ucup

kalo mau di pasang di suzuki spin gimna bro ? bisa ga ? trus pake elco yang berapa ? boleh ga aye minta dikirimi gambar rangkaiannya jd biar langsung di bawa ke toko ekeltronik soanya aye buta babar blas ma elektronik… bisa ga bro please

Comment by pepi

untuk besarannya bisa pakai yg 10.000 mikro farad kok, cara pasangnya seperti telah diterangkan kalau pakai diagram takutnya tambah bingung. thx sdh mampir

Comment by sekopati

Jangan sembarangan pakai capacitor bank,bila akki kondisinya kurang bagus ,maka capasitor dapat panas,alias short karena sifatnya melewatkan arus AC,menahan arus /menyimpan DC…

Comment by adrian

Jangan sembarangan pakai capacitor bank,bila akki kondisinya kurang bagus ,maka capasitor dapat panas,alias short karena sifatnya melewatkan arus AC,menahan arus /menyimpan DC…
maka kalau engines mau lebih responsif pakai saja CDI booster buatan kami,hanya 65,000 saja.
click saja di http://spark-ignition.webs.com
atau —>>http://peony888.webs.com
wassallam,
Jakarta-02144646377

Comment by adrian

sore gan, kalau mau pesen, harga segitu udah termasuk ongkos kirim ato harus diambil…?
trus lokasi dimana kalau diambilnya…?, thx gan.

Comment by tony

sorry mas bro,…. saya tidak jualan barang tersebut. silakan dirangkai sendiri ya……

Comment by sekopati

assalamu’alaikum……
mau ikut nimbrung bro….
aku mau tanya gimana caranya tuk maksimalkan pengisian aki dari motor ke aki…
aku pake motor mio soul dan pake aki double…. yang satu aki standart bawaan motor yaitu aki kering 3,5 amp dan yang satu pake aki binter mercy 10 amp ” khusus buat entertainment yaitu audio dan lcd “….
selama ini aku pake dua kiprok yang satu standart bawaan motor dan yang satu khusus ke aki binter mercy dan itu gak maksimal sama sekali….
tapi kalau aku pasangin ke mio biasa (mio sporty) pengisian itu lumayan….
gmna solusinya…. makasih….
kalau boleh tau sertakan no hape buat keterangan lebih lanjut….

Comment by adit

kelihatannya sudah mentok kapasitas dinamonya masbro…saran saya gulung ulang dinamonya biar bisa mengeluarkan amper yang lebih besar buat spec masbro…

Comment by sekopati

numpang nimbrung bro,,,,,,
1. ane mo nanyak itu kabel n konektor nya yg kaya giman ya bro??????
2. trus total tegangan yg keluar semua nya brapa apa sama yg standrt nya?????
3. klo g standrt nya berarti mesti rubh semua lmpu” nya dong
tks y bro. . . . . .

Comment by eco hari

konektor bisa dicari sesuai dengan kondisi kaki elconya masbro… sedangkan kabel cari yang bagus dan diameter intinya besar dengan bentuk serabut. biasanya dibuat wiring di panel2 listrik. tegangan keluar sama seperti standar hanya saja lebih tidak mudah tekor. Dan tidak ada acara rubah2 lampu std.

Comment by sekopati

Untuk motor bebek atau matik pake kapasitor 10k-20k mikro farrad dengan tegangan 50V udah ideal yach … soalnya rata2 untuk motor bebek atau matik akinya paling dibawah 10Ah. trus pengkabelannya tersebut diatas, berarti paralel dengan accu, benar nggak ?

Comment by agung

betul masbro, kalau bisa cari kapasitornya yg bagus. misalnya buatan eropa atau chemicon jepang. yg terbaik adalah yg mampu menyimpan dalam waktu lama. hanya saja typenya saya lupa.

Comment by sekopati

bro…mao nanya donk, krn lg mao pake cap bank….motor ane pio z, accu 7ah…arus DC, kira2 perlu cap bank yg berapa farrad besarannya? apa 54000 uF-50v cukup bro? truz capacitor spt apa yg bagus utk motor? yg utk audio mobil ato yg dibikin sendiri seperti rangkaian? kira2 tempat yg bro rekomendasikan utk membuat capacitor bank yg bagus dimana bro? thx ya…..

Comment by rheva

cukup untuk ukuran segitu bro…capacitor yg bagus? asal merk chemicon atau ex eropa biasanya bagus. coba check ke glodok tanya yg bisa melepas arus dalam waktu lama. untuk mobil pada prinsipnya sama saja hanya saja tegangannya minimal 100v saja. sedangkan perhitungannya sama seperti motor. 1ah=2200uF. jadi kalau pakai accu 70ah maka besaran capacitornya = 70x2200uF = 154miliFarad.

Comment by sekopati

apa kabar mas..
mas eko.. numpang tanya nich… malum saya awam dengan kelistrikan motor..
saya ada karisma 2003 dan rencanannya nyala lampu depan ingin meningkat 100 %.
kira kira apa saja yang harus saya siapkan.. dan kalau ngga salah mas eko pernah mengkaji KRT Lampu Booster…menurut mas eko Produk tersebut untuk motor karisma 2003 gimana…

terima kasih

Comment by adam

baik-baik bro…mengenai lampu booster, yg saya kenal adalah sera5 yg bagus. karena banyak brother di forum nuvo dan vario yg pakai produk tersebut. KRT (kodok racing team) ? jika ya juragan disana terkenalnya adalah per kopling dan barang2 ex thai. hanya saja usia pakai lampu lebih pendek dibanding tanpa booster. itupun gak naik 100%. cara lain adalah mengganti bohlam std dengan halogen dgn watt yg sama. karena halogen lebih terang 25% dibanding std.

Comment by sekopati

bos mau nyobak no telp nya dong (aman) via email boss trims . . .

sukses selalu

Comment by TIKNO

sorry mas bro, hp saya habis diembat orang. kalau ada pertanyaan silakan lewat email saya saya ke ekojuwono@yahoo.com.

Comment by sekopati

malam mas aku punya glmax 2005. taukan lampu utamanya gimana (kurang terang). di benahin / di tambah apa ya mas (masih standart) tujuannya lampu supaya terang

Comment by TIKNO

coba di cek dulu apakah tegangan dari spul masih bagus atau nggak. saya sendiri kurang tahu apakah gl max menganut sistem dc atau ac. jika tegangan normal ada kemungkinan reflektornya dan atau kaca mikanya kotor atau sudah buram sehingga cahayanya kurang terang.

Comment by sekopati

slmt mlm bro…sy mo nanya nih gmana sih cara ngetes kiprok ngisi ngganya ke accu ? sy pake tiger tp pake pairing lampu dpn 2 bh biar tambah terang pake tambahan apa lagi? o..ya sy punya hallogen boster sera 5 buat bebek.matic dan vio brng masih baru sy salah beli.sy lepas Rp.70 rb aja wilayah bekasi hp.085718827463 tks.

Comment by gunawan

cara kerja kiprok adalah melakukan regulasi terhadap tegangan ac dari spul menjadi bentuk dc. kalau gak salah tiger sdh full dc. cara mentest kiprok adalah coba lepas kabel di accu baik (+) dan (-) terus check dgn avometer berapa volt tegangannya. selanjutnya pasang kembali seperti semula dan nyalakan head lamp terus ukur tegangan di kutub (+) dan (-) di accu dan check apakah ada penurunan tegangan yg berlebihan dibanding semula. jika tegangan dgn beban penuh 12v maka kelistrikan motor anda normal adanya. tapi jika drop biasanya tekor karena kiprok mensupply arus yg lebih rendah dibanding penggunaannya. caranya coba pasang double kiprok buat menggandakan kapasitas supply arusnya. walaupun hal tersebut tergantung kapasitas spul.

Comment by sekopati

numpang nanya bro…klo buat bajaj pulsar yang kelistrikannya masih pake AC ada perbedaan ga dalam pembuatanCBnya?? satu lagi..ane beli HID tapi hasil baca2 di web katanya sebaiknya arus listrik sebaiknya DC stabil untuk masang HID…mohon pencerahannya bro..thnx b4

Comment by Roni

sama saja bro..gak ada perbedaan sistem ac biasanya untuk menyebut head lamp yg menggunakan arus bukan dari accu saja. sedangkan cb kan dipasang di accu yg sdh pasti dc. untuk yg pasang hid di system ac, bisa dipasang rectifier sekaligus regulator dc 12~13volt. atau biasanya tukang hid punya regulatornya biar bisa dipasang di motor yg system ac.

Comment by sekopati

wah cpat jg replynya!! ooo…gituuu. trus klo regulatornya itu bisa rekomen ga bro nyarinya dimana..thnx

vote for recommended motorcycle consultant nih :D

Comment by Roni

bos. . sy mau tanya. .motor sy kan satria fu150 thai pake hid. . nyambungnya langsung dr aki. . bru 2 hri akinya ngedrop. . pake CB ky yg mas jelasin diatas bisa buat ngatasinnya gaq? ? kalo capasitornya gw pasang yg gede banget ampe 1 farad ngaruhnya apa? ? trus tambah apa lagi supaya akinya awet n ga ngedrop gt? ?

Comment by asyer anwar

pakai cb gak bisa menyelesaikan masalah tersebut bro….paling2 coba pasang double kiprok biar accu tidak terlalu tekor dgn catatan rpm minimum 3000rpm. jika tetap tekor setiap minggu dicharge. ok. saran yg lain adalah pasang hid tetap menggunakan jalur normal terus dibuatkan regulator dc 12v seperti yg diadaptor buat amplifier dgn minimum kemampuan supply arus 5amper.

Comment by sekopati

kalo dr kiprok kan tegangan’a gak stabil bos. . . bknnya malah bikin lampu gmpang putus? ?

Comment by asyer anwar

ya iyalah makanya dibuatkan stabilizer tegangan aktif dengan menggunakan rangkaian electronik. agar bisa stabil.

Comment by sekopati

tanya 1 lg mas bro. . . sbnrnya capasitor bank itu fungsinya buat apa? ? ? tuh capasitor ngambil dayanya dr mana? ? trus kerugian ama keuntungannya apa aja yah mas? ?

Comment by asyer anwar

fungsi kapasitor adalah menyimpan energi pada saat diisi dan dibuang kembali pada waktu yang lain. tujuannya mengurangi ripple/riak/gelombang dari penyearahan yg dihasilkan oleh diode.

Comment by sekopati

info nya nagus banget, tengs y

jadi intinya tuh cap bank di pararel doang y ?
ane mw pasang di vixi tapi msh belom berani utak atik, g ngerti klstrikn motor.

Comment by kezo

betul bro….gak masalah kok untuk system injeksinya si vixi

Comment by sekopati

hmmm oh iya om,klo ganti aki dr 3,5a ke 5a spt yg ditulis apa ada yg perlu diubah???ato langsung ganti aja?apakah tdk ada masalah dgn charging accu

btw,nice post ya,besok sy coba deh ke soun sy :D

Comment by jahe erka

seharusnya gak ada masalah karena accu hanya sebagai tempat penampungan saja tak ubahnya bak air.

Comment by sekopati

ass wr wb bang bro eko
lngsung aja ya ,dmna beli kapasitor bank karna bikin sendiri kayanya ribet banget tuh…dan pastinya ga ngerti kaleeee heheheh

Comment by abdi

bisa beli di bro martin atau coba searching di kaskus bro…

Comment by sekopati

klo bro martin contac numbernya brp bro ?

Comment by abdi

saya kurang tahu bro..coba browsing di internet dengan kunci “martin+bajaj pulsar teririt” pasti ketemu kok lokasi di jagakarsa di jalan joe

Comment by sekopati

mohon bantuanya bro edi untuk infonya …thx berat

Comment by abdi

bang bro ane dah beli capasitor merk MC dgn kapasitas 15000micro farad tp ane pake aki yg 3.5 ah ,pertanyaanya apakah sesuai perbandingan aki dgn kapasitor ?

Comment by abdi

apakah berfungsi kapasitornya ? mohon pencerahanya bro eko ! matursuwun……….

Comment by abdi

alhamdulillah berfungsi bro, walaupun accu sudah mulai tekor tapi masih bisa pakai starter elektrik

Comment by sekopati

ok gak masalah semakin besar semakin bagus kok

Comment by sekopati

bro eko tp selama bbrp hr ini lampu utama mulai redup ya terangnya ,apa capbanknya ga menyimpan arus ya ?
trs gmna cara mengetahui klo capbank itu berfungsi ?
apa ane hrs ganti aki yg lbh besar amperenya ?

Comment by abdi

bisa jadi bro… karena pengisian cap bank bersamaan dengan pengisian accu. sedangkan accu akan terisi jika rpm lebih besar dari 2500 kira2. sarannya pada saat naik motor harus agak betot-betot gas sedikit biar cap bank bisa segera terisi.

Comment by sekopati

tengkyu bro eko atas jwbanya
sukses buat anda !

Comment by abdi

selamat siang gan…
aku mau tanya seputar capacitor accu.. kalo buat mio sporty ukrann capacitornya berapa y gan… trus kalo udah tau ukurannya seumpama mau pasang dobel alias paralel ada efeknya gak gan.. trimakasih gan..

Comment by kecak

estimasi mio sporty kira2 10000 mikro farad bro….dipasang 2x jadi lebih bagus…

Comment by sekopati

Mas bro saya mau tanya kalau motor saya gak ada accunya supaya lampunya bisa terang gimana caranya??apa bisa di kasih kapasitor

Comment by wawan_coys

motornya apa? bro rx king ya. jika menggunakan sistem ac mungkin sedikit manfaatnya bro…. karena tujuannya kapasitor untuk membuat tegangan dc dari kiprok menjadi lebih rata.

Comment by sekopati

wah makasih ya gan, sangat bearati banget postingan agan…
tapi kenapa y info2 seperti ini tidak dipublikasi dan disosialisasikan oleh pemerintah dimedia massa demi kepentingan masyarakat. padahal hal2 seperti ini kan sangat menguntungkan masyarakat kecil.

pokoknya top deh juragan…
sukses ya gan…
lanjutkan!!!
saya tunggu postingan berikutnya.
separatos!!!!!

Comment by kecak

makasih atas apresiasinya gan…

Comment by sekopati

Askum bro. . Setelah baca2 diatas,ada yg mau saia tanyakan. Motor saia thunder 125 dgn aki 12v 5ah.. Untuk kapasitornya yg ukuran brp? 20000 atau 30000 micro farad.?

Comment by toto

bisa dipilih salah satu karena minimum 10000 uF tapi semakin besar semakin baik.

Comment by sekopati

moon maaf bro itu cuman pakai capasitor doang apa ada diodanya ane ngerti dikit dikit sih masalah kelistrikan / elektronik mau coba coba bikin sendiri trus dijual deh hehehe siapa tahu bisa nyaingin yg lain ups soryy

Comment by heheheu

tanpa diode bro… tapi jika pakai rangkaian logic sih bisa lebih baik dan bisa langsung dijumper ke spul motor.

Comment by sekopati

broo tadi kan ane dah ke poncol nyari tuh capasitor buat scorpio z tapi nemunya 18.000mf/50 volt kira kira pengaruh ga tuh kan aki pio z 7 ampere kata temen tadi sih katanya ada perubahan dikit

Comment by heheheu

Bro…klo buat vario bisa nggak,trims banget sebelunya

Comment by yoko

Bisa Bro….

Comment by sekopati

sampean pinter banget,kami sangat maturnuwun sama sampean.vario tu kan canggih pengapiannya…bisa nggak di pasangin

Comment by dwi

bisa bro…silakan dicoba

Comment by sekopati

Pasang di vario aman nggak kang…suwon yo.

Comment by yoko

aman jaya kang

Comment by sekopati

om msh bingung nih, kl bwt suzuki new smash gmn elco nya? accu msh standard

Comment by adjex

coba saja pakai ukuran 10000 mikro farad dgn tegangan 50v bro..

Comment by sekopati

Bro mau nanya neh.. ane barusan pasang di VEGA ane 2001 kapasitor bank yang audio 100v 33.000uF.. nah kapasitor berhasil terpasang n menyimpang arus.. yang ane mau tanyakan:

1. kalau ingin mengambil arus buat lampu tembak langsung dari kapasitor bank yang voltasenya 100 v apakah perlu di tambah dioda/komponen lain sebelum ke lampu agar tidak putus sedangkan lampunya kan 12v 35w??

2. Kira2 ukuran seperti di atas aman buat motor ane??

maksih sebelumnya….

Comment by yvml 119

ukuran seperti itu sudah lebih dari cukup bro…. mengenai tambahan lampu tembak sebaiknya pakai relay dan tidak perlu pakai pakai dioda.

Comment by sekopati

wah wah wah, ae mu pke beban blitZ PATWAL, rotator n TOA 100W, rencana mau ganti aki…prtyany :
1. sbaiknya pke aki brpa ampere? dry or wet type?
2. klo pke elko 100V sebaiknya brpa Farad?

Comment by fais

wah berat juga ya bebannya….saya coba jawab. :
selain accu sebelumnya minimal ditambah 10AH accunya. untuk elkonya bisa pakai minimal 20 ribu mikro farad bro…

Comment by sekopati

ae da tmn yg pke tiger dg beban tsb, dia mngkali dg memakai accu kering 9Ah elco 100V 43000mikro..gmn pndpatnya bro?

klo motor ae sih pke megapro’04, rencana mau pke accu 12Ah elco 1Farad..kira kira gmn pndpatnya ?

Comment by fais

boss ane udah 2x kirim post ke ente tpi kok g muncul ya..
mtor ane Thunder 250. beban aki cman lampu dpan philips 130/100w ma bell hella, kira” CB na di kasih brapa ya?
soalna kmaren sempet drop akina, pdahal bru blan 4 kmaren diganti…

Comment by rendy tagasi

bisa saja selama kecepatan motor di atas 5000 rpm pasti gak tekor2 amat. Dan jika tekor segera dicharge pakai adaptor paling tidak setelah dipakai beban penuh segera dicharge accunya. untuk motor megapro jika menggunakan 12ah bisa pakai minimum 25 ribu mikro farad bro…gak perlu sebesar 1 farad atau setara 1 juta mikro farad (mungkin besarnya satu galon aqua nih kalau ada yg jual).

Comment by sekopati

boss ane pnya GSX 250 accu ane 12v 10 mAh bebanna sih stadart cman lampu dpan pake philips 130/100w ma bell merk Hella..
kmaren sempet ngedrop accuna pdahal baru blan 4 kmaren beli.
gmna ya boss cara ngakalinna, trus klo pake elco pake yg berapa…????
thank’s….

Comment by rendy tagasi

maaf baru bisa jawab karena sabtu-minggu biasanya off. besarnya accu mungkin 10Ah ya bro… terus untuk lampunya apakah tidak terlalu besar ? seharusnya bisa menggunakan yg 55w saja. jika kurang terang bisa pasang projector lamp. karena jika pakai 130w pasti tekor tuch accunya. kalau besarnya elko bisa menggunakan minimum 20 ribu mikro farad. semoga membantu

Comment by sekopati

Bang mw tnya, mtor gw GSX 250 pake aki 10mAh bebanna cman lampu dpan pake philiph 130-100w ma bell hella.
Kira” brapa ya nilai elco yg dipasang??
Ditunggu jwabanna…..
Makasih…..

Comment by rendy tagasi

sudah dibalas ya…

Comment by sekopati

Iya boss, makasih jwabanna..
Klo pake projector lamp brapa watt dayana?

Comment by rendy tagasi

rata2 projector berdaya 35~55 watt yang type halogen. sedangkan hid biasanya 35w.

Comment by sekopati

Om yang diforum Cysers.info ye….hehehe…
Ane numpang tanya neh…mau rakit capsbank…dimensinya yang bro pake muat gak di box deket aki? Ane baru pasang Stebel..takut ngedrop neh…thanx a lot ye…kalo punya pict…kirimin ye ke winsiy_panda@yahoo.com.
Thanks banyak.

Comment by Pandagembul

muat oom panda. terima kasih telah mampir. hanya saja saya tidak punya camdig, jadi mohon maaf jika tidak bisa upload gambarnya.

Comment by sekopati

capasitornya 10000 uf voltnya berapa?

Comment by kama

tergantung motornya bro….kalau mau aman minimal 50volt

Comment by sekopati

maksud tergantung motor itu apanya,,,,,

Comment by Mundirable

biasanya kalau fullwave tegangan bisa sampai 24v mas

Comment by sekopati

bro. . .numpang gabung donk. . .
ane jg pengguna CS1, semua kelistrikan masih normal, cm ane tambahin klakson innova ja,
tp ane rasa, klakson’a masih kurang keras dibandingkan dengan dipakai di mobil, kira2 klo pake capasitor bisa maksimal gak bro ??
trus pemasangan kapasitor apa mesti di aki??bisa gak di pasang sebelum klakson??

Comment by Prasetyo

pemasangannya harus pakai relay. dua kabel lama dihubungkan ke relay. terus bikin jalur baru dari aki (+) ke relay dan dari relay ke klakson (coba lihat wiring diagram di body relay). dan sisa satu kaki di klakson dihubungkan ke body atau ground. Tapi hati2 meskipun menggunakan kapasitor bank akinya tetap tekor walaupun tidak menyebabkan aki tersebut rusak.

Comment by sekopati

bos..vixi aku pasang capbank 10rb mikrofarad 80volt dipasang langsung paralel dgn aki, kira2 bnar gak..
Tp stlh motor dihdupkan injeksi pump nya masih kedengaran ngedrop apa bila lampu dinyalakan atau lampu rem nyala, apa lagi lampu sign dinyalakan injeksi pump kedngaran berdenyut2 ngikut kedip2 lampu
Yg lbh amanya gmana..?
Mohon tunjuk ajarnya
bisa kirm ke email ku
‘nrz_wobar2000@yahoo.com’

Comment by kluangman

betul mas bro… coba di cek apakah dalam kondisi normal tanpa kapasitor hal tersebut tetap terjadi atau tidak. jika terjadi takutnya akinya yg soak.

Comment by sekopati

mas bro mau tanya nich,kalau untuk yamaha mio tetapi pakai aki tiger.pakai kapasitornya yang berapa micro yach……

Comment by ndree

pakai saja 2200×7 mikro farad. atau minimum 15000 mikro farad mas bro…

Comment by sekopati

nupank tanya bos…
klo bwat honda grand bgusx pke capasitor brapa micro n volt?
rencana mo naikin sound sistem n da lampu acc gtu bos….
mhon bimbinganxa,,,
makasih……

Comment by ahmat

coba pakai 20000 mikrofarad mungkin sudah cukup.

Comment by sekopati

kalau untuk satria fu sama gak yah ukurannya….??

soalnya, setelah saya pasang lampu HID, ACCU gampang ngedrop.

tenks ya gan infonya….

Comment by wasis

sudah dibalas ya mas bro..

Comment by sekopati

kalau untuk satria fu sama gak yah ukurannya cap…??

accu saya 5 amp.

soalnya, setelah saya pasang lampu HID, ACCU gampang ngedrop.
apakah ini bisa mengatasi masalah ini mas eko…??

tenks ya mas eko infonya….;)

Comment by wasis

kalau mau pakai hid tanpa merubah kiproknya harus menggunakan accu yg lebih besar bro…minimal 10ah. coba pasang 20000 mikro farad supaya lumayan ngangkat beban hid tersebut. Dan jangan lupa sering2 dibawa jalan minimum 6000rpm biar accu terus dicharge dan tidak gampang soak.

Comment by sekopati

mw nanyak mas,,
saya ad CB tpi koq g’ ad indikator plus minusnya ya.??

gmna cara.nya biar tw plus minus.ny.??
thx

Comment by arief

ada juga type elco yg non polarity jadi bisa atau boleh tertukar cara pasangnya. untuk elco yg biasa biasanya pasti ada tanda plus atau minusnya.

Comment by sekopati

Sebelumnya lam kenal nih, saya ingin sharing nih ttg pemasangan Capasitor Bank (CB) di motor. Harap maklum buta ttg kelistrikkan :
1. Apakah betul dengan pemasangan CB ke Accu, mempengaruhi seluruh pengapian dimotor (CDI, Koil dan lain-lain)
2. Apabila ingin penambah terang lampu (misalnya pemasangan HID), kabel (+) dari CB disambung kemana, apa hanya cukup disambungkan di Accu saja, tidak perlu lagi di sambungkan kearah lampu dan dipararelkan ke saklar lampu.
3. kalo ingin disambungkan ke lampu apakah harus memakai relay, pemasangan ini juga akan menambah terang lampu2 lainnya misalnya pasang lampu kolong, dan lain sebagainya.
4. apabila kabel (+) CB ini dipasang ke saklar lampu, apakah kabel (+) standard diputus dan diganti dgn kabel (+) yg dri arah CB.
5. Untuk pemasangan kabel (+) CB yang kearah kunci kontak gimana, apakah fungsinya dapat sebagai pemutus arus dari CB dan tidak perlu lagi saklar on/off tambahan, perlukah memakai relay lagi.
Thank’s for your ask.

Comment by rusman

no. 1 Tidak ada pengaruh negative mas.
no. 2 cukup ke accu saja.
no. 3 untuk pemasangan lampu berdaya besar sebaiknya memang menggunakan relay.
no. 4 tidak perlu putus kabel ori mas.
no. 5 secara otomatis jika kontak off maka tidak ada pengisian ke cb.

semoga bermanfaat.

Comment by sekopati

Maturnuhun sanget atas blsnnya, tpi mo sharing lagi nih. CB yg terpasng ke Accu kan hanya u/ menstabilkan, utk mempebsr pngapian yg pernah sya baca d psngi kapasitor 4.7 uF dr CDI ke koil (koil yg sy pakai Blue thunder dan cdi BRT unlimed). Mhn advisenya mas, utk lmpu agar lebih terang d psng lampu apa, karena klo HID takut lumer tuh batok keplanya. Makasih mas mudah2an nggak bosen membantu sy.

Comment by rusman

fungsi kapasitor dari cdi ke koil ada dua kemungkinan dipasang seri atau paralel. jika dipasang seri mungkin malah berbahaya. sedangkan jika dipasang paralel mungkin berguna untuk mempercepat phasa arus listriknya atau memperbaiki faktor daya sehingga otomatis memperbesar arusnya. hanya saja saya sendiri tidak rekomen sistem tersebut. kalau mau terang bisa menggunakan sistem projector tapi dengan tetap menggunakan lampu standar. masalahnya harus memodifikasi dudukan lampunya.

Comment by sekopati

saya pemakai Pulsar200 dah ganti aki yg 10A (standar 9A), permasalahannya kini ada tambahan lampu foglamp mobil 2×55 watt dan headlamp masih pake yg 35watt.. setelah 30 menit indikator aki dah kedip-kedip tanda tekor (dan akhirnya harus ngedorong akibat starter elektrik gk bisa dan gk ada kick starternya T.T)

ada saran gk bro bgimana agar aki gk ngedrop :) apakah dengan pemasangan CB yg besar dapat menanggulanginya???

kira2 yg berapa ukuran CB nya???

Comment by aditya_gumay

saya rasa dengan cb sekalipun pasti tetap tekor karena bebannya terlalu besar. pemakaian cb mungkin hanya menunda beberapa waktu dan membantu pada saat starter elektrik digunakan. besarannya bisa menggunakan minimal 20000 mikro farad mas.

Comment by sekopati

makasih mas Seko atas advisenya, sy jd btah nih nanya2 jd brtmbh nih ilmunya. Sy nggak jdi pake kap ut memperbsr pengapiannya krn terlalu riskan dan u/ nambah terng sy udah tanya2 lmpu proyektor lumayn juga harganya (mendingn u/ bayrn ngaji anak he..he..he..), makanya sy beli bohlam lampu H3 philips. tpi bingung nih pemasangannya karna kabelnya cma satu, gmana nih psngnya utk lmpu jauh n dekat, aplikasi apa yg hrs dbikin agar cahaya lampu fokus kedepn n tdk menyebar oh ..ya motor sy smash mas. Pareng…Makasih mas jgn bosen jawabnya.

Comment by rusman

paling mudah pakai projector lamp tapi yg bisa jauh dan dekat.

Comment by sekopati

tanya lagi donk mas bro. . . .

klo pake kapasitor dengan kapasitansi lebih besar atau sekitar 1,5 Farad di CS1, efeknya baik dan buruknya apa ya ?

klo misalnya mau pake lampu H4 2x( 55/60W ), kira2 tetep tekor gak aki nya?trus, bisa bikin reflektor meleleh gak ?

Comment by Prasetyo

reflektor pasti meleleh jika pakai lampu lebih besar dari 25w bahkan kabel bisa putus di dekat konektornya karena arus yg terlalu besar. selain itu dijamin tekor meskipun pakai capasitor yg besar.

Comment by sekopati

untuk kapasitas yg lebih besar memang lebih bagus hanya saja susah cari posisi pasangnya.

Comment by sekopati

mas bro, tanya lagi, sy dah pasang cb utk accu di motor SMASH dgn urutan : kbl cb (-) ke (-) accu, kbl cb (+) ke ktb riley 87, accu(+) ke riley 30, kaki riley 86 ke bodi, kaki riley 85 ke kabel kuning kontak.
apakah pemasangan dah benar karena riley sy pegang panas, berbahaya nggak mas.
Terus da maslah nih mas bro, sy pasang riley lgi Riley Bosch model 0332014150 utk lampu, krn stlh sy pasang, lampu langsung nyala padhal posisi kontak off, adapun pemasangannya :
1. Kaki Riley 87 ke lampu (kabel kuning),
2. kaki Riley 85 ke bodi,
3. Kaki Riley 86 ke saklar (kabel kuning),
4. Kaki Riley 30 ke (+) ACCU dan kearah saklar (kabel kuning juga). tolong dong mas apa yg salah nih…please.

Comment by rusman

untuk cbnya langsung disambung ke aki tanpa perlu menggunakan riley. sehingga tidak menyebabkan panas. sedangkan sambungan kabel yg lain masih seperti std motor.

Comment by sekopati

gan, pernah denger Relay Lampu MX-11 Professional ?
klo di aplikasikan di CS1, bisa gak ya ???

Comment by Prasetyo

maaf saya kurang tahu mas…

Comment by sekopati

mas bro, maaf neh nanya nanya terus….
mau tanya donk,,,
ada gak aki 10 ampere untuk cs1????
klo ada, type apa dan kisaran brp???
sblm’a, thanks ya mas bro…..

Comment by Prasetyo

mas bro, kalo aki masih bagus bisa nggak di tambahin Elco 10.000 micro biar lebih terang, dengan cara di jamper sebelum saklar lamu, dan elco yang kaya gimana? elco yang satu arah atau elco Plus&Minus,? solanya kalo saya denger harus elco satu arah. stsu beli elconya bebas2 aja….. mohon info

Comment by Usman

bisa saja masbro…mengenai elconya jika diparalel dengan accu bisa pakai elco polarity (yg ada tanda + dan – nya) jika mau mudahnya silakan pakai elco non polarity tapi harganya jauh lebih mahal.

Comment by sekopati

makasihhhhhhhhhhhhh buanget …
lama juga nih cari fungsi ukuran rakitan kapasitor bangk….
ok matur suwun…
oprek oprek lagi….

Comment by agus heart

Boz, yg jual kapasitor sgtu dmn y?

Comment by lukman

banyak di jual toko electronic mas…

Comment by sekopati

Motor sy gl-pro neotech 95. Klo menurut pendapat anda yg sudah², bisa dikasi elco apapun minim mulai 20.000uF ya? mengenai voltasenya gimana bro?

thx

Comment by Rick

voltasenya minimal 50 volt bro

Comment by sekopati

wuah ini bagus ni buat jadi inspirasi modif hemat,,hehehehhe..alhasil ane praktekin bro tapi ada yang aneh ni bro,,ane share ya,,,sebelumnya motor ane vixion 08 accu 7amper standartnya 3,5amper,,nagh pertama kali ujicoba ane bikin yang 10.000 mf 80v (karena adanya yang segini) setelah dipasang karena motor ane gak pake macem2 perubahanya keliatan di tarikan & klakson kapal yang ane pake,,makin enak..karena ujicoba berhasil ane naikin lagi jadi 20.000 mf(make 2 tabung)tapi kenapa ya kok pas dijalanin klakson cenderung lebih kecil & tarikan bawah gak seenak waktu pake 1tabung 10000mf???padahal rangkaian udah bener dan kapasitor sudah di test (dicharge dan dikonsletkan keluar api)
kayak aki ane kesedot dia semua gt bro,,padahal dah ditest jalan 20kman gak ada perubahan asumsi saya awal dia nyedot dulu dan akan enak entarnya setelah terisi full,,mohon pencerahanya ya bro,,,big thanx,, :)

Comment by aji

kapasitornya dicoba paralel atau seri bro ? jika seri maka kapasitasnya akan lebih kecil tetapi voltage rangenya akan lebih besar.

Comment by sekopati

Setelah saya baca semuanya… saya maw nanya bos… klo motor supra x yang accunya 5 Ah, dibuat Kapasitor Bank 0,5 farad (500000 mikro Farad), bisa g?? trus kapasitasnya brapa watt yang bisa ditampung jika KB-nya 0,5 farad. soalnya saya mw bwt lampu motornya banyak.

Comment by Pecinta Wanita

bisa saja tetapi sifat kapasitor adalah bersifat transient tidak bisa langsung supply seperti accu. jadi lebih baik accunya yg diperbesar.

Comment by sekopati

Sorry, mo nanya nih boss… Sy sudah bikin dc booster sesuai petunjuk yg ada diartikel ini. Nah… Yg bikin ganjelan dihati, saya salah menggunakan kabel. Saya pakai kabel audio. Kira2 efek negatifnya apa yah…
Mohon pencerahannya. Thx.

Comment by Santay

tidak masalah mas bro….

Comment by sekopati

bro ikut nimbrung nih aku kan udah cari tuh capasitor 10000micro fared diglodok yg ada dikota tp penjualnya bilang ga ada yang punya. kl aku tanya kepedagang pasti dikasihnya elco, masa dijakarta ga ada sih bro.ohya bro yg bro maksud capasitornya yang model baut kan dan biasanya ada diprodak ac dan mesin jetpam bukan.

Comment by cahyono

ya betul bro, biasanya elco tersebut buat adaptor. untuk type yang buat ac biasanya tegangannya lebih tinggi.

Comment by sekopati

Permisi om,,,
Ane cuma mau tanya aja, motor ane karisma’05 udah aplikasi CB 10.000 mikro farad karena accu standar ane 3,5A sudah ane rasakan beda nya,,,tetapi setelah ane pasang HID 35w selama 2 hari koq malah drop??? (Indikator blank semua)
Sekarang ane double in accu ane pake punya Tiger yang 7A,,,kalo ane mau aplikasi in CB itungannya gimana om? Apakah 7A + 3,5A = 10,5A x 2200 ???
Kira2 pakai capasitor yang berapa mikro farad?
Trus katanya kalo satuan farad nya lebih besar lebih bagus, yg ane mau tanya juga paling besar yang di jual di pasaran itu berapa mikro farad? Biar ane cari & tinggal aplikasiin ke tunggangan ane om,,,
Makasih sebelum nya & mohon pencerahan nya supaya tunggangan ane lebih yahud,,,

Comment by vincent

accu drop karena pengisian ke accu yang kurang besar. bisa disebabkan koil dinamo yang kapasitasnya lebih kecil dibanding beban. atau motor sering dipakai pelan sehingga tidak terjadi pengisian ke accu. mengenai ukuran kapasitornya memang menjadi 22000 mikro farad. dipasaran paling besar sampai kapasitas 20000 mikro farad untuk yang arus rendah (elektronika) umumnya ukuran 10000 mikro farad. untuk mencapai kapasitas 20000 mikro farad, anda bisa menggunakan 2 buah elco kapasitas 10000 mikro farad diparalel

Comment by sekopati

mas broo saya mau tanya capasitor bank ac sama dc itu sama atau beda

Comment by andreas

sama saja mas bro..

Comment by sekopati

bro mau tanya nech stater ga kuat klo buat klakson jg lampu adi redup padahal aki baru di cek jg bagus brooo

motor ane scorpio z tapi pake aki thunder brooo

pake gmna ne y broo yg bagus n kuat jadi ga usah di bikin Dc pio ane brooo….

klo yg udah jadi ada ga boz pm ane donk

klo y ne no ane 083897668292

Comment by Linux Budhy Torvalds

kalau beban normal maka aki harus dicharge ulang sampai penuh baru kondisi tersebut akan tidak terulang. tetapi jika beban berlebih maka walaupun aki masih bagus tetapi kapasitasnya hanya akan tinggal 50%~75%

Comment by sekopati

Mas eko yg ahlinya. Ak mo nanya nih. Pemasangan elco biar lbh awet tu bgusnya dipasang paralel dg aki atau paralel lwt output positf kontak? Utk pmakaian 47rb uf/80v dg 1elco, dn dg 20rb uf/80v dg 2elco paralel, tu lbh bgus mna utk kinerja awet+tenaga+daya+ketahanan dlm pnerapan CB di mtor. Matur nuwn mas prof.

Comment by Agus

lebih baik paralel dengan aki untuk menghindari salah pemasangan dan arus bocor mas. 1 elco lebih baik karena tidak perlu khawatir kondisi elco yang lainnya. sami2 mas

Comment by sekopati

boss saya punya honda cg 110 udah d ubah jd cdi , trus gmna buat tenaga nya bisa bertambah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
soalnya motor saya gk bertenaga……………………

Comment by Rheeno Ajha

supaya lebih bertenaga ya harus dilakukan revitalisasi mesin mas. maklum sudah tuwa. coba di overhaul ganti koil, kampas dan per kopling mungkin akan lebih membantu

Comment by sekopati

sebelumnya maap nih mau tanya tanya .

motor ane Satria FU & speknya :
– CDI BRT DualBand Tune Up / Racing
– Koil Blue Thunder
– Busi TDR Ballistic
– accu standar

sejak pengapian ane ganti racing kok klaksonnya gak mau bunyi [apa lagi di RPM tinggi] ,, tapi kalo mesinnya gak di nyalain [kontak On] itu klakson malah bunyi. takutnya pasokan ke accu kurang & accu jadi drop .

yg mau ane tanyain :

1. apa semua kelistrikan di ambiL CDI ??

2. mohon petunjuk untuk penggunaan & pemasangan yang tepat untuk Capasitor nya di motor ane di lihat dari spek nya tadi. [apa saja yg harus disiapkan, ukuran, polar/non-polar] .

3. mohon petunjuk juga penggunaan & pemasangan Capasitor untuk Coil Booster / CDI Booster agar bunga api yang di hasil kan busi makin besar ?? [apa saja yg harus disiapkan, ukuran, polar/non-polar] .

mohon pencerahannya & jawabannya .

sekali lagi maap ane banyak tanya tanya .

terima kasih banget oM sebelumnya.

Comment by nieyzie

1. tidak semua bro…. hanya busi saja
2. bisa menggunakan yang polariti maupun yang non polar. jika pakai yang polarity harus extra hati2 dalam pemasangannya
3. yang saya tahu coil booster biasanya hanya menaikan tegangan dari cdi. kalau mau dipasang elco harus dipasang paralel dengan kabel cdi dengan nilai yang kecil (mungkin beberapa pico farad) dengan type non polarity. tapi hal ini tidak direkomendasikan. lebih baik kabel cdi ke busi diganti dengan kabel yang lebih besar misalnya 4mm.

Comment by sekopati

cara ngitung kapasitas alternator motor vario gmn caranya gan ?
terima kasih

Comment by sikat_WC

biasanya sudah tercantum di buku pemilik kendaraan tersebut mas bro

Comment by sekopati

salam kenal mas eko, saya punya mobil dengan aki 45 ah, klo jumlah berapa faradnya saya sepertinya sudah faham setelah baca dari awal sampai bawah, yang masih jadi pertanyaan saya tentang voltasenya masalahnya kan saya bukan yang suka ngebut jadi jadi rpmnya dikisaran 4000 an saja, kira2 berapa ya voltase capasitor yang memadai buat mobil, terima kasih sebelumnya.

Comment by arief

kapasitornya otomatis sama seperti motor mas, bisa menggunakan tegangan kerja 50v jika ragu2 bisa pakai 100v

Comment by sekopati

Bro, ane mo nanya nie soal motor ane
Motor ane Suzuki Smash 110cc, aki kering 12v 3amp
Nah, ane iseng nie ngoprek sistem kelistrikan lampu motor ane
Karena masih ngikutin puteran mesin, jadi lampu motor ane redup terang sesuai puteran mesin
Ane nekat, tu jalur kelistrikan lampu ane by pass langsung ke aki
Hasilnya ajib sih bro, terang jayaaa
Tapi efek sampingnya aki ane jadi tekor mulu bro
Nah dengan sistem kelistrikan ane yg kayak sekarang ini, pengaplikasian capacitor bank bisa ngebantu ngilangin masalah aki tekor yg ane alami gak sih?

Thank you atas pencerahannya bro

Comment by Frentis

Ya jelas tekor bro, jika tidak ingin tekor jalur dari lampu yang dicopot ditambah rangkaian catu daya dan digabungkan ke akku maka akan mengurangi beban akku. sehingga akan mengurangi resiko akku tekor.

Comment by sekopati

bgai mn dngan head lamp, bza pke lampu standar ga…

Comment by U-back Pengindicyank

bisa mas bro

Comment by sekopati

Permisi Mas Bro… numpang nanya????
Saya sudah bikin Kapasitor Bank dengan merakit sendiri yaitu 10.000mf x 10= 100.000mf tapi 25 Volt….
Kira2 bedanya dengan KB yang ukurannya minimal 50 Volt apa ya????
mohon sarannya….. thanks.

Comment by iwanscorpio

perbedaannya hanyalah tegangan tembus di kapasitor tersebut. jika kita pakai yang lebih besar otomatis lebih aman, seumpanya terjadi kerusakan di kiproknya biasanya tegangannya bisa naik 2x lipat jika standar pengisian kira 15v dan dikalikan 2 maka tegangannya kira 30v sehingga elco kita akan rusak.

Comment by sekopati

Permisi Gan….. numpang tanya…
Saya pemilik motor pio trus dah pake Kapasitor Bank buatan sendiri…
Saya pakai ELCO 10000mf/25V sebanyak 10 biji dan digabung paralel menjadi 100.000mf…..
Kira-kira perbedaannya dengan elco yang ukurannya minimal 50V apa ya??/
Mohon percerahannya.

Comment by e-one dharmawan

Gan. saya mau tanya??? ane dah bikin kapasitor bank buatan sendiri dari ELCO 10.000mf/25V sebanyak 10 biji jadinya 100.000mf.
Kira2 ada perbedaan ngga sama kapasitor yang ukuran 33.000mf/ 50V???
Mohon pencerahannya
Mkasih…

Comment by iwanscorpio

kalau perbedaan performa mungkin sangat kecil mas bro, hanya saja tegangan riak dari spul yang masuk ke accu akan menjadi semakin kecil. tegangan riak/ripple yang mengecil otomatis akan membuat accu lebih awet. perbedaan yang kedua adalah dengan kapasitas yang besar otomatis pengisiannya akan menjadi lebih lama dan menghasilkan panas yang lebih besar dibandingkan yang lebih kecil.

Comment by sekopati

bos mAU tanya saya punya motor mega pro. saya msih bingung pnyambungan elconya gimana.?? terus ukuranya pakek berapa

Comment by Al Zuhri Penyayang

kalau tidak salah kapa accu megapro maks 10AH. Silakan bisa menggunakan elco 10,000 mikro farad sebanya 2 unit diparalel. terus kutub + elco disambung ke kutub + accu. Kutub – elco disambung ke kutub – accu.

Comment by sekopati

Lanjut lagi nech Mas bro….
Jadi enaknya kapasitor bank yang bagus itu….. kapasitas Voltase yang besar atau yang kecil ya???
Terima kasih mas Bro….

Comment by iwanscorpio

lebih baik voltage besar jika terjadi over voltage gak takut system kelistrikan yang lain ikutan jebol

Comment by sekopati

Mas mau Tanya klo minta dibuatin BS g Dan no HP sampean berapa mas?

Comment by adhetya

maaf mas bro belum bisa bantu bikin.

Comment by sekopati

gan ane belom tau massa itu apa
apa maksudnya kabel (-) capasitor ditancepin disembarang baut dibody apa dikabel massa motor yang warnanya hijau tanks

Comment by Ronggo Ari Sadewo

massa itu body motor masbro. kalau bisa ya disatukan satu titik saja.

Comment by sekopati

kabel masa dihubungkan ke kutub negatif accu dan dibaut dengan body motor

Comment by sekopati

maaf disundul lagi nih biarpun udah lama :)
ane pake vixion, rencana mau pake dobel accu 6A
kalo mau bikin kapbank apakah itungannya jadi 12A atau tetep 6A?
terus kapbank nya dipasang di accu yang buat kelistrikan standar (accu ori) atau accu yang buat variasian (accu tambahan)?
terima kasih sebelumnya…

Comment by deky

hitungannya 12 amper masbro

Comment by sekopati

bisa std accu yang digunakan karena spulnya masih dengan kapasitas yang lama

Comment by sekopati

permisi, numpang nanya mas bro..
kalau untuk cs1 bagusnya pakai aki berapa amphere?
trus kalau mau ngubah kelistrikan jadi dc kira2 bagus atau tidak?
makasih..

Comment by bayu adrianto

pada prinsipnya sama saja baik dc maupun ac. jika dirubah dc maka accu harus lebih besar. karena semua kelistrikan harus disupply oleh accu. jika pengisian tidak seimbang accu bisa tekor

Comment by sekopati

wah ini menarik sekali..meski goglingnya saya telat.sesama pengguna kalo mau pasang di CS1 sebelum CDI kira2 kutub + elko dapat kabel warna apa ya di pin soket CDI itu?kalo masang langsung di aki takutnya akinya tekor.trims…

Comment by maulana

lebih baik di accu mas dibanding di cdi, sudah setahun motor tidak dipakai, terus dipanasin sampai setengah jam langsung tokcer lagi

Comment by sekopati

Gan mw tanya. . .
Rangkainnya kayak di amplifier itu ta,,???yg dari trafo trz ke kiprok dan elco,,
Arus inputnya dsambung kemana dan arus outputnya disambung kemana…??

Tolong bantuanya,
komponenya apa aja yg dbutuhkn buat megapro..??
Thx

Comment by Trio

elco seperti di rectifier bro. kutub + elco ke kutub + accu dan seterusnya.

Comment by sekopati

gan , ane udah pasang di beat ane , tapi ko blm ada efeknya ya ? Lampu indikator pada speedo masih redup kalo ane pencet rem , n klakson ane , engga nyaring , ane pake 2 kapasitor masing2 10.000mF 50v .
Mohon pencerahannya gan .

Comment by reza

cara pasang elconya bagaimana masbro ? apakah (+) ketemu (+) atau (-) ketemu (-)

Comment by sekopati

ikutan nyelah ya mas eko,ane juga punya problem yg sama dgn bro reza,pemasangan juga udh sesuai dgn saran mas eko,tp ttp aja blm ada perubahan..akhirnya tuh CB sy lepas lagi, ada tmn yg bilang harus dibawa jalan dulu supaya ngisi, apa betul..?atau ada solusi lainkah..?mohon pencerahannya tks..

Comment by Ahmad Ya Surya

sebaiknya memang begitu mas dibawa jalan biar cepat ngisinya

Comment by sekopati

Asslm. Ane udah coba bikin sendiri dc booster nya, hasil muantab! Kemaren di parung ane libas jupiter mx, tiger n byson, padahal motor ane thunder 125 non kick starter n full standard cuma peke dc booster doank. Terima jasa pembuatan dc booste, cp:081806670067

Comment by Yogi abimanyu

wa alaikum salam mas. semoga bermanfaat.

Comment by sekopati

kalau dpsang pd mio th2007 bisa gak bro? saya pake accu kering

Comment by yudi lapanempat

bisa mas bro. cs1 juga accu kering kok

Comment by sekopati

wah sip juga idenya saya ingin tanya mas kalau di pasang di motor jadul gd 100 bagaimana pasang elconya kalau bisa jelasin pake gambar mas makasi sebelumnya

Comment by kakiang made

maaf mas saya jarang online di blog.

Comment by sekopati

halo mas….numpang nanya2 ke expertna ya….mtor sy mg pro 2003 ..sya dah cb pake elco 50v 10000…tapi lampu masih kedip kalo lmpu rem nyala…trus klakson jg jd pelan dikit klo lampu pada nyala (dibanding kalo smua lampu mati..) aki baru…12 v 5A, info aja pas aki di lepas dan lampu dinyalakan aktu mesin digeber malah ga putus tapi malah redup gitu…katanya mas bengkel kipfrok ente minta ganti….nah..solusinya gmana ya…semisal tanpa ganti kifrok tpi klistrikan jg jos gitu makasih mas

Comment by pangestu104pe

lebih baik ganti kiproknya mas bro dibanding cdinya nanti kena masalah

Comment by sekopati

kalau untuk motor tiger revo bisa gk dipakai? trus nilainya berapa yang cocok ya? thnk’s.

Comment by kasiaman

bisa mas silakan pakai 10000 mikrofarad x2

Comment by sekopati

permisi mas, mw tanya..
saya udah coba aplikasi kan rangkaian caps bank nya di motor vario saya.. memang terasa perbedaan nya, apalagi saya sudah pasang klakson tambahan..
tp ada yg sedikit mengganjal nih..
apabila rangkaian caps bank yang langsung diparalelkan tidak akan mengambil listrik yg ada di accu dalam kondisi motor mati.??
mohon info nya mas..
terima kasih..

Comment by Septian

selama sering dipakai tidak ada masalah masbro.

Comment by sekopati

siang brow,gue mau nanya kabel pada spul mocin merk loncini warnanya apa aja ya,dan masing2 kemana conectnya mas brow(loncin tril mini)

Comment by bagas

maaf mas saya tidak ada data

Comment by sekopati

gan kira2 total klo beli barang itu sekarang brp?

Beli capacitor 10.000 mikro Farad tipe konektor/model baut seharga Rp. 15.000, kabel tiga warna AWG8(merah, hitam hijau) (diameter core 8mm) beli Rp. 3.000, kabel skun 5 pcs (2 spare) diameter disesuaikan dengan lubang baut accu dan massa beli Rp 2.500 dan konektor 5 pcs (3 pcs spare) beli Rp 1.000, sumi tube sesuai ukuran kabel beli Rp. 2.000. Jadi total jendral pengeluarannya adalah :

Comment by chiko

paling banter juga 50 ribu gan

Comment by sekopati

mas bro ane pnya motor tiger tpi accu dah pake 10A trus aneh dah pasang cb 10000uf 50v 1 biji, itu sudah mumpu ni apa belum…?

Comment by alvin

sudah lumayan mas. jika ingin bagus lagi bisa ditambah 1 lagi.

Comment by sekopati

ekojuwono@yahoo.com

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: