Computer-Automotive-Electronics (Seko Personal Blog)


Cara Menyetel Langsam Motor Honda Tiger & Bebek
June 3, 2009, 4:00 am
Filed under: Automotive

Teknik Menyetel langsam Honda Tiger Revo
Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?
Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…
Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.
Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.
Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM
Nih caranya:
1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM
2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil

3. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
4. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :
1. Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
2. Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
3. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
2. Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
1. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
2. Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
3. Periksa per skep mungkin sudah lemah
4. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
5. Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
3. Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
2. Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
3. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)
Teknik Menyetel langsam Honda Bebek

Ini adalah artikel yang sama mengenai penyetelan Angin Sepeda Motor Honda, karena sebelumnya sudah pernah saya buatkan artikel mengenai menyetel langsam sepeda motor Tiger, namun karena masih ada yang blm jelas dan banyak yg menanyakan, maka saya tambahin disini. Buat yang kepengin nyetel langsam motor Honda bebeknya dirumah, nih saya kasih tipsnya…
1. Putar Pilot Screw (stelan langsam) searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira2 3000RPM.

2. Putar Air Screw (Stelan Angin) kekanan (searah jarum jam) hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah)

3. Putar kembali Air Screw kekiri (berlawanan dg jarum jam) kurang-lebih 1,5 – 2 putaran
4. cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi
5. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw kekiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang2.
6. selesai
Kesulitan-kesulitan :
• Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba2 mesin mati, maka putar sedikit pilot screw kenanan/perbesar RPMnya lalu nyalakan lg motornya dan lanjutkan langkah ke-3
• Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada :
1. RPM kurang tinggi (batas minimal 1300RPM) bila dibawah itu tidak baik untuk keawetan mesin (artikel mengenai efek bila RPM mesin terlalu rendah menyusul)
2. Oil seal yang berada didalam air screw, mungkin rusak atau tidak ada sealnya apabila oil seal nya rusak/hilang, ganti dengan menggunakan oil seal yang sesuai dengan ukuran, atau bisa diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas, caranya pecahkan korek apinya dan cari karet seal yang seukuran dengan oil seal air screw tadi dan gantikan. oil seal ini berpengaruh sekali karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.
Disadur dari blog ahass.wordpress.com

About these ads

4 Comments so far
Leave a comment

thx cuy atas penjelasanny

Comment by joeheri

sama-sama masbro…terimakasih juga telah mampir

Comment by sekopati

terlalu berbelit, gini ja wis motor kondisi off.
kemudian putar pilot jet hingga menutup(lawan arah jarum jam). kemudian main jet putar hingga menutup( searah jarum jam ).
setelah semua di putar hingga mentok. kendurkan pilot jet 1,5 putaran dan main jet 2,5 putran.
kemudian nyalakan motor dan plintir gas 1500rpm dan cari setelan main jet di RPM kecil tapi mesin tidak sampai mati. Insyallah maknyus, putaran bawah maupun atas, dan irit tentunya!!!

Comment by rydermuslim

ide bagus juga bisa dicoba…

Comment by sekopati




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: